Beginilah Cara Memotret Momen Olahraga

memotret momen olahragaPada artikel sebelumnya, kami memberikan tips dan cara memilih kamera yang tepat untuk momen olahraga.

Nah, pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana caranya memotret momen olahraga secara baik dan benar, agar foto yang dihasilkan bisa optimal.

Yuk simak cara memotret momen olahraga.

Loading...

1. Cara Mengatur Exposure Mode

Ada beberapa mode yang bisa Anda pilih dalam memotret momen olahraga. Tapi justru jangan sekali-kali memilih mode “sport”.

Banyak orang yang menyangka bahwa mode terbaik untuk memotret momen olah raga adalah mode “sport”. Padahal mode “sport” ini akan mengunci hal-hal penting pada pemotretan momen olah raga, yaitu ISO dan white balance.

Berikut ini mode-mode yang bisa Anda pilih beserta penjelasannya.

Shutter Priority
Mode ini akan mengizinkan Anda mensetting shutter speed dan kamera akan memilih bukaan yang cocok untuk mendapat exposure yang benar.

– Aperture Priority
Jika Anda memotret di saat pencahayaan yang kurang, maka Anda bisa memilih mode ini, karena memungkinkan Anda menggunakan shutter speed yang tercepat. Kemudian pilihlah bukaan terbesar yang ada di kamera Anda.

READ:  Masternaut: Gadget yang Tahu Saat Anda Berkendara Mobil Dengan Buruk

– Manual Mode
Inilah mode yang dipilih oleh para fotografer profesional. Karena mereka bisa memilih semua settingan secara leluasa sesuai keinginan mereka. Tetapi jika Anda belum begitu menguasai ilmu fotografi, sebaiknya jangan memilih mode ini.

– Program
Mode ini akan mengatur bukaan dan shutter secara otomatis. Inilah mode yang paling dihindari oleh para fotografer profesional.

2. Mengatur Shutter Speed

Mengatur shutter speed diperlukan ketika Anda menggunakan mode manual. Shutter Speed yang cepat seolah menghentikan gerakan objek yang kita potret. Untuk gerakan normal seperti orang sedang berjalan, maka shutter speed 1/200 per detik sudah cukup menghentikn gerakannya.

Tetapi untuk memotret momen olah raga, maka Anda harus menggunakan paling tidak 1/1000 per detik atau bahkan lebih tinggi lagi. Meskipun begitu, para fotografer profesional ada juga yang menggunakan shutter speed yang rendah untuk keperluan foto yang artistik.

3. Mengatur ISO

ISO adalah sensor terhadap sensitivitas cahaya. ISO akan langsung menyarankan pada Anda berapa shutter speed yang cocok ketika Anda mengatur exposure yang tepat. Makin tinggi ISO, (misalnya 3200 atau 6400) maka makin tinggi shutter speed yang bisa Anda pilih.

READ:  Apa Istimewanya Smart Camera Samsung?

4. Mengatur Auto Focus

Di dalam mode ini, kamera akan melacak dan memprediksi gerakan objek foto Anda. Mode ini sangat bagus bagi Anda yang belum ahli mengatur fokus lensa Anda secara manual.

**

Demikianlah tips dan cara memotret momen olahraga untuk mendapatkan hasil optimal. Semoga bermanfaat.

(foto: amolife.com)