5 Tips Menjadi Freelance Writer yang Sukses

menjadi freelance writer suksesDengan kecanggihan teknologi dan internet, maka tidak lagi ada alasan untuk Anda tidak mengetahui berbagai informasi terbaru baik dalam hal bisnis, keluarga, kesehatan hingga pekerjaan.

Selain untuk mencari infromasi yang Anda butuhkan, kemajuan teknologi dan konektivitas internet juga berguna Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet.

Salah satu cara mendapatkan penghasilan dari internet adalah dengan menjadi freelance writer. Penulis lepas atau freelance writer akan menjadi salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan Anda disamping menghasilkan pendapatan untuk diri sendiri.

Loading...

Mau tahu tips apa saja yang dapat membuat Anda menjadi freelance writer  yang sukses? Berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Sering-seringlah membuat tulisan

Membuat sebuah tulisan baik di blog pribadi atau web tempat Anda bekerja menjadi salah satu tips menjadi freelance yang sukses.

Anda dapat menggunakan nama asli atau nama pena dalam blog atau web dan buatlah berita yang dapat memberikan manfaat untuk para pembaca. Bahkan jika Anda tidak mendapatkan bayaran untuk tahap awal, anggap saja berita atau artikel yang Anda buat tersebut menjadi investasi untuk Anda.

READ:  Tips Menjadi Freelance Writer yang Baik dan Benar

2. Jangan berhenti menulis

Salah satu kesalahan umum yang banyak dilakukan para freelance yaitu setelah beberapa bulan mereka membuat artikel maka pada bulan mendatang mereka akan berhenti karena merasa tidak mendapatkan yang diinginkan.

Untuk menjadi seorang penulis lepas (freelance), Anda perlu untuk menjaga mood atau keinginan Anda untuk tetap menulis, bahkan jika pendapatan yang Anda terima tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Ingat, dengan Anda rajin menulis, maka kualitas artikel yang Anda hasilkan akan semakin meningkat.

3. Belajar mengoreksi tulisan

Saat Anda menuliskan sebuah artikel, pastinya ada saja beberapa penggunaan huruf yang salah atau kurangnya sebuah kata. Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan sebagai penulis lepas  yaitu belajar sendiri mengoreksi setiap kata tulisan yang Anda buat, dan tidak mengandalkan bagian editing yang harus melakukannya lagi.

Anda dapat memeriksa tulisan yang Anda buat dengan menggunakan write-up untuk memastikan tidak ada kesalahan pada tulisan Anda.

4. Tulis apa yang Anda sukai

Jika Anda memikirkan bagaimana menjadi seorang penulis lepas, Anda hanya perlu menulis apa yang Anda sukai. Dengan menulis sebuah topik yang menjadi kegemaran Anda, akan membuat mood atau suasana hati Anda lebih baik untuk menulis sehingga tulisan yang Anda buat akan lebih bermakna.

READ:  Bagaimana Cara Mempraktekkan Nonviolent Communication?

Anda juga dapat mengambil beberapa tulisan dari beberapa media asing atau dalam negeri dan menggabungkannya. Tetapi ada yang perlu di ingat, sebagai seorang freelance writer hindari mengcopy paste tulisan atau artikel dari web lain karena akan membuat Anda tidak berkembang dan malas untuk mencari ide.

5. Siapkan waktu

Banyak dari para calon freelance sering salah paham dengan kata freelance. Mereka sering berpikir pekerjaan freelance hanya membutuhkan waktu yang sebentar, tanpa usaha dan dapat menghasilkan banyak pemasukan dalam sekejap.

Jika Anda benar-benar ingin menjadi penulis lepas, Anda harus menanamkan dalam diri Anda bahwa ini adalah profesi purna waktu, bukan sebagai sumber penghasilan tambahan instan.

**

Demikian tips menjadi penulis lepas yang sukses. Untuk Anda yang ingin menjadi freelance writer, semoga informasi di atas dapat menjadi masukan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

(foto: wahmresourcesite.com)