Fakta Menarik Anak Bertangan Kidal

Anak dengan tangan kidalKadang mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana mungkin kebiasaan anak menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas seperti menulis dan makan padahal Anda tidak pernah mengajarkannya.

Kebiasaan ini yang sering kita lihat pada anak-anak, mereka tumbuh dengan tangan kidal.

Pada umumnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi anak tumbuh dengan tangan kidal. Berikut kami bagikan informasinya untuk Anda.

Loading...

A. Faktor Keturunan

Menurut para ahli, anak yang tumbuh dengan tangan kidal penyebabnya bisa dikarenakan keturunan. Survey membuktikan bahwa hampir kebanyakan anak dengan tangan kidal maka orang tua anak tersebut juga tangan kidal.

B. Faktor Hormon

Anak yang yang tidak kidal memiliki satu gen yang bernama gen-D, dan sedangkan anak yang kidal kemungkinan tidak memiliki gen ini.

C. Faktor Kebiasaan

Faktor ini biasanya terjadi karena Anda sebagai orang tua kurang memperhatikan tumbuh kembang Anak sehingga memiliki kebiasaan yang membuat Anak tumbuh dengan tangan kidal.

Tumbuh kembang Anak sejatinya dipengaruhi oleh macam-macam faktor yang bisa menjadikan kebiasaan Anak tersebut, namun faktor terpenting dalam proses tumbuh kembang Anak adalah faktor lingkungan dan perhatian orang tua anak tersebut.

Karena Anda bisa memastikan tumbuh kembang Anak akan seperti apa di masa yang akan datang, akankah kidal atau tidak. Hal ini biasanya bisa dilihat ketika anak memasuki usia 3 Tahun, maka awasilah tumbuh kembang anak sebelum mencapai umur tersebut.

Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan pada kebiasaan anak Anda, karena kebiasaan sehari-hari anak juga bisa mengakibatkan anak tumbuh dengan tangan kidal adalah :

  • Kebiasaan anak menggunakan tangan yang mana ketika anak ingin meraih sesuatu
  • Apakan anak Anda selalu mnggunakan tangan kanan ketika akan memulai menggambar atau menulis.
  • Perhatikan apakah anak anda sering berdiri dengan satu kaki yakni kaki kiri ketika sedang berdiri atau bermain.

Karena dengan cara ini Anda juga bisa mengurangi tumbuh anak Anda dengan tangan kidal, dan perhatian dari orang tualah yang mempunyai pengaruh besar terhadap tumbuh kembang Anak.

 Namun jika memang anak Anda terlahir dan tumbuh dengan tangan kidal yang disebabkan oleh faktor keturunan atau gen, maka Anda tidak dianjurkan untuk memaksanya berubah. Karena kencendrungan anak yang tumbuh dengan kebiasaan menggunakan tangan kiri, akan memberi efek yang kurang baik jika Anda sebagai orang tuanya memaksakan Anak untuk berubah.

Anda cukup memberikan dukungan dan pengembangan terhadap anak yang tumbuh dengan tangan kidal. Anak yang tumbuh dengan tangan kidal juga bisa berkembang sama halnya dengan anak yang menggunakan tangan kanan, mereka juga bisa beraktifitas layaknya mereka yang tumbuh bukan dengan tangan kidal.

Penggunaan Tangan Kanan

Meskipun demikian, ada saatnya anak yang tumbuh dengan tangan kidal harus menggunakan tangan kanannya pada hal dan situsi tertentu. Dan tugas Anda sebagai orang tua untuk mengajarkan dimana tempat-tempat yang mengharuskan Anak kidal menggunakan tangan kanannya.

Yakni pada saat sebagai berikut :

  1. Pada saat Anak berada dalam konteks sosial, maka Anda harus mengajarkan dan menyarankan kepada Anak untuk mnggunakan tangan tangan kanan.
  2. Mewajibkan menggunakan tangan kanan ketika Anak hendak bersalaman kepada sesorang, baik orang yang lebih tua darinya ataupun seumuran dengan anak tersebut.
  3. Ketika akan makan, baik sendiri maupun sedang beramai-ramai, Anda tetap mewajibkan anak untuk menggunakan tangan kanan.
  4. Dan ketika berada di tempat-tempat formal Anda juga harus memberikan saran kepada anak untuk mnggunakan tangan kanan.

(foto:  Image by ©LWA-Dann Tardif/CORBIS)

 

READ:  Tips Sukses Mengatasi Pertengkaran Bagi Pasangan