Definisi Allantoin dan Manfaatnya untuk Kesehatan

tanaman comfreyApa itu Allantoin?

Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman.

Sebagai contoh, dapat ditemukan dalam ekstrak botani tanaman komprei serta dalam urin sapi dan mamalia lainnya.

Allantoin dapat disintesis secara kimia. Sintesis kimia massal allantoin dilaporkan identik dengan allantoin alami, dan karena itu dianggap aman dan tidak beracun.

Loading...

Allantoin – Anti-Iritasi dan Pelindung Kulit

Allantoin adalah penenang alami, anti-iritasi, dan pelindung kulit yang meningkatkan kadar air dari matriks ekstraseluler yang memberikan dukungan struktural untuk sel dan merupakan bagian penting dari jaringan ikat.

Allantoin juga melicinkan kulit, meningkatkan replikasi sel, dan mempromosikan penyembuhan luka, luka bakar, dan bekas luka.

Allantoin – Digunakan dalam Banyak Produk Skin-Care

Produk ini digunakan dalam banyak produk perawatan kulit termasuk shampoo, lipstik, produk anti-jerawat, klarifikasi lotion, berbagai lotion dan krim kosmetik, dan produk-produk kosmetik dan farmasi lainnya.

Allantoin ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit untuk efek melembabkan serta kemampuannya melepaskan lapisan luar sel kulit mati. Di Nashville, allantoin dihargai untuk penggunaannya dalam produk perlindungan dari matahari.

Sebagai pelembab, allantoin digunakan untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, gatal dan iritasi kulit ringan (misalnya, ruam popok, luka bakar pada kulit dari terapi radiasi).

READ:  Lakukan 5 Trik Ini Saat Mengalami Insomnia

Emolien adalah zat yang melembutkan dan melembabkan kulit dan mengurangi gatal dan mengelupas. Beberapa produk (misalnya, seng oksida, petrolatum putih) digunakan terutama untuk melindungi kulit terhadap iritasi.

Allantoin – Tidak Berbau, Tidak Beracun & Tidak Menyebabkan Alergi

Allantoin tidak berbau, tidak beracun, dan non-alergi baik dalam bentuk alami dan sintesis kimianya. Karena begitu baik untuk kulit dan kompatibel dengan bahan baku kosmetik, lebih dari 10.000 paten menyebutkan allantoin.

Cara Menggunakan Allantoin Top

Gunakan produk ini seperti yang diarahkan. Beberapa produk memerlukan priming sebelum digunakan. Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk. Jika Anda tidak yakin tentang informasi apapun, berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker.

Beberapa produk perlu dikocok sebelum digunakan. Periksa label untuk melihat apakah Anda harus mengocok botol dengan baik sebelum digunakan. Terapkan pada daerah kulit yang rusak sesuai kebutuhan atau seperti yang diarahkan pada label atau oleh dokter Anda.

Seberapa sering Anda menerapkan obat akan tergantung pada produk dan kondisi kulit Anda. Untuk mengobati tangan kering, Anda mungkin perlu menggunakan produk setiap kali Anda mencuci tangan, menerapkannya sepanjang hari.

Jika Anda menggunakan produk ini untuk membantu mengobati ruam popok, bersihkan area popok dengan baik sebelum digunakan dan pastikan area tersebut kering sebelum menerapkan produk.

READ:  Mengenali Tanda-Tanda Herpes Pada Bayi

Jika Anda menggunakan produk ini untuk membantu mengobati luka bakar akibat radiasi pada kulit, periksa dengan personil radiasi untuk melihat apakah merek Anda dapat diterapkan sebelum terapi radiasi.

Ikuti semua petunjuk pada label untuk penggunaan yang tepat. Oleskan ke kulit saja. Hindari area sensitif seperti mata Anda, mulut/hidung bagian dalam, dan daerah vagina/pangkal paha, kecuali label atau dokter Anda mengarahkan Anda sebaliknya.

Periksa label untuk petunjuk tentang setiap daerah atau jenis kulit dimana Anda tidak seharusnya menerapkan produk (misalnya pada wajah atau kulit yang pecah-pecah/luka/tergores). Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat paling besar. Kebanyakan pelembab membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Oleskan produk setelah mandi saat kulit masih lembap.

Untuk kulit sangat kering, dokter Anda mungkin meminta Anda untuk merendam area sebelum menggunakan produk. Mandi lebih sering, lama, atau panas dapat memperburuk kulit kering.

Jika kondisi Anda memburuk, atau jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki masalah medis yang serius, carilah perhatian medis segera.

READ:  5 Gejala PMS yang Terjadi Sebelum Menstruasi

Efek Samping

Kebanyakan emolien dapat digunakan secara aman dan efektif tanpa efek samping. Namun, membakar, menyengat, kemerahan, atau iritasi dapat terjadi. Jika salah satu dari efek-efek ini menetap atau memburuk, beritahu dokter Anda segera.

Jika dokter Anda telah meresepkannya, ingatlah bahwa ia telah menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada resiko efek samping. Banyak orang menggunakan allantoin tidak memiliki efek samping yang serius.

Katakan kepada dokter Anda segera jika salah satu efek samping yang serius terjadi: perubahan yang tidak biasa pada kulit, tanda-tanda infeksi kulit.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, carilah perhatian medis segera jika Anda melihat adanya gejala-gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama wajah/lidah/ tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter.

(foto: commons.wikimedia.org)