6 Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja

hari pertama kerjaHari pertama bekerja bisa menjadi hal yang sangat mendebarkan dan menambah daftar pengalaman Anda.

Saat hari pertama kerja, Anda harus dapat mempelajari situasi dan kondisi kantor. Pengenalan kantor ini dapat Anda lakukan mulai dari ruangan Anda ditempatkan. Anda mungkin akan mengalami serangan kebingungan mengenai apa yang harus dilakukan atau disiapkan sehingga membuat apa yang Anda lakukan tidak terorganisir.

Hari pertama di tempat kerja sangat penting karena saat itulah Anda akan bertemu dengan rekan dan bos Anda sehingga harus menampakkan kesan pertama yang baik.

Loading...

Namun bagaimana Anda akan memberikan kesan yang baik jika di hari pertama kerja dan serangan panik dan bingung menyerang ? Nah, berikut akan kami bagikan beberapa tips apa saja yang dapat Anda lakukan saat memasuki hari pertama kerja.

1. Kenakan Pakaian yang Cocok

Pilih dan siapkan pakaian apa yang akan Anda gunakan saat hari kerja pertama Anda saat malam hari. Pastikan pakaian yang Anda pilih sopan, tidak terlihat terlalu santai, tidak transparan dan setrika pakaian Anda agar terlihat rapi bukannya kusut.

READ:  Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

2. Tatanan Rambut

Bangunlah 1 jam sebelum waktu jam kerja Anda untuk mempersiapkan diri. Pikirkan dandanan yang akan Anda gunakan misalnya saja rambut. Pilih style rambut yang terlihat rapi, misalnya Anda dapat mengikatnya menjadi satu bagian, dicepok atau konde moderen.

Jika Anda memiliki rambut yang panjang, hindari menggunakan aksesoris rambut yang berlebihan dan terlalu berkilau. Gunakan aksesoris sesimple mungkin, Anda juga dapat membiarkan rambut pendek Anda terurai tanpa tambahan aksesoris.

3. Bacalah Buku Pegangan Karyawan

Sebelum bergabung, jika Anda telah diberi satu set pedoman, pastikan Anda telah membacanya dengan seksama dan memahami kebijakan apa yang dituliskan dalam organisasi atau perusahaan tempat Anda bekerja. Anda mungkin saja dimaafkan jika Anda melakukan kesalahan, tetapi sebagai pendatang baru, Anda diharapkan untuk tidak melakukan kesalahan di hari pertama Anda mengenai aturan dan regulasi.

4. Jangan Mengambil Tindakan Tanpa Konsultasi Atasan Anda

Jika Anda dihadapkan dengan masalah pada hari pertama kerja dan membuat Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, sebaiknya Anda menanyakan pada rekan kerja atau atasan Anda secara langsung. Hindari mengambil tindakan sendiri terutama di hari pertama kerja Anda.

READ:  Tips Beradaptasi Dengan Bos Baru

5. Hindari Memihak Rekan Anda Pada hari pertama kerja

Anda akan bertemu rekan yang berbeda sehingga akan membuat Anda berinteraksi dengan mereka. Misalnya saat jam makan siang, Anda akan mendengar banyak gosip, rumor dan fitnah, mengenai beberapa orang.

Disarankan untuk Anda tidak terlalu memberikan pendapat Anda atau mengambil bagian dari sesi percakapan tersebut karena secara tidak langsung akan mempengaruhi Anda. Hal ini biasanya terjadi pada wanita saat hari pertama kerja mereka.

6. Cobalah Berbaur Dengan Rekan Anda

Bersikaplah sopan, profesional dan ramah dan tidak hanya menempel pada satu orang. Hindari percakapan yang bersifat pribadi pada rekan Anda saat hari pertama kerja. Anda dapat memulai dengan perbincangan ringan agar dapat lebih nyambung dengan rekan Anda.

7. Jadilah Proaktif

Ketika atasan Anda meminta Anda untuk melakukan sesuatu, hindari menampakkan wajah yang terlihat bingung dan bertindak seakan ini untuk pertama kalinya Anda lakukan sehingga akan membuat atasan berfikir Anda tidak dapat melakukan apa-apa.

READ:  3 Ciri Anda Tidak Bahagia di Tempat Kerja

Anda dapat mengajukan pertanyaan yang tidak menjurus sebagai penjelasan mengenai apa yang harus Anda lakukan tetapi upayakan secara maksimal untuk melakukan apa yang diminta. Anda akan dihargai untuk usaha Anda.

**

Demikian tips menghadapi hari pertama kerja yang dapat Anda jadikan masukan saat memulai hari kerja Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(foto: experience.com)