8 Air Terjun yang Menakjubkan di Dunia

Pemandangan air terjun memiliki keajaiban tersendiri. Mengalir turun dari tempat yang tinggi menghasilkan percikan air yang memancar ke sekeliling.

Gemuruh suara airnya yang keras secara konstan menghasilkan efek nada yang menenangkan. Tak mengherankan bila air terjun menjadi objekwisata yang digemari oleh banyak turis di seluruh dunia.

Ingin tahu air terjun apa saja yang populer serta menyajikan pemandangan spektakuler di seluruh dunia?

Loading...

U.S. News Travel mengadakan penelusuran dan menyajikannya dalam laporan 8 air terjun yang menakjubkan di dunia, sebagaimana berikut ini.

1. Air terjun Victoria (Zambia; Zimbabwe)

Air terjun Victoria Zimbabwe
Air terjun Victoria Zimbabwe (foto: places.co.za)

Victoria Falls (dikenal pula sebagai Mosi-ao-Tunya atau “asap yang mengguruh”) terletak di perbatasan Zambia dan Zimbabwe di Afrika Selatan. Membentang sekitar satu mil, arus air terjun jatuh sekitar 350 meter menuju dasar Sungai Zambezi di mana gumpalan kabut menciptakan dinding tak tertembus. Kunjungi selama musim hujan (November sampai Maret) untuk menikmati saat volume air tertinggi.

Untuk melihat air terjun yang kuat, Anda dapat mengambil kereta api dari Bulawayo, Zimbabwe, atau bus dari Windhoek, Namibia. Perjalanan akan mengambil waktu seharian, namun sebagai gantinya pemandangan air yang jatuh mengalir ke bagian bawah sungai sangatlah ajaib.

2. Air terjun Yosemite (Taman Nasional Yosemite, California – AS)

Air terjun Yosemite - California
Air terjun Yosemite – California (foto: wikimedia.org)

Menyaksikan air terjun Yosemite mengalir 2.425 kaki menuju anak sungai di bawahnya amatlah mengejutkan. Akan tetapi, pengamat awam mungkin hanya melihat bagian bawah air terjun dikarenakan Yosemite Falls sebenarnya terdiri dari tiga bagian terpisah.

The Upper Yosemite  (bagian atas) terjun 1.430 kaki, bagian tengahnya mengalir turun 675 kaki dan Lower Yosemite mengalir 320 meter ke anak sungai Yosemite. Perjalanan santai satu mil dari perhentian bis taman menuju dasar air terjun adalah cara yang bagus untuk menikmati air terjun Lower Yosemite.

READ:  5 Tips dan Cara Alami Mencegah Mabuk Perjalanan

Untuk mengamati Upper Yosemite dari atas, Anda harus mengambil pendakian berat sejauh tiga mil. Namun melihat air meluncur cepat di atas batu-batu dan mengguruh menuruni curamnya tebing curam menjadikan usaha Anda teramat layak.

3. Air Terjun Iguazú (Misiones, Argentina; Paraná, Brasil)

Air Terjun Iguazú Misiones, Argentina; Paraná, Brasil
Air Terjun Iguazú Misiones, Argentina; Paraná, Brasil (foto: travlang.com)

Membentang lebih dari 1,5 kilometer dari Misiones, Argentina, ke Paraná, Brazil, air terjun Iguazú merajalela sebagai yang terbesar di dunia, jatuh 269 meter ke dasar Sungai Iguazu. Bahkan ketika area mengalami kekeringan, tebing curam – untaian tanaman hijau dan berhiaskan dengan pita tipis air yang putih – adalah pemandangan yang luar biasa untuk dilihat.

Kunjungi antara bulan Agustus dan November untuk kesempatan terbaik untuk memandang sepintas air terjun yang tercurah dengan air. Anda dapat melihatnya dari sejumlah titik pandang yang berbeda baik di sisi Argentina maupun Brasil.

Salah satu cara yang paling populer untuk menyaksikan gemuruh, semprotan, dan keindahan air terjun adalah sepanjang jalan dan platform observasi Garganta del Diablo, yang terletak di sisi Argentina.

4. Kaieteur Falls (Potaro-Siparuni, Guyana)

Kaieteur Falls
Kaieteur Falls (foto: famouswonders.com)

Air terjun Kaieteur amatlah mengagumkan untuk dilihat apalagi ia sulit dijangkau. Untuk mengakses air terjun – yang terletak di dalam Taman Nasional Kaieteur di Amerika Selatan – Anda harus menyewa pilot untuk menerbangkan Anda dari ibukota Georgetown, Guyana, menuju sebuah lapangan terbang yang dialokasikan sebagai landasan. Namun berdiri di atas air terjun dan melihat ke bawah saat air menerjang 741 meter ke aliran lembah sungai Potaro akan sepadan dengan perjalanan Anda.

