Tips Memilih dan Membeli Seragam Sekolah Anak

Memilih Seragam SekolahMusim liburan akan berakhir dan para siswa siap kembali ke sekolah.

Saat kembali ke sekolah tiba, banyak sekali para orangtua yang akan membelikan anak mereka baju seragam sekolah baru.

Kegiatan ini dimaksudkan agar si anak bersemangat menyambut hari pertama kembali ke sekolah mereka dan akan memotivasi anak agar lebih rajin belajar. Nah, tahukah Anda bahwa kegiatan membeli baju sekolah ternyata bisa lebih bermanfaat dan menyenangkan?

Loading...

Mari simak tips memilih dan membeli seragan sekolah bagi anak berikut ini:

1. Ajak anak ikut serta

Keikutsertaan si anak dalam kegiatan membeli baju sekolah tidak hanya baik bagi si ibu yang dapat mencocokkan ukuran baju dengan ukuran badan anak secara pasti, tetapi dapat menjadi ajang bagi anak untuk memilih mana yang ia suka dan mana yang tidak baik dari segi ukuran, bahan atau warnanya.

Kegiatan sederhana ini dapat membuat semangat anak untuk masuk sekolah menjadi lebih besar lagi karena si anak memiliki kesempatan untuk memilih sendiri baju yang akan dipakainya.

READ:  Menu Makanan Sehat Dan Praktis Untuk Sarapan

2. Pilih bahan yang nyaman

Bahan katun lebih nyaman dipakai anak karena bahannya dapat menyerap keringat sehingga si anak menjadi lebih leluasa dalam bermain.

Beberapa bahan baju sekolah anak mungkin terbuat dari beberapa bahan yang tidak begitu menyerap keringat sehingga membuat sang anak merasa kegerahan atau tidak nyaman ketika memakainya.

3.  Pilihlah ukuran yang sedikit lebih besar

Anak-anak umumnya senang bergerak dan hampir sebagian dari waktunya dihabiskan untuk bermain. Anak-anak sebaiknya diberikan baju sekolah yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran tubuhnya agar tidak membatasi dirinya untuk belajar dan beraktivitas.

Baju yang terlalu sempit dapat membuatnya merasa lambat dan terkekang. Akibatnya si anak akan membatasi gerakannya dan tidak akan bebas belajar. Selain itu pakaian yang ukurannya sedikit lebih besar masih akan bisa digunakan bila tubuh anak membesar.

4. Belanjalah di toko khusus pakaian sekolah

Berbelanja di departemen store memang menyenangkan dan nyaman tetapi saat membeli baju sekolah, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba pengalaman baru dengan membeli baju sekolah di toko yang khusus menjual baju sekolah.

READ:  Tips Makeup Cantik Untuk Wajah Berbentuk Hati

Hal ini bertujuan agar Anda dapat memilih dengan baik seragam yang akan anak Anda gunakan, serta memiliki variasi dan referensi dalam berbelanja seragam sekolah yang lebih lengkap.

5. Belilah lebih dari 1 buah

Umumnya para orang tua hanya menjatahi satu anak dengan satu buah pakaian, hal ini keliru. Belilah minimal dua buah pakaian bagi anak Anda.

Selain digunakan untuk berganti apabila kotor, pakaian cadangan ini juga diperlukan bilamana pakaian utama si anak, rusak atau hilang sehingga apapun yang terjadi pada pakaian sekolah anak Anda. Dengan demikian hal tersebut tidak akan menghambat aktivitas anak di sekolah.

6. Cuci dulu baju sekolah baru sebelum dikenakan

Banyak sekali orang tua yang lupa atau tidak mencuci baju sekolah anak mereka setelah dibeli dari pasar. Hal itu sangat berbahaya karena baju sekolah yang baru dibeli dari pasar tersebut bisa saja mengandung banyak sekali bakteri dan kuman  setelah disentuh dari tangan ke tangan dan dipenuhi debu.

Oleh sebab itu wajib bagi ibu untuk mencuci terlebih dahulu baju sekolah anak yang baru dibeli sebelum digunakan, untuk mencegah kulit anak teriritasi oleh bakteri atau kuman berbahaya.

READ:  Pencegahan dan Saran Atasi Buang Air Besar Berdarah Selama Kehamilan

**

Sekian tips dalam membeli baju sekolah anak. Mudah-mudahan dapat menjadi ilmu baru bagi para ibu dalam menyalurkan kasih sayang kepada anak-anak mereka.

(foto: tribunnews.com)