Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Jus Mentimun

manfaat jus mentimunMentimun tak hanya enak sebagai bahan lalapan, ataupun berguna saat dijadikan masker, namun lebih dari itu, mengonsumsi mentimun dengan menjadikannya  jus memiliki manfaat bagi kesehatan sekaligus kecantikan.

Tertarik mengetahuinya lebih lanjut?

Berikut ini manfaat kesehatan dan kecantikan jus mentimun sebagaimana dirilis oleh Livestrong.com, dan temukan juga takaran yang pas untuk konsumsi harian Anda.

Loading...

Kulit

Jus mentimun dapat meningkatkan penampilan dan kelembutan kulit Anda, karena tinggi akan antioksidan dan vitamin C. Ini membuatnya menjadi bahan yang berguna untuk mengobati masalah kulit seperti eksim, psoriasis, kulit terbakar, jerawat dan bahkan bengkak,. Laporan website Juicing for Health, mencatat bahwa jus mentimun ditemukan pada beberapa produk kecantikan.

Anda juga bisa minum jus mentimun atau mengoleskannya langsung pada kulit untuk efek pendinginan, melakukan keduanya akan menghasilkan manfaat paling besar.

Rambut

Jus mentimun juga bermanfaat untuk rambut Anda. Jus ini meningkatkan pertumbuhan rambut karena kandungan silikon dan sulfur, demikian catat Juicing for Health. Jus mentimun juga mengandung nutrisi lain yang berguna seperti kalium, natrium, kalsium dan fosfor, demikian tambah Start Health Life.

READ:  Solusi Alami yang Ampuh untuk Menyamarkan Bekas Luka di Wajah

Situs ini menjelaskan bahwa rambut sangat membutuhkan nutrisi ini, dan merekomendasikan minum setengah gelas jus mentimun murni atau menyertakannya ke dalam sayur mayur setiap hari untuk kemanfaatan maksimal bagi rambut.

Manfaat Kesehatan Lainnya

Di samping manfaatnya bagi kulit dan rambut, salah satu penggunaan yang paling populer untuk jus mentimun adalah untuk penurunan berat badan. Ketimun terdiri dari sekitar 96 persen air, Juicing for Health menjelaskan, dan ketika mereka berubah menjadi jus pada dasarnya Anda memperoleh vitamin dalam keadaan cairan murni.

Situs ini juga mencatat bahwa karena jus mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, ia sangatlah cocok untuk menurunkan berat badan karena memasok elektrolit yang diperlukan, mengembalikan hidrasi sel-sel tubuh, serta membuat Anda merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lama.

Jus mentimun juga sering digunakan dalam membersihkan tubuh dan dapat membantu menurunkan tekanan darah, memperkuat jaringan ikat, melarutkan batu ginjal dan mengurangi arthritis, demikian menurut situs Juicer Tips.

Juicing for Health  menyarankan agar Anda membuat jus mentimun organik yang berwarna hijau gelap serta bertekstur lembut. Buatlah jus dari satu atau lebih utuh mentimun dan habiskan sendiri, atau campurkan dengan buah-buahan dan sayuran lainnya.

READ:  8 Antivirus Alami, Solusi Atasi Flu dan Pilek

**

Demikianlah manfaat jus mentimun untuk kesehatan dan perawatan kecantikan Anda. Dan meskipun banyak orang mendapat manfaat dari minum jus mentimun, konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tertentu seperti darah rendah misalnya.

Semoga bermanfaat.

(foto: healthyeating.sfgate.com )