Kacang Hijau, si Kecil dengan Manfaat Besar

manfaat kacang Banyak sekali tumbuhan yang tumbuh subur di tanah Indonesia yang kaya. Salah satunya adalah kacang hijau.

Kacang hijau adalah tumbuhan yang tergolong sebagai tanaman fabaceae (polong-polongan) dengan peringkat konsumsi ketiga terbesar setelah konsumsi kacang kedelai dan kacang tanah.

Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan anak. Itulah mengapa banyak produsen makanan bayi yang menjadikan kacang hijau sebagai bahan utama pembuatan bubur bayi.

Loading...

Kami berbagi informasi mengenai manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat untuk Anda.

1. Membantu masa pertumbuhan

Kacang hijau banyak sekali mengandung protein dan protein sangat baik untuk membantu pertumbuhan sel sehingga membuat pembentukan tulang lebih baik.

Hal ini disebabkan karena kacang hijau memiliki kandungan fosfor serta kalsium yang amat berguna bagi pertumbuhan tulang.

2.  Membantu kelancaran pencernaan

Tahukah Anda bahwa kacang hijau mengandung banyak serat yang berguna untuk melancarkan saluran pencernaan Anda ?

Bagi Anda yang memiliki masalah seperti sembelit, mengonsumsi kacang hijau dapat menjadi salah satu solusi alternatif yang menyehatkan.

READ:  Selfie dan Penyakit Mental

3. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda para wanita, mengonsumsi kacang hijau dapat membantu Anda menurunkan berat badan Anda.

Hal ini disebabkan karena kacang hijau mengandung banyak serat yang akan memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga menekan nafsu makan Anda.

4.  Menjaga sistem kekebalan tubuh

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kacang hijau merupakan salah satu sumber vitamin C yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, serta mempercepat penyembuhan penyakit seperti demam, flu, pilek dan sakit tenggorokan.

5.  Menjaga kesehatan janin

Kacang hijau menjadi salah satu sumber mineral yang penting  bagi tubuh. Beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam kacang hijau adalah kalium, magnesium, asam folat, zat besi dan fosfor.

Keseluruhan mineral ini sangat baik bila dikonsumsi oleh wanita hamil karena dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi janin yang dikandungnya sehingga janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, serta mencegah bayi dari gizi buruk dan keterlambatan pertumbuhan otak.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi kacang hijau setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.  Kacang hijau adalah makanan kaya serat dan rendah kolesterol.

READ:  Cara Mencegah dan Mengobati Kulit Terbakar Matahari

Makanan yang kaya serat akan mudah larut dan diketahui mampu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dengan cara meningkatkan produksi penyerap LDL dalam darah.

Dianjurkan mengonsumsi 10 sampai 25 gram serat mudah larut tiap hati untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

7. Mencegah kanker payudara dan gejala menopause

Kacang hijau yang termasuk dalam golongan kacang-kacangan mengandung protease inhibitor. Zat ini diketahui dapat mencegah pembentukan sel tumor dan kanker pada payudara.

Selain itu kacang hijau juga mengandung isoflavon yang dapat meredakan gejala menopause bagi wanita.

8. Menguatkan rambut rontok

Bagi Anda yang mengalami masalah kerontokan rambut, kacang hijau mungkin bisa menjadi salah satu pengobatan Anda yang murah dan efektif.

Caranya Anda hanya perlu merebus kacang hijau hingga matang (tetapi tidak pecah) lalu saring airnya dan gunakan air hasil rebusan kacang hijau tersebut ke rambut Anda.  Diamkan sekitar 15 menit di kepala Anda dan keramaslah seperti biasa.

**

Demikianlah 8 manfaat sehat kacang hijau, si kecil tapi kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Konsumsilah kacang secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Selamat mencoba.

READ:  Tips dan Cara Mengeksfoliasi Kulit Tubuh

(foto: pusatkosmetik.com)