Mengapa Terong Baik bagi Kesehatan Anda?

manfaat terongApakah terong termasuk dalam menu favorit Anda? Masih rancu apakah ia tergolong buah ataukah sayur?

Bagi Anda yang sudah familiar dengan makanan yang satu ini, mungkin biasa memakannya bersama menu lalapan.

Namun bagi Anda yang tidak menyukainya, ada baiknya Anda menyimak artikel berikut sebagaimana dari Livestrong.com, yang mengungkapkan alasan mengapa terong baik bagi Anda.

Loading...

Beragam manfaat kesehatan

Terong merupakan sayuran sehat yang serasi dengan hidangan seperti tumis dan lasagna. Selain menjadi tambahan lezat untuk jenis makanan apapun, terong menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Memasukkan terong sebagai bagian dari pola makan sehat dapat memerangi obesitas, beberapa kanker dan diabetes tertentu.

Mengurangi resiko kegemukan

Obesitas merupakan masalah kesehatan serius yang secara signifikan meningkatkan risiko demensia dan penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi sayuran segar seperti terong dapat membantu menjauhkan obesitas, demikian laporan Northwestern University K. Dia.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam edisi bulan Oktober 2004 dari “International Journal of Obesity,” Ditemukan bahwa mereka yang makan sayuran secara teratur memiliki risiko obesitas 24 persen lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang jarang makan sayur.

READ:  7 Makanan Terbaik Cegah Kerontokan Rambut

Kandungan antioksidan

Antioksidan adalah senyawa unik yang ditemukan dalam makanan nabati seperti terong. Tugas mereka dalam tubuh adalah untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan yang ditimbulkan radikal bebas dapat memulai proses yang mengarah kepada kanker. Terong mengandung antioksidan yang dikenal sebagai nasunin.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Agustus 2000 “Toxicology,”  Yasuko Noda dari University of California, Berkeley, menemukan bahwa nasunin merupakan  antioksidan yang  kuat melindungi sel-sel otak dari kerusakan radikal bebas dalam tabung reaksi. Amatlah bermanfaat untuk memakan terong dengan kulitnya, karena di sanalah nasunin berada.

Kandungan vitamin dan mineral

Terong mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Terong kaya akan jejak mineral mangan, enzim yang meningkatkan tiamin dan asam folat vitamin B, demikian USDA NutrientDatabase mengungkapkan. Karena kulit terong mengandung banyak vitamin dan mineral, pemasakan yang sadar kesehatan mesti membiarkan kulitnya saat mempersiapkan terong.

Manfaat bagi kesehatan jantung

Terong kaya dalam serat makanan yang sehat bagi jantung. Secangkir porsi tunggal terong mengandung 3 gram serat, demikian laporan USDA. Diet sehat yang memasukkan makanan kaya serat seperti terong mengurangi kolesterol dan resiko penyakit jantung, demikian American Heart Association menyatakan. Untuk menjaga terong menjadi pilihan sehat bagi jantung, gunakan jumlah yang terbatas dari minyak dan garam saat memasaknya.

READ:  7 Tips Mencukur Bagi Pria

***

Demikian alasan mengapa terong baik bagi kesehatan. Bagaimana Anda biasa memasaknya? Untuk inspirasi bagi yang lain, silahkan Anda bagikan di kolom komentar ya 🙂

(foto: Esteban Cavrico – Flickr.com)