7 Manfaat Manis dibalik Pahitnya Mengkudu

buah mengkuduTanaman mengkudu tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 1500 meter. Tinggi pohon mengkudu bisa mencapai 3-8 meter.

Buahnya yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol putih tetapi ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Buah yang memiliki aroma dan rasa yang tidak bersahabat ini ternyata menyimpan sejuta manfaat tersembunyi.

Yuk kita intip apa saja sih manfaat yang terkandung di dalam buah mengkudu.

Loading...

1. Mencegah kanker

Penelitian menyatakan bahwa terdapat senyawa pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan melawan sel-sel kanker serta baik untuk meregenerasi sel-sel baik di dalam tubuh.

Empat peneliti di Jepang menemukan bahwa zat anti kanker pada mengkudu paling aktif dalam melawan sel-sel kanker.

2. Menjaga tekanan darah

Buah mengkudu juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah. Hal tersebut disebabkan adanya zat fitonutrien scopoletin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah sehingga jantung lebih mudah dalam bekerja.

Cara memanfaatkan mengkudu untuk menjaga kestabilan tekanan darah adalah dengan mencampur mengkudu yang telah matang dari pohon dengan madu. Mengkudu diperas dan diambil airnya kemudian dicampur madu lalu diaduk dan disaring kemudian diminum.

READ:  Pertolongan Pertama pada Orang yang Pingsan

3. Meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan pencernaan

Mengonsumsi buah mengkudu berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Di dalam buah mengkudu terdapat kandungan yang dapat mengaktifkan kelenjar tiroid dan kelenjar timus. Buah mengkudu mengandung pula vitamin, mineral, asam amino, enzim dan senyawa anti oksidan yang kesemuanya bekerjasama dalam membentuk sistem kekebalan tubuh.

Disamping itu, mengonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan, mencegah perut kembung, luka pada usus dan bahkan radang lambung.

4. Membunuh bakteri dan kuman jahat dalam tubuh

Sari buah mengkudu mengandung zat anti infeksi dan bakteri seperti: pseudomas aeruginosa, protens morgana, staphylocooccus aureus yang bekerja secara sinergis dalam membunuh bakteri jahat di dalam tubuh.

Selain itu mengkudu dapat membunuh kuman dalam tubuh Anda karena mengkudu mengandung zat asetil yang sangat efektif melumpuhkan kuman.

5.  Menangkal radikal bebas

Vitamin C dalam mengkudu memiliki manfaat sebagai zat anti oksidan yang mampu menangkal pengaruh buruk dari lingkungan. Anti oksidan bermanfaat menetralisir radikal bebas (partikel-partikel berbahaya yang dapat merusak genetik dan sistem kekebalan tubuh).

READ:  Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

6. Mencegah rambut rontok

Ternyata mengkudu tidak hanya bisa dikonsumsi untuk dimakan, tetapi bisa juga diolah menjadi bahan dasar perawatan kecantikan rambut untuk senantiasa membuatnya subur dan terhindar dari kerontokan. Bagaimana caranya?

Cukup blender buah mengkudu yang sudah masak lalu campurkan dengan 2 sendok makan madu dan kuning telor bebek. Gunakan pada rambut seperti menggunakan masker rambut lalu bilas hingga bersih. Lakukan rutin seminggu sekali, rambut Anda akan sehat selalu.

7. Menjaga kelembutan kulit wajah

Menggunakan masker mengkudu ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda. Langkah membuat masker wajah mengkudu ini cukup mudah.

Anda hanya perlu menumbuk mengkudu sampai halus, mencampurkannya dengan 2 sendok makan madu dan satu putih telur lalu oleskan merata pada wajah Anda. Diamkan campuran masker ini pada wajah Anda sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Lakukan perawatan seminggu sekali dan dapatkan kulit yang senantiasa lembut dan bersih.

**

Demikianlah 7 manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh dan perawatan kecantikan. Tak perlu membeli produk perawatan tang mahal harganya, alam telah menyediakan bahan alami untuk kita. Semoga artikel ini memberi manfaat.

READ:  3 Manfaat Manis di Balik Kelezatan Es Krim

(foto: dragonnoni.com)