Susu, Minuman Enak Kaya Manfaat

manfaat susu untuk kesehatanPada zaman dahulu, susu telah dijadikan sebahai bahan pokok makanan manusia.

Di Timur Tengah, susu bahkan difermentasi menjadi keju oleh para pengembara.

Tahukah Anda bahwa susu tidak hanya enak diminum tetapi juga memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh?

Loading...

Selain baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan, susu juga baik dikonsumsi oleh orang dewasa. Nutrisi yang terkandung dalam susu akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan merawat kulit Anda.

Berikut adalah 7 manfaat susu bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu pertumbuhan tulang

Susu baik bagi pertumbuhan tulang karena susu mengandung banyak kalsium. Kalsium dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang yang kuat.

Di Eropa, industri susu sangat maju dalam hal teknologi dan kualitas susu itu sendiri. Hal inilah yang membuat rata-rata masyarakat Eropa memiliki tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat Asia.

2. Membantu menjaga kesehatan gigi

Zat asam dan kalsium di dalam susu akan mampu melindungi permukaan email gigi. Bila kebiasaan meminum susu sudah dibiasakan sedari kecil, maka gigi sang anak akan senantiasa kuat dan terhindar dari berbagai masalah gigi seperti gigi berlubang atau gusi berdarah.

READ:  Benarkah Minum Susu Redakan Sakit Perut? Baca Dulu yang Ini!

3. Membantu menjaga kesehatan kulit

Selain madu, ratu Mesir Cleopatra rajin menggunakan susu sebagai salah satu bahan dalam merawat kecantikan kulitnya. Ratu Cleopatra sering melakukan ritual mandi susu untuk menjaga kelembaban kulitnya.

Hal ini didasari karena di dalam susu terkandung asam laktat yang bertindak sebagai enzim yang menghaluskan kulit dan asam amino yang membantu menjaga kelembaban kulit.

Itulah alasannya mengapa susu pada saat ini banyak dijadikan kandungan utama dalam pembuatan berbagai produk kosmetik seperti lotion pemutih, sabun, masker atau pelembab wajah.

4. Membantu menjaga daya tahan tubuh dan metabolisme

Susu mengandung immunoglobin dan lactoferrin yang merupakan mineral penting untuk pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, susu mengandung kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan. Susu juga merupakan sumber vitamin B yang sangat baik untuk membantu metabolisme karbohidrat dan protein. Vitamin C dalam susu juga berkhasiat mencegah kerusakan pembuluh darah dan otot.

5. Membuat wajah lebih awet muda

Menurut penelitian yang dilansir Health24, susu dapat membuat wajah menjadi lebih awet muda. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang rajin mengonsumsi susu sedari kecil, memiliki wajah yang terlihat lebih muda dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi susu.

READ:  Tips Kecantikan Merawat Kulit Dengan Susu

Di dalam susu terdapat vitamin dan mineral yang menjaga keelastisitasan kulit dan mencegah penuaan dini.

6. Membantu menghilangkan stres

Susu memberikan efek relaksasi sehingga dapat menghilangkan stress pada tubuh kita. Oleh sebab itu, setelah meminum secangkir susu panas, Anda merasakan ketenangan dan dapat membantu tidur Anda menjadi lebih berkualitas.

Hal ini dikarenakan susu mengandung asam amino tryptofan yang dapat meningkatkan kerja syaraf. Tryptofan berperan dalam pembentukan serotonin yang merupakan bagian dari syaraf yang membantu mengontrol stres dan mood.

7. Membantu kelancaraan pencernaan dan menjaga penglihatan

Susu mengandung serat yang berguna untuk melancarkan saluran pencernaan. Oleh sebab itu susu baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah konstipasi.

Selain itu susu mengandung vitamin A (karoten) yang bermanfaat bagi indera penglihatan.

**

Nah bagaimana? Ternyata susu mengandung banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh. Jadi mulai sekarang, perbanyaklah mengonsumsi susu dan rasakan manfaatnya.

(foto: surfstrengthcoach.com)