6 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

wortel untuk kesehatan mataBanyak orang yang bergaya hidup sehat karena ingin menjaga jantung, tulang, dan tubuh agar tetap sehat.

Namun, kita juga tak bisa mengabaikan kesehatan mata sebagai salah satu organ tubuh yang penting yang harus dijaga.

Banyak masalah kesehatan yang menimpa mata kita seiring dengan usia yang semakin menua.

Loading...

Beberapa penyakit yang sering muncul adalah katarak, mata kering dan penyakit mata lainnya yang bisa dicegah dengan lebih banyak asupan makanan yang menutrisi mata.

Berikut beberapa jenis makanan sederhana namun efektif untuk menjaga mata Anda agar tetap sehat:

1. Wortel

Makanan nomor satu untuk mata adalah wortel. Makanan berwarna orange ini kaya akan beta karoten yang berguna sebagai antioksidan yang memerangi penyakit katarak dan makula.

Menghidangkannya juga sangat mudah dalam wujud salad, sayuran, sup, semur dan sebagainya. Namun, hasil terbaik adalah jika dibuat jus. Cobalah mengonsumsi jus wortel murni setiap hari atau saat mata Anda lelah. Anda akan merasakan sensasi kepala terasa lebih ringan setelah meminumnya.

READ:  5 Makanan Super Penghasil Energi Instan

2. Paprika

Bahan makanan ini mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, paprika juga mengandung antioksidan yang melindungi seluruh tubuh, termasuk mata.

Anda bisa menambahkan paprika di dalam salad, sandwich, rebusan atau steak.

3. Daging Unggas

Daging unggas seperti ayam, kalkun dan burung unta mengandung banyak zinc, zat besi, dan mineral penting lainnya. Mineral-mineral sangat diperlukan oleh retina agar senantiasa sehat.

Kalkun dan ayam tidak hanya kaya zinc tetapi juga mengandung banyak vitamin B, niasin dan vitamin E yang penting dalam memerangi penyakit katarak dan penyakit mata lainnya.

Daging unggas mudah dihidangkan dalam bentuk steak, semur, sup, dan sebagainya.

4. Bayam

Mengandung vitamin C, lutein, zeaxanthin dan beta karoten serta anti oksidan tinggi yang membantu memerangi penyakit makula.

Lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami yang menyerap 40-90 persen sinar berspektrum biru yang membahayakan mata. Bayam bisa dimakan setelah direbus, salad, saus pasta dan jus/

5. Ubi jalar

Bukan hanya rasanya yang manis dan lezat, ubi jalar menyimpang beta karoten tinggi yang sangat menyehatkan mata.

READ:  Ini dia Daftar Makanan Murah yang Sehat

Ubi jalar bisa diolah dengan bermacam cara. Bahan makanan ini bisa dipanggang, digoreng, dan direbus. Cara sehat yang enak dimakan.

6. Ikan

Omega 3 banyak terdapat pada ikan yang menutrisi mata secara langsung. Tidak hanya untuk mata, Omega 3 juga dibutuhkan oleh otak yang berhubungan dengan visi Anda.

Omega 3 bekerja dengan cara melindungi pembuluh darah kecil yang banyak terdapat di sekeliling mata. Cobalah mengonsumsi 6 ons salmon setiap hari dan rasakan perbedaannya pada mata Anda.

***

Itulah jenis-jenis makanan yang menjaga mata agar tetap segar dan sehat yang membuat hidup Anda menjadi lebih berkualitas. Mata merupakan salah satu organ yang harus dijaga kesehatannya karena memegang peranan penting dalam hidup.

Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi penting untuk mata secara teratur agar Anda mendapatkan manfaat kesehatan mata secara maksimal.

Selamat menjaga mata sehat Anda 🙂

(foto: express.co.uk)