Tips Cerdas untuk Mengendalikan Kemarahan

mengatasi kemarahanSaat Anda sedang marah, secara otomatis Anda akan melampiaskan kemarahan dalam berbagai macam cara yang pada akhirnya membuat Anda harus menyesal nantinya.

Kemarahan akan terjadi ketika seseorang sedang melalui masa sulit dalam hidup mereka.

Namun terkadang, karena berbagai alasan, kemarahan akan menjadi kebiasaan sehari-hari Anda, merasa marah bahkan pada hal-hal kecil sekalipun.

Loading...

Terlalu banyak marah akan mempengaruhi kehidupan Anda dalam banyak aspek, hal ini dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara sehat untuk menangani kemarahan Anda:

Menghitung mundur dari angka 10 ke angka 1

Ketika Anda marah, sebelum mengatakan hal-hal yang sebenarnya tidak Anda inginkan, cobalah untuk mulai menghitung angka dalam urutan 10 hingga 1. Lakukan secara perlahan-lahan.

Cara ini akan sedikit mengalihkan perhatian Anda dari masalah yang membuat Anda marah, dan memberi Anda waktu untuk berpikir.

Luangkan waktu sedikit berjalan-jalan

Keluarga ataupun teman merupakan alasan paling umum yang dapat menyebabkan kemarahan. Ketika Anda merasa amarah Anda akan meluap, pergilah mencari angin segar sambil berjalan-jalan. Hal ini dijamin dapat benar-benar membantu meredakan amarah Anda.

READ:  Cara Mudah Mengontrol Emosi

Tarik nafas

Menarik nafas panjang lalu menghembuskannya perlahan adalah salah satu cara yang tepat untuk menangani kemarahan Anda. Seiring dengan tarikan dan hembusan nafas Anda, kemarahan Anda akan pudar dan menghilang. Sehingga dapat membantu Anda untuk berpikir lebih jernih.

Mengidentifikasi penyebab kemarahan

Cara sehat untuk menangani kemarahan adalah dengan menemukan alasan dan kemudian mencari solusi untuk mengatasinya.

Pastikan Anda mencoba mengidentifikasi alasan penyebab kemarahan Anda, untuk setelah itu dapat Anda selesaikan dengan tenang tanpa melibatkan emosi yang meluap. Cobalah meminta bantuan orang-orang terdekat Anda.

Mencari solusi terbaik

Setelah Anda mengidentifikasi alasan penyebab yang membuat Anda marah, cobalah untuk menemukan solusi yang terbaik.

Misalnya, salah satu anggota keluarga Anda sering melakukan hal-hal yang dapat memancing emosi, bicarakanlah hal tersebut dengan yang bersangkutan. Berikan penjelasan bahwa Anda tidak menyukai hal-hal yang dilakukannya.

Berlatih meditasi

Yoga merupakan latihan yang baik untuk Anda lakukan. Yoga memiliki efek yang baik pada kesehatan mental dan emosional Anda, sehingga dapat membuat Anda lebih memberi toleransi kepada banyak situasi yang biasanya membuat Anda mudah marah. Yoga efektif untuk membantu Anda mengontrol emosi.

READ:  Yuk Kenali Tanda dan Gejala dari Kanker Ovarium

Belajar untuk melupakan dan memaafkan

Kadang-kadang perlu untuk melupakan hal-hal yang membuat Anda marah. Melupakan dan memaafkan orang lain memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi itu adalah salah satu cara yang tepat untuk menangani kemarahan jika Anda bisa mempraktekkannya.

Mendiskusikan dengan teman

Dalam banyak kasus, rasa frustasi akan keluar dalam bentuk kemarahan dan mungkin saja keluarga yang akan menjadi korban pelampiasannya.

Membuka diri terhadap teman dekat Anda akan sangat membantu dalam situasi seperti ini. Ketika Anda mengungkapkan masalah Anda kepada teman terdekat, hati Anda akan merasa lebih ringan.

Lakukan apa yang Anda sukai

Menari, mendengarkan musik, membaca buku bahkan bertemu dengan teman-teman. Apa pun itu, lakukanlah hal yang Anda sukai ketika Anda sedang marah.

Hidup itu indah namun singkat

Percayalah pada hal-hal positif dan terus tekankan dalam diri Anda bahwa ‘Life is beautiful’, ‘Saya beruntung memiliki kehidupan yang baik.’. Ulangi terus-menerus kalimat positif tersebut kepada diri sendiri ketika Anda sedang marah.

READ:  Bolehkah Makan Pedas selama Hamil?

(foto: geteasyway.com)