Jangan Lewatkan Pesona Pantai Cantik di Papua

Sebagai negara yang terdiri dari ribuan pulau, tentu banyak sekali pantai-pantai yang indah yang tersebar di Indonesia. Tidak hanya Pulau Bali yang memiliki pantai-pantai indah yang mampu memanjakan mata, melainkan juga Papua.

Papua adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang masih belum terjamah oleh tangan-tangan liar manusia dan menyimpan kekayaan alam yang sangat menakjubkan. Tentu saja pantai-pantai di Papua menawarkan tantangan yang berbeda dibandingkan banyak pantai lainnya di Indonesia.

Berikut adalah pesona 5 pantai cantik di Papua yang dapat dijadikan referensi travelling anda yang sudah jenuh dengan kesibukan di kantor:

Loading...

1. Pantai Harlem

pantai harlem
(foto: jenikaray.blogspot.com)

Banyak masyarakat Papua yang mengatakan bahwa pantai Harlem merupakan pantai terindah di Papua. Oleh sebab itu, pantai ini cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Pantai ini terletak di Distrik Depapre, Jayapura.

Akses menuju ke tempat ini pun cukup menantang karena tidak tersedianya jalur transportasi darat (kecuali anda ingin berjalan menyusuri hutan). Akibatnya, untuk mencapai ke pantai ini, kita harus mengarungi laut dengan kapal nelayan selama 30 menit. Fasilitas di pantai ini juga terbilang cukup memadai seperti penjual makanan, souvenir dan jasa pendukung liburan lainnya.

READ:  Menikmati Keindahan Pantai di Pacitan

Sebagian besar turis domestik maupun mancanegara mengunjungi Pantai Harlem untuk menyelam dan memancing. Hal ini didukung air laut Pantai Harlem yang biru yang menambah keindahan pantai ini.

2. Pantai Bakaro

pantai bakaro
(foto: tripwow.tripadvisor.com )

Pantai ini terletak di pesisir utama Manokwari dan terletak tidak jauh dari pantai pasir putih. Kita dapat mencapainya dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Pantai Bakaro memiliki warna air laut yang sangat bersih sehingga kita dapat melihat apa yang terdapat di bawah air dari atas permukaan. Selain menikmati keindahan alam Papua yang begitu asli, kita juga dapat menyelam, memancing dan berenang di pantai yang indah ini.

3. Pantai Raja Ampat

pantai raja ampat
(foto: travelwithmita.wordpress.com )

Kepulauan Raja Ampat merupakan gugusan kepulauan yang terletak di wilayah kepala burung Papua yang terdiri atas Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Kepulauan ini sudah sangat terkenal di mancanegara karena tingkat keberagaman ekosistemnya yang sangat tinggi. Terumbu karang di raja ampat hampir 75% dari tingkat ekosistem dunia.

READ:  8 Pantai Indah Untuk Menikmati Bulan Madu Romantis

Di kepulauan ini juga terdapat pantai Raja Ampat yang sangat indah. Pantai ini dapat diakses melalui jalur laut dari kota Sorong. Tentu saja akses menuju ke pantai ini tidak mudah, tetapi demi ikut merasakan udara bersih dan pantai pasir putih Raja Ampat yang masih perawan, tingkat kunjungan wisatawan ke pantai ini terus meningkat.

4. Pantai Lampu Satu

Pantai lampu satu papua
(foto: Viktor Kurniadi Soepardjo – fotografiindonesia.net)

Pantai Lampu Satu terletak sekitar 4 KM dari kota Merauke. Sepanjang perjalanan menuju ke pantai ini, kita akan melewati banyak perkampungan warga yang masih sangat menjunjung tinggi adat dan budaya leluhur mereka. P

antai ini dinamakan lampu satu karena terdapat sebuah mercusuar besar yang terletak di sekitar pantai. Pantai ini masih sepi dan memiliki pemandangan sunset yang sangat indah sehingga menciptakan romantisme yang berkesan bagi siapapun yang mendatanginya.

5. Pantai Tanjung Kasuari

tanjung kasuari
(foto: roelriot.blogspot.com)

Pantai Tanjung Kasuari terletak tidak jauh dari kota Sorong. Akses menuju ke tempat ini dapat dilakukan dengan menaiki mobil, angkot atau motor sewaan. Pantai Tanjung Kasuari terkenal dengan airnya yang jernih dan suasananya yang cukup ramai oleh masyarakat sekitar yang berdagang di sekitar pantai.

READ:  4 Cara Mudah Pulih dari Jetlag

Banyak wisatawan yang senang untuk berenang di pantai ini karena ombaknya yang tidak begitu besar dan airnya yang bersih. Disamping itu, pantai ini dapat dijadikan salah satu tempat untuk mengadakan pesta barbekyu dan memandangai sunset yang indah.