10 Inspirasi Desain Rumah Retro

retro furnitureTerdapat beragam pilihan gaya untuk mendesain rumah Anda, jika sekarang sedang tren desain minimalis, sebenarnya desain retro juga cukup digemari.

Jika Anda penggemar barang antik dan memiliki sumber daya yang sesuai, tips berikut agaknya cocok dengan Anda.

Temukan 10 inspirasi desain rumah retro sebagaimana disadur dari Freshome.com.

Loading...

 Pilih era yang disukai untuk interior Anda

Furnitur retro itu soal menggali era masa lalu gaya desain dan memilih gaya yang paling Anda sukai. Banyak pemilik rumah suka memilih perabotan modern pertengahan abad ke-20 yang berfokus kira-kira dari tahun 1930-an – 1960-an.

Sementara masih ada kecenderungan untuk periode 70 dan periode 80-an juga, putuskan apa yang Anda sukai dan karakteristik yang sesuai dengan gaya rancangan Anda.

Furnitur dari setiap era memiliki sumbangannya akan pola, warna, pemolesan dan tampilan budaya pop banding yang akan beresonansi secara berbeda dengan setiap pemilik rumah.

Pilih furnitur yang sesuai dengan arsitektur rumah

Banyak pemilik rumah memilih furnitur dari dalam ke luar, sementara yang lain lebih memilih untuk membiarkan arsitek rumahnya membantu memutuskan pilihan furnitur mereka. Ini sangat cocok untuk rumah yang suka meniru furnitur retro yang efisien untuk mengimbangi jendela dan pandangannya yang luas.

Banyak arsitek selama era belakangan juga merupakan perancang furnitur. Gali lebih dalam sejarah untuk mengetahui apakah gaya arsitektur favorit akan sesuai dengan furnitur Anda juga.

Pencahayaan retro untuk penerangan bergaya

Apakah Anda suka lampu lengkung logam retro dengan kap lampu besar yang sempat populer di tahun 1970-an mengisi hampir ruang tamu semua orang atau Anda lebih suka penggunaan aluminium ke dalam dinding dan perlengkapan liontin dari akhir 1960-an – pencahayaan merupakan bagian integral dari dekorasi furnitur retro.

READ:  10 Tips Mengubah Ruangan Dengan Dana Terbatas

Carilah produsen lampu favorit Anda untuk reproduksi pencahayaan untuk langit-langit, dinding, lantai rumah Anda dengan semua gaya retro yang terbayangkan.

Gaya dapur restoran yang membuat Anda bernostalgia

Desain dapur telah jauh berkembang selama bertahun-tahun dan perabotan retro serta furnitur vintage menciptakan nuansa favorit restoran sederhana Anda termasuk tren yang indah dan penuh nostalgia.

Gaya restoran keluarga dengan bilik tinggi yang kontras warna, polesan metalik, dan perasaan nongkrong di lingkungan restoran lokal di tahun 1950-an dapat diciptakan  kembali di dapur Anda hari ini. Kontras warna tinggi di ubin dapur, lantai, furnitur yang dipadukan dengan perabot stainless steel atau perabot berwarna pastel akan membuat dapur Anda syahdu.

Pilih aksesoris yang membawa daya tarik retro

Apakah Anda pernah memperhatikan cermin sunburst yang terkenal terlilhami era 60-an menghiasi dinding rumah dalam majalah interior terbaru bersama dengan jam retro, koleksi piring eklektik dan yang lainnya?

Jika Anda tak yakin apakah Anda ingin mengambil risiko sepenuhnya menjadikan inspirasi dekorasi retro atau jika Anda lebih memilih untuk tetap ‘halus’, coba tambahkan aksesoris di seluruh rumah Anda.

Pilih warna-warni kaleng logam vintage untuk menambahkan kesan nostalgia pada meja samping dan cobalah belanja dari tempat favorit Anda dan komunitas online untuk aksesoris retro yang indah.

READ:  Tren Rumah Minimalis di Tahun 2014

Tips dekorasi furniture retro

Tips yang perlu dipertimbangkan ketika mendekorasi dengan furnitur retro sesungguhnya:

Banyak perusahaan perabot rumah memiliki lini reproduksi yang menciptakan penampilan penuh nostalgia dan retro yang kita suka. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan furnitur dari periode aslinya melalui penjualan obral, warisan, atau dari toko antik, pastikan Anda aman ketika melukis, memoles ulang, atau mengubah tampilan furnitur lama.

Terutama perabotan anak-anak dapat memiliki cat berbasis timbal, pernis beracun dan juga dapat memiliki perlindungan yang tidak pada tempatnya sebagaimana furnitur anak modern.

Ingatlah hal ini jika Anda memoles ulang furnitur lama atau berencana untuk membelikan rak penyimpanan untuk anak, mengubah meja serta furnitur anak muda lainnya.

Kembalikan gaya teras depan

Hidup di luar ruangan, terutama di teras depan adalah cara hidup bagi kebanyakan pemilik rumah selama masa abad pertengahan dan membawa furnitur taman bergaya retro di teras depan Anda adalah salah satu cara untuk kembali menghidupkan masa-masa tersebut.

Furnitur taman dari logam atau baja dalam warna pastel atau palet warna cerah teramat cocok  untuk ruang di luar rumah Anda. Tambahkan tampilan modern dengan bangku segala cuaca dengan pola ceria seperti motif bunga, garis-garis, atau polka dot untuk membawa kembali hari-hari menikmati suasana di luar rumah.

Warna dan tekstil dengan kontras tinggi di kamar tidur

Tak ada yang lebih antik seperti warna dan tekstil berkontras tinggi, terutama di kamar tidur Anda. Era 70-an adalah era yang indah dengan lampu lava, cetakan heboh dalam bentuk yang berani dan dinamis serta warna jingga, hijau, ungu, biru kehijauan, dan kuning merupakan kegemaran di kalangan rumah dan perancang.

READ:  5 Tips Menghias Pohon Natal

Bawalah sentuhan retro ke kamar tidur Anda dengan papan tempat tidur yang terbuat dari beludru, velour, dan pasangan dekorasi aksen pada bantal, karpet, dan dinding dengan warna mencolok. Kamar tidur mana yang tak terlihat menggairahkan dengan paduan ini?

Warna atau elemen retro yang mengilhami seluruh desain

Jika Anda tak memiliki sebuah era tertentu yang Anda sukai, pertimbangkan untuk mendapatkan inspirasi dari warna dari alat, sofa, lampu atau bahkan karya seni di dinding avorit Anda.

Anda akan terkejut betapa seluruh ruangan dapat menarik inspirasi dari sebuah warna saja. Siapa yang tak senang dengan peralatan berwarna pirus di dapur retro mereka?

Carilah inspirasi dari masa kini

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi kemunculan kembali televisi retro, film, pakaian, mobil dan semua bidang industri desain yang memiliki pesona vintage. Jika Anda bingung tentang bagaimana memilih furnitur retro dan mendapatkan inspirasi, jelajahi internet untuk menemukannya.

Demikian 10 inspirasi desain rumah retro. Bagaimana dengan inspirasi desain rumah Anda?

(foto: freshome.com)