Manfaat dan Efek Samping Mandi Sauna

mandi saunaMandi sauna adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda lebih sehat dan segar.

Di beberapa negara seperti Korea, tempat sauna umum ataupun lokasi mandi sauna sudah menjadi tempat yang paling sering dikunjungi bahkan beberapa dari mereka tidur di tempat sauna.

Menurut sebagian orang, sauna dapat mempercantik kulit karena membantu mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat. Mandi sauna juga diyakini memiliki manfaat seperti menyembuhkan penyakit pada otot, merangsang sirkulasi darah, dan juga membersihkan kulit.

Loading...

Berbeda dengan mandi biasa, mandi sauna dilakukan di sebuah ruangan yang terbuat dari kayu pinus dan dibangun seperti tungku. Mandi sauna hanya membutuhkan waktu 10-15 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Disarankan untuk banyak minum air mineral sebelum dan sesudah sauna untuk menghindari terjadinya dehidrasi yang mungkin saja terjadi. Mandi sauna memiliki banyak manfaat tetapi ada juga resiko yang dapat terjadi jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Manfaat Mandi Sauna

Berikut adalah manfaat mandi sauna yang akan kami bagi untuk Anda.

1. Membersihkan Racun

Saat Anda mandi sauna sama halnya dengan mandi uap. Uap dari proses pembakaran dalam ruang sauna akan membuat tubuh Anda menghasilkan keringat yang berlebihan sehingga secara tidak langsung akan membersihkan kulit Anda dan mengeluarkan racun melalui kelenjar keringat.

READ:  Diagnosis dan Pengobatan Kanker Kulit

Saat Anda dalam keadaan keringat yang berlebihan secara tidak langsung akan meningkatkan kapasitas untuk detoksifikasi kulit sehingga membuka pori-pori dan menghilangkan kotoran dari tubuh.

Kotoran yang disimpan dalam jaringan lemak maka akan mencair di bawah suhu tinggi. Dan akhirnya kotoran akan dibuang melalui keringat atau saluran usus.

2. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas dan ingin menjalankan program penurunan berat badan, Anda dapat mencoba mandi uap/sauna sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan keinginan itu.

Banyak orang yang telah merasakan manfaat sauna khususnya untuk mereka yang memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan. Mandi sauna memiliki kinerja positif dalam sistem metabolisme tubuh karena dapat meningkatkan kecepatan dan intensitas proses metabolisme yang pada akhirnya akan menyebabkan penurunan berat badan.

3. Relaksasi Fisik dan Mental

Mandi sauna dapat membuat fisik dan mental Anda menjadi lebih relaks. Tidak heran begitu banyak orang yang mengalami stres atau gangguan mental akan dianjurkan untuk melakukan sauna/mandi uap. Hal ini dikarenakan mandi sauna membantu mengendurkan kondisi fisik dan mental.

READ:  Minuman Yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Demikian juga dengan orang-orang yang mengalami gangguan tidur (insomnia) dapat mencoba mandi sauna untuk mengurangi gejala insomnia.

Dampak Mandi Sauna

Selain mandi sauna memberikan banyak manfaat untuk Anda, berikut akan kami bagikan dampak yang perlu Anda ketahui mengenai mandi sauna dan hal apa saja yang perlu diperhatikan.

1. Ibu Hamil dan Penderita Gangguan Pernafasan

Mandi sauna tidak disarankan untuk ibu hamil atau untuk Anda yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma. Saat Anda melakukan mandi uap/sauna kemudian merasakan pusing, mual atau kesulitan bernapas, segera periksa ke dokter.

2. Dapat Menyebabkan Kematian

Hal lain yang perlu dicatat bahwa mandi sauna dapat menyebabkan kematian. Kenapa itu terjadi? Hal ini dikarenakan kebanyakan saat mereka melakukan mandi uap/ sauna di tempat pribadi biasanya sambil meminum alkohol atau anggur, bukannya air mineral seperti yang disarankan.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab banyaknya terjadi kematian saat sedang mandi sauna.

3. Waktu Mandi Sauna

Mandi sauna juga akan menjadi berbahaya jika dilakukan dalam waktu yang lama. Waktu yang biasanya ditentukan untuk sauna yaitu tidak lebih dari 10-15 menit . Hal ini untuk menghindari tubuh kehilangan banyak cairan. Kondisi ini akan membuat masalah kulit dan jantung.

READ:  Pare Makanan Pahit Dengan Sejuta Manfaat

**

Demikian manfaat dan hal yang perlu Anda perhatikan saat mandi sauna. Anda dapat melakukan mandi sauna 3 kali dalam sebulan. Untuk Anda yang memiliki penyakit pernapasan jika ingin melakukan mandi sauna atau mandi uap, disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter Anda.