Cayenne, Bubuk Pedas dengan Beragam Manfaat

bubuk cayenneCayenne adalah sejenis rempah-rempah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Kebanyakan orang menggunakan cayenne dalam bentuk bubuk.

Tidak hanya rasanya yang pedas dan tajam yang akan Anda rasakan, tetapi juga ada banyak manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh saat mengkonsumsi cayenne.

Nah, apa saja manfaat kesehatan dari cayenne tersebut, berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Cayenne dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, selain itu manfaat lain yaitu dapat mengatasi masalah tekanan darah rendah dan juga membantu mencegah masalah pembekuan darah.

2. Membantu Meringankan Nyeri Otot

Kaya akan capsaicin, ternyata membuat rempah ini memiliki fungsi yang dapat membantu dalam meringankan masalah nyeri otot dan kejang. Hal lain yang juga berhubungan dengan otot seperti membantu untuk meringankan nyeri sendi.

Saat ini sudah banyak koyo yang memasukkan bubuk cayenne sebagai tambahan komposisi karena fungsinya yang dapat meringankan rasa nyeri.

3. Membantu Detoksifikasi

Terkenal dengan rasa pedas yang tajam menjadikan rempah satu ini populer sebagai salah satu bahan makanan yang dapat membantu sistem pencernaan tubuh atau dengan kata lain merupakan salah satu cara pembersihan dan detoksifikasi.

READ:  Miliki Lutut Kuat Hingga Usia Senja Menjelang

Selain itu, rasa pedas yang dihasilkan juga membantu dalam memproduksi keringat yang berlebihan sehingga racun akan keluar melalui pori-pori kulit.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Antioksidan yang terkandung dalam cayenne akan membantu meningkatkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Sertakan rempah ini dalam diet Anda karena akan membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak berlebih dalam tubuh serta akan menurunkan tingkat nafsu makan Anda.

5. Meringankan Infeksi Gusi dan Sakit Gigi

Anda mungkin merasa sedikit aneh untuk manfaat satu ini, tetapi percaya atau tidak cayenne dapat meringankan rasa sakit pada gusi akibat infeksi dan juga sakit gigi. Anda cukup membuat cayenne dalam bentuk pasta, kemudian terapkan pada bagian gusi atau gigi Anda yang sakit.

6. Membantu Menyembuhkan Pilek dan Flu

Manfaat lain dari rempah pedas ini adalah dapat digunakan untuk mengurangi pembentukan lendir padat pada rongga hidung yang dapat menjadi penyebab pilek dan flu. Anda cukup meminum cayenne yang sudah dicampur dengan air hangat.

READ:  Pentingnya Penuhi Kebutuhan Kalsium bagi Ibu Hamil

Selain itu, cayenne dapat mengobati tenggorokan yang sakit, mengatasi radang tenggorokan ringan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk Anda penderita kolesterol tinggi, cayenne mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pengobatan untuk menurunkan kadar kolesterol buruk pada tubuh Anda. Dimana dengan penurunan kadar kolesterol ini, secara tidak langsung akan menurunkan resiko penyakit seperti jantung.

8. Baik untuk Alergi

Kandungan anti-inflamasi yang dimiliki cayenne ternyata sangat efektif untuk penyembuhan alergi pada kulit. Selain itu juga sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit akibat arthritis (peradangan) yang terjadi dalam tubuh Anda.

**

Demikian manfaat kesehatan cayenne. Hindari mengkonsumsi bubuk cayenne secara berlebihan.

Untuk Anda yang memiliki penyakit maag dan ibu hamil, jika ingin mengonsumsi bumbu pedas ini disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter karena rasa pedas yang tajam dari rempah ini mungkin akan sedikit berbahaya untuk Anda.

(foto: cayennepepper.info)