7 Manfaat Kedelai yang Perlu Diketahui

manfaat kedelaiKedelai merupakan salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan utama makanan Asia.

Kedelai telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur.

Kedelai merupakan sumber utama protein dan minyak nabati. Kedelai banyak digunakan dan ditemui dalam beberapa makanan Indonesia seperti tahu dan tempe. Kedelai juga digunakan sebagai bahan pembuatan kecap dan dapat pula diolah menjadi susu.

Loading...

Kedelai banyak mengandung protein yang baik bagi tubuh sehingga dapat membantu proses pertumbuhan dan metabolisme.

Meskipun namanya tidak terlalu populer, kedelai memiliki banyak sekali manfaat kesehatan yang penting untuk diketahui, seperti:

1. Mencegah dari berbagai macam penyakit

Kedelai mengandung insitol yang dapat mencegah penyakit diabetes. Kedelai juga mengandung letichin yang mampu melindungi sel-sel yang ada pada organ pankreas sehingga mampu berfungsi baik dalam menghasilkan insulin.

Kedelai juga mengandung alfa karoten, alfa tokoteritenol, alfa tekoferol dan komponen senyawa lainnya di dalam letichin. Senyawa ini merupakan komponen anti-oksidan yang bisa melawan virus HIV.

2. Mencegah stres dan radikal bebas

Dalam letichin terdapat kandungan zat molibenum yang dapat membantu otak terhindar dari depresi, pengaruh buruk alkohol, narkoba juga gangguan mental lainnya.

READ:  Tips Kulit Bebas dari Jerawat

Kedelai juga mengandung kadar antioksidan yang tinggi  sehingga membantu melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas seperti polusi dan sinar matahari.

3.  Mencegah osteoporosis dan menopause

Protein yang tinggi pada kedelai membantu penyerapan kalsium pada tulang. Selain itu kedelai juga mengandung isoflavon yang berguna untuk menjaga tulang dari penipisan atau osteoporosis serta mencegah menopause.

4. Mencegah kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung

Kedelai mengandung isoflavon yang bermanfaat sebagai zat anti kanker yang dapat mencegah beragam penyakit kanker seperti kanker rahim, kanker payudara dan kanker prostat.

Selain mencegah penyakit kanker, kedelai dapat mengurangi resiko penyakit jantung karena isoflavon dan protein yang terkandung dalam kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5.  Menjaga kecantikan kulit

Kedelai mengandung kadar anti oksidan yang cukup tinggi sehingga kedelai dapat memberi manfaat yang baik bagi kecantikan kulit.

Kedelai dapat menjaga kelemababan kulit. Kandungan anti oksidannya yang tinggi mampu menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

6. Membantu perkembangan janin pada ibu hamil

Bagi ibu hamil, kedelai dapat memberikan manfaat yang sangat baik. Kandungan asam folat dari kedelai memberikan nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan sel saraf, sehingga perkembangan janin menjadi optimal.

READ:  Benarkah Leukimia dapat Diobati tanpa Kemo?

Kedelai juga mengandung karbohidrat yang bermanfaat memberi asupan tenaga ekstra bagi ibu hamil sehingga tidak mudah lelah.

7. Menguatkan kuku dan menyuburkan rambut

Kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku dan rambut. Mengonsumsi kedelai secara rutin akan membuat kuku Anda tumbuh dengan kuat dan sehat. Selain menjaga kelembaban kuku, kedelai juga bisa digunakan untuk merawat rambut agar lebih halus, lembuh dan bercahaya.

Caranya adalah dengan mengoleskan kedelai yang telah dihancurkan dari akar hingga ujung rambut dan diamkan. Bilas setelah sepuluh menit dan lihatlah perubahannya.

**

Nah, bagaimana? Ternyata kedelai memiliki banyak manfaat yang sangat menguntungkan bagi kesehatan dan perawatan kecantikan wania. Jadi mulai sekarang, perbanyaklah konsumsi kedelai dan rasakan manfaatnya.

(foto: vibiznews.com)