Dan meskipun faktanya air terjun Kaieteur adalah salah satu air terjun terkuat di dunia – tercurah rata-rata 23.400 kaki kubik air per detik – air terjunnya dipertahankan untuk keindahan alamnya, dan bukan potensinya membangkitkan listrik.

READ:  Melepas Penat Di Wisata Kebun Gowa

5. Seljalandsfoss Falls (Hamragardar, Islandia)

Seljalandsfoss Falls, Iceland
Seljalandsfoss Falls (foto: wallpapersweb.com)

Air terjun ini bukanlah yang tertinggi, yang terlebar atau terluas di bumi, tetapi Anda tidak dapat menyangkal keindahan Seljalandsfoss di Islandia Selatan. Ditambah lagi, ia menawarkan sudut pandang yang mengesankan: Anda dapat berjalan di belakang air terjun dan terkesima pada keindahan pedesaan Islandia saat Anda mengintipnya melalui kabut berkilauan.

Satu lembar air terjun mengalirkan sekitar 200 meter dari tebing dan menciprat menuju kolam yang dalam, pastikan untuk memakai perlengkapan tahan air karena air terjun ini amat dikenal membasahi pengamatnya. Cara termudah untuk mengakses Seljalandsfoss adalah dari bagian selatan Ring Road. Anda akan menemukan Seljalandsfoss kira-kira 80 km sebelah tenggara dari Reykjavik.

6. Jog Falls – Karnataka, India

Jog Falls, India
Jog Falls, India (foto: wikimedia.org)

Jog Falls di India Selatan terjun bebas 830 kaki ke bawah ngarai curam di bagian bawah Sungai Sharavathi. Arus sebenarnya tumpah di empat titik jatuh yang berbeda. The Raja Fall nampak seperti pilar air putih sampai ia bertemu sisi-berliku dari The Roarer Fall. The Rocket  meluncurkan ke bawah sejumlah tunas air terjun dan Rani merupakan yang paling lembut dari keempatnya, semuanya mengalir turun dalam selubung busa.

Sebuah platform observasi, terletak tepat di seberang air terjun, berfungsi sebagai tempat yang ideal untuk melihat layar spektakuler ini. Namun perlu diingat bahwa bendungan memanipulasi aliran air terjun ini, sehingga waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah selama musim hujan (sekitar Juni-Oktober) ketika volume air di titik tertinggi.

7. Air Terjun Niagara (Newyork; Kanada)

Air Terjun Niagara
Air Terjun Niagara (foto: shutterstock)

Bertengger di dua negara, air terjun Niagara telah memesona wisatawan dari Amerika, Kanada, dan seluruh dunia selama lebih dari satu abad. Air terjun yang sangat kuat ini menjatuhkan lebih dari 3.000 ton air mengalir di atas tebing setiap detik, menciptakan raungan yang memekakkan telinga dan pasokan kabut tak berujung.

READ:  Waspada Dengan 7 Hewan Ini Ketika Menyelam

Niagara Falls terdiri dari tiga air terjun yang berbeda: Ontario Horseshoe Falls, New York’s American, dan Bridal Veil. Sementara Kanada dikenal menjadi tuan rumah dari bagian paling mengesankan air terjun ini, pengunjung lebih memilih sisi Amerika untuk lanskap hijaunya. Pihak AS juga populer untuk Deck Hurricane, yang menghadap American Falls dan menawarkan penonton lebih banyak kesempatan dimanja oleh semprotan yang tak terhindarkan.

Jika Anda ingin mendapatkan pemandangna  close-up di air terjun, berlayarlah dengan kapal tur Maid of the Mist’, atau nikmati akses belakang panggung melalui tur ‘Journey Behind the Falls’.

8. Angel Falls (Taman Nasional Canaima, Venezuela)

Angel Falls
Angel Falls (foto: shedexpedition.com)

Angel Falls, air terjun tertinggi di dunia dengan 3.212 kaki yang mengejutkan, dinamakan sebagai penghormatan kepada Jimmie Angel, seorang pilot tahun 1930 yang mencari emas dan malah menemukan air terjun. Terus diselimuti awan, air Angel Falls jatuh dari Auyan-Tepui (Gunung Setan) ke bagian rendah sungai Churún.

Anda akan menemukan air terjun ini terletak di tengah hutan lebat Taman Nasional Canaima, Venezuela. Wisatawan mengatakan cara terbaik untuk mengunjungi air terjun adalah melalui udara, meskipun Anda juga dapat memesan tur sungai.

**

Demikian 8 air terjun menakjubkan di dunia, bagaimana dengan di daerah Anda? Apakah ada air terjun yang menarik untuk dikunjungi? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar.