Hal Penting yang Harus Dipersiapkan sebelum Proses Melahirkan

menunggu-HPLPersiapan beberapa hal-hal penting sebelum melahirkan merupakan sebuah kesiapan yang juga harus diperhatikan oleh para ibu-ibu dan calon ibu yang nantinya akan melahirkan anak mereka.

Memang pada kenyataannya, banyak wanita hamil yang masih belum mengerti apa-apa saja yang seharusnya mereka persiapkan sebelum menghadapi persalinan.

Persiapan yang harus dilakukan oleh calon ibu sebelum melahirkan secara garis besar meliputi tiga macam di antaranya :

Loading...
  • Persiapan mental
  • Persiapan ekonomi
  • Persiapan untuk bayi

Persiapan-persiapan ini yang seharusnya disiapkan oleh ibu jauh-jauh hari sebelum melahirkan agar meminimalkan resiko dan ibu telah siap menghadapi masa selama persalinan nantinya.

Berikut akan dibahas poin per poin, hal-hal yang harus disiapkan calon ibu menghadapi masa persalinan atau kelahiran.

1. Persiapan Mental

Ini merupakan hal yang harus disiapkan oleh perempuan, mental memang menjadi faktor terpenting untuk calon Ibu sebelum melahirkan. Dan adapun hal-hal yang meliputi kesiapan perempuan dalam segi mental adalah :

  • Perubahan pada mamae (Payudara)

Bentuk payudara perempuan kemungkinan akan berubah setelah mereka melahirkan nanti, dan mungkin bagi sebagian perempuan akan menjadi momok yang menakutkan. Tapi perubahan itulah yang seharusnya Anda pikirkan dan siapkan.

  • Perubahan bentuk fisik

Perempuan melahirkan akan banyak mengalami perubahan-perubahan, hal pertama yang paling menonjol adalah perubahan pada bentuk perut Anda.  Ketika hamil, perut wanita akan membesar yang membuat otot dan kulit perut akan ikut membesar.

Pada saat selesai melahirkan, memang pada umumnya bentuk perut akan kembali ke ukuran normal, akan tetapi ada juga yang tidak. Perut akan lebih buncit dan berbeda karena proses pembesaran saat hamil.

Dan ini merupakan hal yang harus Anda siapkan secara mental mengenai perubahan pada fisik Anda nantinya.

  • Sakit pada area genital

Ini normal terjadi, sakit pada vagina sudah pasti dialami ketika akan melahirkan, dan Anda harus mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Mental yang sudah siap ditunjang dengan fisik yang sehat akan memperlancar proses persalinan meskipun Anda akan mengalami rasa sakit.

2. Persiapan Ekonomi

Kesiapan ekonomi bagi keluarga seharusnya sudah dipertimbangkan sejak jauh hari sebelum persalinan, karena untuk saat ini biaya persalinan terbilang lumayan mahal dan memerlukan kesiapan oleh pihak keluarga.

3. Persiapan setelah melahirkan

Tentu ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk si Ibu dan bayi setelah proses kelahiran. Biasanya barang ini disiapkan sebelum persalinan si Ibu.

  • Persiapan Ibu

Persiapan untuk si Ibu ketika proses kelahiran usai biasanya meliputi pakaian untuk dikenakan setelah melahirkan, pakaian dalam dan pengikat perut atau gurita untuk mengikat perut agar kembali ke bentuk semula.

  • Persiapan Bayi

a. Tempat tidur bayi : Setelah si bayi lahir maka tempat tidur bayi merupakan hal yang harus disiapkan oleh Anda dan keluarga. Tempat tidur yang sesuai untuk bayi yang terjaga kebersihannya, serta suhu dalam ruangan tempat tidur bayi tersebut.

b. Pakaian bayi : Pakaian bayi juga harus disiapkan sebelum melahirkan nanti. Ketika proses melahirkan selesai maka Anda tidak akan kerepotan lagi mengenakan pakaian untuk bayi Anda, karena telah Anda siapkan sebelumnya. Jangan lupa juga menyiapkan selimut, popok dan gurita bayi.

**

Demikianlah 3 poin penting yang harus dipersiapkan oleh Ibu dan keluarga dalam menghadapi proses persalinan. Selamat menanti kelahiran si buah hati 🙂

READ:  8 Cara Terlihat Lebih Kurus Secara Instan