Mau Sehat? Bangunlah Lebih Pagi!

manfaat bangun pagiSeperti kata pepatah “bangun pagi dapat mendatangkan rejeki“, dengan bangun pagi akan membuat Anda menjadi sehat, kaya, dan bijaksana.

Tetapi, tidak sedikit dari kita enggan bangun lebih pagi dan membuktikan kebenaran pepatah tersebut. Hal ini mungkin saja didasari dengan rasa malas untuk bangun pagi atau saat malam hari Anda terlambat tidur dan meninggalkan rasa kantuk di pagi hari.

Menariknya, ternyata menurut penelitian para ilmuwan, bangun lebih pagi akan memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Loading...

Nah, apa saja manfaat bangun pagi? Simak artikel berikut:

1. Membantu untuk Tetap Berpikir Positif

Seseorang bisa tetap berpikir positif sepanjang hari, jika dia bangun lebih awal. Keseluruhan sikapnya akan mengalami perubahan dan ada rasa kesegaran yang akan dirasakan saat bangun pagi.

Dengan bangun pagi, Anda juga akan termotivasi sehingga membantu Anda untuk tetap bersemangat sepanjang hari.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seseorang yang bangun terlambat sering menghadapi masalah kepercayaan diri yang rendah. Mungkin saja hal ini berkaitan dengan kondisi tubuh yang terasa lemas dan lesu.

READ:  Efek Buruk Wine Pada Pria Gemuk

Nah, dengan bangun pagi, Anda akan merasa lebih segar dan bersemangat sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda.

3. Peningkatan Produktivitas

Saat bangun pagi, maka akan membuat pikiran Anda lebih segar dan lebih produktif.

Menurut penelitian, dengan bangun lebih pagi, Anda dapat meningkatkan produktivitas terkait pada dengan pekerjaan. Pikiran yang segar akan menciptakan lebih banyak ide, sehingga pekerjaan yang Anda lakukan pun akan terasa menyenangkan.

4. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Seseorang yang bangun pagi ternyata akan lebih mengenal diri sendiri dan potensinya. Saat malam hari, Anda disarankan untuk melakukan aktivitas seperti meditasi dan yoga sehingga dapat membantu mengendurkan ketegangan pikiran dan tubuh.

Nah, pada saat Anda bangun di pagi hari, Anda akan merasakan ketenangan pikiran yang dapat membantu Anda untuk berdialog dengan diri sendiri.

5. Mengurangi Stres

Tidur terlambat saat malam hari dan bangun terlambat menjadi salah satu penyebab stres karena tidak adanya keseimbangan yang tepat dalam tubuh.

Dengan bangun lebih awal, seseorang dapat mengurangi stres mental dan fisik pada tubuh. Saat pikiran segar, maka secara tidak langsung rasa stress yang Anda rasakan akan menghilang.

READ:  Kangkung, Sayuran Sejuta Nutrisi

6. Dapatkan Waktu untuk Bersantai

Jika Anda bangun lebih awal, Anda dapat melakukan hal sesuai rencana yang telah Anda siapkan pada malam hari. Menyiapkan prioritas untuk menjalani hari Anda akan memberikan ekstra waktu untuk bersantai. Sehingga dalam waktu luang, Anda bisa menikmati hobi seperti menulis, membaca dan melukis.

7. Konsentrasi dan Fokus Meningkat

Dengan bangun lebih awal, Anda dapat meningkatkan daya memori dan konsentrasi Anda . Sehingga saat bekerja atau belajar, Anda akan lebih fokus dan terkonsentrasi.

8. Membantu Anda untuk Tetap Sehat

Ini adalah fakta yang perlu diketahui, bahwa seseorang yang tidur awal dan bangun pagi akan selalu tetap fit dan sehat. Dengan bangun pagi, Anda dapat menjaga kebiasaan sehat. Anda akan memiliki waktu untuk berolahraga ringan misalnya jogging di sekitar rumah.

Ditunjang dengan konsumsi makanan bernutrisi dan minum air putih yang cukup, maka penyakit akan menjauh dari Anda.

**

Demikian manfaat bangun pagi untuk kesehatan tubuh. Untuk Anda yang memiliki kebiasaan bangun siang, ada baiknya mencoba bangun lebih pagi untuk mendapatkan manfaat kesehatan seperti yang telah dibahas di atas.

READ:  Manfaat Tea Tree Oil

(foto: 123rf.com)