15 Sinyal Anda Belum Cukup Minum Air

minum airMinum jumlah air yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh Anda.

Air memiliki banyak fungsi yang vital bagi tubuh seperti mengangkut nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh, meningkatkan metabolisme, melindungi organ-organ vital, membilas racun, mengatur suhu tubuh dan membantu dalam penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Selain itu, sebagian besar bagian tubuh terbuat dari air. Hampir 70 persen otot adalah air, otak terdiri dari 90 persen air dan 83 persen darah terbuat dari air.

Loading...

Jadi intinya, air merupakan komponen yang sangat penting untuk setiap sel dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu, jelas bahwa air sangat penting untuk menjaga kerja yang tepat dari tubuh Anda dan menjaga Anda agar tetap sehat. Sebagai contoh, karena 90 persen dari otak terbuat dari air, jika ada kekurangan air dalam tubuh, otak tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Jumlah air yang dibutuhkan setiap hari oleh seseorang tergantung pada berbagai faktor. Tapi pada umumnya, para ilmuwan sepakat bahwa setiap individu membutuhkan setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk menjaga agar kerja tubuh berjalan lancar.

READ:  4 Bahan Kimia yang Mungkin Mengintai Dalam Air Minum Anda

Di bawah ini adalah berbagai hal yang menandakan bahwa Anda perlu minum lebih banyak air:

Haus

Rasa haus adalah tanda yang paling jelas bahwa Anda perlu minum lebih banyak air. Haus adalah cara tubuh memberitahu Anda untuk meningkatkan asupan cairan dalam tubuh.

Mulut Kering

Jika mulut Anda terasa kering, maka itu adalah salah satu tanda pasti bahwa Anda perlu minum lebih banyak air.

Urin Berwarna Gelap

Urin umumnya berwarna kuning pucat ketika Anda memiliki asupan air yang cukup. Namun saat urin Anda berwarna lebih gelap dan memiliki bau yang kuat, itu berarti bahwa Anda perlu minum lebih banyak air.

Air Mata

Saat menangis, jika Anda tidak mampu menghasilkan air mata, maka itu adalah tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi dan perlu minum lebih banyak air.

Kelelahan

Karena air merupakan sumber energi, merasa lelah adalah tanda pasti bahwa Anda perlu minum lebih banyak air.

Kelaparan

Rasa haus seringkali dianggap keliru sebagai rasa lapar. Orang-orang berpikir mereka lapar, padahal tubuh mereka mengatakan kepada mereka untuk minum lebih banyak air.

READ:  Penuhi Kebutuhan Air Tubuh Sebelum Dehidrasi

Jadi, ketika Anda merasa perut Anda kelaparan, minumlah segelas air terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan.

Kulit Kering

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh dan itu membutuhkan banyak air untuk tetap terhidrasi. Kulit kering atau bersisik adalah tanda pasti untuk minum lebih banyak air.

Kurang Berkeringat

Keringat sebagian besar terdiri dari air. Jadi ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan secara otomatis berhenti memproduksi keringat.

Merasa Pusing

Dehidrasi juga bisa menyebabkan Anda merasa pusing, bahkan sampai kehilangan kesadaran atau pingsan. Salah satu tanda utama yang menyebabkan rasa pusing adalah dehidrasi.

Kejang Otot

Sebuah ketidakseimbangan elektrolit abadi yang dapat menyebabkan kram otot terus menerus atau kejang selama atau setelah latihan disebabkan oleh dehidrasi.

Palpitasi Jantung

Jantung seperti otot lainnya, terdiri dari air. Bila ada penurunan aliran darah dan perubahan konsentrasi elektrolit karena dehidrasi, maka akan ada kelainan dalam pola jantung Anda saat berdetak.

Elastisitas Kulit

Elastisitas kulit berkurang saat tubuh mengalami dehidrasi. Jika kulit Anda lambat kembali ke normal setelah dicubit, itu adalah pertanda bahwa Anda perlu minum lebih banyak air.

READ:  Apa itu Raspberry Ketone?

Sembelit

Dehidrasi menyebabkan usus besar melakukan upaya untuk menghemat air. Hal ini menyebabkan usus menyerap terlalu banyak air dari makanan yang kita makan, sehingga menyebabkan kotoran kita menjadi keras dan kering.

Serangan Panas

Keringat sebagian besar terdiri dari air. Ini berarti ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan berhenti berkeringat dan dapat menjadi terlalu panas, membuat kita rentan terhadap serangan panas.

Migrain

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka besar kemungkinan akan menyebabkan migrain. Ini berarti bahwa migrain merupakan salah satu tanda bahwa Anda perlu minum lebih banyak air.