7 Tips Menikmati Liburan Musim Panas

liburan musim panasMusim panas akan segera tiba, yuk persiapkan liburan musim panas Anda agar cuaca yang panas tidak menjadi halangan Anda bersukacita bersama keluarga.

Ketika musim panas tiba, banyak kegiatan yang terhambat akibat suhu cuaca yang berada di tingkat ekstrem. Suhu yang terlalu panas dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan sehingga lemas bahkan pingsan.

Ada beberapa langkah yang bisa dijadikan referensi untuk menyambut liburan musim panas Anda, cek tips menikmati liburan musim panas Anda, yang kami bagikan di bawah ini:

Loading...

1. Pakailah pakaian yang menyerap keringat

Gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat sehingga tubuh tidak merasa lengket atau basah saat panas matahari menyengat. Pilihlah juga pakaian yang sedikit longgar agar sirkulasi udara di dalam tubuh menjadi lancar.

Jika Anda meniru gaya berbusana musim panas di Barat, maka Anda akan menggunakan pakaian yang minim bahan untuk membuat uap tubuh lebih mudah terlepas. Namun bila Anda tidak ingin kulit Anda terbakar dan menjadi hitam, pilihlah pakaian berlengan panjang untuk melindungi kulit Anda.

READ:  Siapa Bilang Liburan Ke Bali Itu Mahal?

2. Gunakan kacamata

Saat matahari sedang bersinar terik, jangkauan pandang mata menjadi terbatas sehingga aktivitas diluar ruangan dapat terganggu dan bahkan menjadi berantakan.

Menggunakan kacamata tidak hanya berlaku bagi para pejalan kaki tetapi berlaku juga bagi para pengendara motor dan mobil karena pada musim panas, cahaya matahari yang terik dapat memantul di kaca mobil dan menganggu penglihatan.

3. Gunakan payung atau topi

Mungkin bagi sebagian orang, menggunakan payung sangatlah merepotkan, tidak efektif dan efisien. Tapi ketika musim panas tiba, percayalah bahwa Anda akan memerlukan payung, bahkan hanya sekadar untuk berjalan di pinggir jalan.

Payung dapat membuat perbedaan yang signifikan dibanding dengan tidak menggunakannya. Selain payung, salah satu alat penutup kepala yang cukup mudah digunakan adalah topi. Anda wajib menggunakan topi di bawah sinar matahari terik untuk melindungi panas berlebih di kepala Anda yang dapat membuat Anda pusing atau bahkan pingsan.

4. Pakai lotion

Gunakan sun block atau hand body lotion dengan kadar SPF yang cukup untuk melindungi kulit dari bahaya dehidrasi atau kulit kering akibat terpapar sinar ultra violet.

READ:  5 Resort Bulan Madu Terbaik Di Maldives

Lotion merupakan hal yang sangat penting di musim panas karena sinar matahari langsung pada kulit dalam jumlah berlebih dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

5. Gunakan pelembab wajah

Selain lotion untuk melindungi kulit tubuh, Anda juga perlu memperhatikan perlindungan wajah Anda. Jangan sampai wajah Anda menjadi hitam atau belang akibat terbakar sinar matahari.

Lindungi wajah Anda dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit Anda dan mengandung banyak air untuk mencegah kulit wajah menjadi kering.

6. Bawa selalu Air Minum

Saat musim panas, matahari yang menyengat tubuh membuat kita berkeringat sehingga tubuh kekurangan cairan. Cairan tubuh yang dikeluarkan melalui keringat perlu diganti dengan banyak meminum air putih. Air merupakan elemen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk terus sehat.

7.  Perbanyak makan buah dan sayuran

Memakan buah dan sayuran akan membuat tubuh merasa segar lebih lama karena sayur dan buah mengandung banyak air yang dibutuhkan tubuh setelah menguap lewat keringat. Konsumsi buah yang baik dimakan saat musim panas adalah semangka, jeruk, strawberry dan anggur.

READ:  Cara Aman Menjaga Barang Berharga Saat Berlibur

**

Demikianlah 7 tips untuk menikmati liburan musim panas Anda. Jangan sampai ingin liburan, yang ada malah sakit mendera karena dehidrasi atau kepanasan. Yuk sambut liburan musim panas Anda dengan penuh semangat!