Manfaat Sehat di Balik Segarnya Jus Jeruk

manfaat jus jerukJus jeruk adalah salah satu minuman sarapan pagi yang seringkali dihidangkan bersama dengan roti. Jus jeruk juga merupakan minuman yang paling banyak dipesan saat berada di restaurant atau rumah makan.

Rasa manis alami dari buah jeruk membuat Anda merasa segar setelah meminumnya. Meskipun begitu, tidak jarang, beberapa resep jus jeruk juga menyarankan penambahan sedikit gula atau madu untuk menghilangkan rasa pahit karena kulit ari dari jeruk.

Ternyata, menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, selain vitamin C yang terkandung dalam jus jeruk, terdapat banyak manfaat kesehatan lain yang dapat Anda rasakan dengan mengkonsumsi jus jeruk secara rutin.

Loading...

Nah, berikut adalah informasi mengenai manfaat sehat di balik segarnya jus jeruk. Simak ya.

1. Kaya akan Vitamin C

Semua orang sudah mengetahui, salah satu kandungan vitamin C terbesar dapat Anda peroleh dari buah jeruk. Vitamin C bermanfaat untuk menormalkan fungsi organ tubuh di samping itu juga membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, saat Anda merasa kurang sehat, segera konsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C seperti jus jeruk untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda terhadap virus dan penyakit.

READ:  Tips dan Cara Menciptakan Udara Segar di Rumah

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Jus jeruk sangat baik diminum untuk Anda yang telah lanjut usia. Hal ini dikarenakan jus jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

3.Membantu Mengurangi Tekanan Darah (Hipertensi)

Selain bawang putih, jus jeruk juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh Anda. Nah, untuk Anda yang menderita hipertensi, mengkonsumsi jus jeruk dapat menjadi salah satu alternative menurunkan hipertensi.

4. Kaya akan Antioksidan

Selain vitamin C, jus jeruk juga kaya akan antioksidan yaitu penangkal radikal bebas yang dapat berbahaya untuk tubuh Anda. Selain itu, antioksidan dalam jus jeruk juga membantu dalam pencegahan berbagai bentuk kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, dan banyak lagi.

5. Kaya akan Kalium

Salah satu nutrisi yang paling penting untuk kinerja ginjal yaitu kalium. Nah, saat Anda mengkonsumsi jus jeruk, maka kalium yang terkandung dalam jus jeruk akan menyerap pada tubuh Anda. Kalium ini baik untuk kinerja ginjal dan membuatnya berfungsi secara normal.

READ:  Khasiat Biji Labu Turunkan Resiko Kanker Prostat

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Beberapa penelitian yang telah dilakukan, mengatakan bahwa jus jeruk sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Dan secara tidak langsung akan menurunkan resiko serangan jantung.

7. Mengandung Folat

Folat adalah bahan utama yang diperlukan dalam pembentukan sel-sel baru. Selain itu, folat juga membantu dalam proses penyembuhan dan juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

8. Memasok 18% Kebutuhan Harian Vitamin 

Segelas jus jeruk yang anda minum ternyata dapat memasok kebutuhan harian vitamin Anda hingga 18%. Anda pasti terkejut mengetahui bahwa jus jeruk dapat memberikan 18% asupan vitamin buat tubuh Anda yang merupakan elemen penting bagi enzim sehingga dapat mengubah makanan menjadi energi.

**

Demikian 8 manfaat jus jeruk untuk kesehatan tubuh. Yang penting untuk Anda ingat adalah: hindari menambahkan terlalu banyak gula ke dalam jus jeruk yang akan Anda konsumsi karena buka manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan melainkan penyakit. Anda dapat mencoba memvariasikan resep jus jeruk dengan buah lainnya untuk mendapatkan rasa yang beragam dan manfaat kesehatan yang bertambah.

READ:  Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan Ibu

Semoga bermanfaat.

(foto: abcnews.go.com )