Mengenali Jenis-Jenis dan Penyebab Sakit Kepala

sakit kepalaAnda mungkin sering merasakan sakit kepala, tetapi tidak mengetahui jenis dari sakit kepala yang Anda alami dan apa yang menyebabkannya.

Yang menjengkelkan adalah, saat kepala Anda terasa sakit, akan membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi pada apa pun atau beraktivitas.

Ternyata menurut Dr Elizabeth Loder, Kepala Divisi Sakit kepala dan Nyeri di Departemen Neurologi di Rumah Sakit Brigham, ada beberapa jenis sakit kepala yang perlu Anda ketahui dan dapat menjadi tanda untuk Anda dalam membedakannya.

Loading...

Nah, berikut akan kami bagikan pada Anda beberapa jenis sakit kepala dan apa penyebabnya.

1. Sakit Kepala Akibat Mabuk

Penyebab sakit kepala ini tidak sepenuhnya jelas, demikian menurut Loder. Rasa sakit dapat berasal dari peradangan atau efek alkohol pada pembuluh darah, namun penyebab spesifik tidak terlalu jelas.

Dehidrasi juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang akan Anda alami setelah mabuk, selain itu perilaku seperti begadang atau kurangnya kafein juga dapat memicu sakit kepala ini.

READ:  Hipertiroidisme Terkait Dengan Kematian Akibat Penyakit Jantung

2 . Sakit Kepala Hingga ke Bola Mata

Jika Anda merasakan sakit kepala di belakang kedua mata, yang menjadi salah satu penyebabnya mungkin dikarenakan rasa tegang pada leher Anda.

Tetapi jika sakit kepala yang Anda rasakan hanya berada pada salah satu bola mata Anda bisa dikategorikan sebagai migrain atau sakit kepala cluster. Sakit kepala jenis ini lebih sering terjadi pada laki-laki.

Sakit kepala cluster ditandai dengan kemerahan pada bola mata atau kelopak mata yang terlihat mengendor.

3. Migrain

Mungkin migran sudah tidak asing lagi untuk Anda. Migran didefinisikan sebagai sakit kepala yang sedang sampai parah di satu sisi kepala, biasanya terkait dengan gejala lain seperti sensitivitas cahaya, mual, atau muntah, demikian kata Loder.

Satu hal yang menarik untuk dicatat, bahwa ciri dari migrain adalah sakit kepala jenis ini dapat terjadi setelah Anda mengalami stres yang biasa disebut dengan nama headchace let-down atau sakit kepala akhir pekan.

Migran juga mungkin terjadi karena ketika seseorang berada di bawah stres yang mengakibatkan tubuh akan memperlambat produksi kortisol sehingga akan lebih lebih rentan terhadap serangan.

READ:  Migrain, Penyebab dan Cara Menghindarinya

4. Sakit Kepala Karena Lelah

Saat Anda bangun pagi hari di waktu normal dan kemudian merasakan sakit kepala, mungkin Anda sedang mengalami sakit kepala karena kelelahan. Waktu atau pola tidur malam hari Anda yang lambat dan Anda harus bangun pagi harinya menjadi salah satu penyebab sakit kepala lelah.

Karena itu sebaiknya mengatur pola tidur Anda agar tidak mengalami sakit kepala akibat kelelahan pada pagi hari.

**

Demikian beberapa jenis sakit kepala dan hal-hal yang menyebabknnya, yang dapat kami bagikan pada Anda. Nah, Anda dapat mengkategorikan sakit kepala mana yang Anda alami saat ini dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter pribadi Anda.

Semoga bermanfaat.

(Image by © Tom Grill/Corbis)