9 Dampak Buruk Tidur Berlebihan

tidur berlebihanApakah Anda merasa mengantuk sepanjang waktu? Apakah Anda masih merasa mengantuk & lesu bahkan setelah tidur selama lebih dari 8 jam?

Faktanya adalah, hal itu terjadi kepada semua orang dari waktu ke waktu. Terkadang hal tersebut disebabkan karena terlalu banyak bekerja, kelelahan atau ketika sedang sakit.

Tetapi jika hal itu terjadi secara terus-menerus bahkan setelah Anda sudah terlalu banyak tidur, maka itu adalah sebuah masalah dan Anda perlu mencari solusi untuk itu.

Loading...

Anda mungkin merasa terlalu lelah, tertekan, tegang atau tidak mendapatkan cukup waktu untuk tidur yang pada gilirannya telah mengganggu sistem jam normal pada tubuh Anda.

Berikut ini adalah beberapa efek buruk yang dapat disebabkan karena kebanyakan tidur:

Diabetes

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari jam normal cenderung akan mengembangkan penyakit diabetes lebih awal daripada yang lain. Jika keluarga Anda memiliki kecenderungan genetik terhadap penyakit ini, maka Anda harus segera meminta saran dokter dan menghindari jam tidur yang berlebihan.

READ:  Diet Hibernasi, Berat Badan Turun Selagi Tidur

Masalah Jantung

Jika Anda secara terus-menerus tidur selama lebih dari 8 jam, Anda berada pada peningkatan risiko untuk mendapatkan penyakit jantung. Menurut beberapa penelitian, ada hubungan antara mereka yang tidur lebih dari 9 sampai 12 jam setiap malam dengan meningkatnya kemungkinan terserang penyakit jantung.

Ingatan Lemah

Tidur selama lebih dari 8-9 jam setiap malam, dapat memberi efek yang buruk pada otak Anda. Hal ini dapat memperlambat fungsi sel-sel otak Anda yang pada gilirannya menunjukkan tanda-tanda awal hilangnya memori saat masa penuaan.

Depresi

Ada banyak penelitian yang dilakukan mengenai masalah depresi. Menurut sebuah penelitian, mereka yang menderita depresi cenderung tidur lebih lama daripada mereka yang tidak. Dan ini membuat depresi bahkan lebih buruk, yang pada gilirannya menimbulkan banyak masalah fisik lainnya.

Sakit Kepala

Jika Anda seringkali merasa sakit kepala, pastikan Anda untuk menghindari tidur yang berlebih. Terlalu banyak tidur menjadi salah satu alasan timbulnya sakit kepala. Selain itu, tidur berlebih juga mempengaruhi neurotransmitter di otak yang mengarah ke masalah sakit kepala.

READ:  Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Anda

Nyeri Punggung

Kelebihan jam tidur cenderung menyebabkan nyeri punggung yang terlalu sering. Terlalu banyak tidur adalah turunan dari gaya hidup aktif yang lebih rendah yang merupakan alasan penyebab nyeri punggung bawah.

Obesitas

Terlalu banyak tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Menurut sebuah studi, orang-orang yang sering bangun kesiangan memiliki risiko 21 persen lebih tinggi untuk mengalami obesitas dibandingkan dengan orang yang tidur selama 8 jam.

Kurangnya Minat

Terlalu banyak tidur juga mempengaruhi kehidupan sosial Anda menjadi sangat buruk. Ketika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, keterlibatan sosial Anda dalam setiap acara atau program menjadi kurang. Anda secara bertahap kehilangan minat pada acara dan pertemuan sosial yang pada gilirannya mempengaruhi kepribadian Anda dalam cara yang negatif.

**

Ada banyak alasan yang berperan di balik aktivitas tidur yang berlebihan, misalnya insomnia, merasa depresi atau banyak hal lainnya yang menjadi penyebab Anda terus merasa ngantuk sepanjang hari. Namun Anda harus waspada mulai saat ini, karena tidur yang berlebihan rupanya berdampak sangat buruk bagi kesehatan Anda.

READ:  4 Akibat Buruk Sering Bangun Kesiangan Terhadap Kesehatan

(foto: amazing.org)