4 Tips Mencegah Sakit saat Musim Hujan

tetap sehat di musim hujanHujan yang turun tanpa bisa diprediksi belakangan ini, membuat berbagai aktivitas di luar rumah menjadi terhambat.

Bagaimanapun, lebih menyenangkan untuk bergelung di balik selimut hangat atau duduk-duduk menikmati teh panas dibanding harus berbasah-basah di luar ruangan bukan?

Akan tetapi ada kalanya Anda tidak dapat menghindari untuk tetap beraktivitas di luar ruangan saat hujan sedang turun. Padahal, saat musim hujan adalah saat yang rentan untuk terserang penyakit.

Loading...

Nah, untuk menghindari penyakit karena hujan, simak tips agar tetap sehat dan bugar di musim hujan berikut ini.

1. Minum Teh Herbal

Buatlah teh herbal panas yang bisa menghangatkan tubuh. Teh herbal mempunyai berbagai macam kandungan, seperti lada, cengkeh, jahe, daun teh, mint, basil, dan ramuan tradisional lainnya. Tenggorokan merupakan bagian tubuh yang rentan terhadap dingin.

Jika Anda minum teh herbal setiap pagi selama musim hujan, hal ini cukup efektif membantu Anda terhindar dari penyakit akibat hujan. Selain itu, teh herbal dapat menyembuhkan batuk dan pilek.

READ:  5 Tips Sehat Mengonsumsi Makanan di Musim Hujan

2. Gunakan Minyak Kayu Putih

Musim hujan sangat mudah untuk terserang flu. Untuk itu, Anda membutuhkan minyak kayu putih untuk mencegahnya. Berikan 4 tetes minyak kayu putih di atas sapu tangan yang dapat dihirup aromanya. Minyak kayu putih memiliki aroma khas yang membuat Anda bisa bernafas dengan lega.

Selain itu oleskan minyak kayu putih di bagian leher dan kepala agar terhindar dari masuk angin.

3. Bersihkan Kaki Setiap Habis Bepergian

Kaki berfungsi untuk berjalan yang menyebabkan banyak kuman menempel. Apalagi ketika musim hujan, genangan air yang kotor bisa membuat kaki terkena penyakit air, seperti kutu air. Untuk itu, Anda harus rajin mencuci kaki setelah berpergian.

Agar lebih efektif menghilangkan kuman, Anda bisa rendam kaki dalam air hangat, diamkan selama 5 menit, kemudian cuci dengan sabun antiseptik. Cara ini bagus untuk memerangi penyakit.

4. Banyak Minum Air Hangat

Musim hujan otomatis udara pun menjadi lebih dingin, meski Anda memiliki kebiasaan minum air dingin, sebaiknya hentikan dulu kebiasaan Anda. Hal itu dapat membuat Anda sakit. Beralihlah dengan rajin minum air hangat. Anda bisa mencampur jahe untuk menghindari penyakit dan membuat tubuh lebih hangat.

READ:  Sedapnya Sup Ayam Saat Musim Penghujan

**

Demikianlah tips dan cara tetap sehat saat musim hujan. Jangan lupa untuk tetap menjalani gaya hidup sehat, istirahat yang cukup, berolahraga ringan dan mengkonsumsi makanan bergizi agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dan tubuh lebih kuat dalam menolak bakteri dan virus penyakit yang bertebaran di musim hujan. Semoga artikel ini bermanfaat.