4 Kesalahan Fatal Saat Program Diet

tips dietSelama ini begitu banyak paham keliru yang menjamur di kalangan masyarakat mengenai diet.

Ada yang berpikir bahwa diet itu berarti menahan dan membiarkan perut berlapar-lapar selama berjam-jam, diet itu tidak makan seharian.

Memang kebanyakan orang menggunakan cara ini untuk berdiet namun ternyata ini adalah cara diet yang salah. Pasalnya tubuh memerlukan tenaga untuk beraktivitas dan tenaga tersebut diperoleh dari makanan.

Loading...

Jadi jika diet menahan rasa lapar yang berlarut-larut maka akan beresiko mengakibatkan munculnya penyakit lain yang lebih berbahaya bagi tubuh.

Diet memang bertujuan agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional dan berat badan yang ideal, tapi bukan berarti anda tidak makan dan membiarkan perut keroncongan. Diet baru bisa dikatakan berhasil jika standar kesehatan tubuh lebih baik dari sebelumnya, mendapatkan berat yang ideal dan bentuk tubuh yang proporsional.

Olehnya itu berikut akan dibagi-bagikan kesalahan apa saja yang sering dilakukan dalam berdiet:

Tidak Sarapan

Dengan alasan sibuk beberapa orang meninggalkan hal yang satu ini. Bahkan bagi sebagian orang yang sedang melaksanakan program diet tidak melakukan sarapan dengan alasan bahwa sarapan akan semakin menambah berat badan.

READ:  Tips Diet Setelah Liburan Usai

Sebenarnya ini adalah paham yang sangat keliru. Bagi anda yang sedang menjalani program diet harus memahami kenapa sarapan sangat penting dalam menyukseskan diet anda.

Karena ingin beraktifitas maka tentunya energi sangat menunjang agar semua aktivitas anda berjalan dengan lancar. Bayangkan semalam anda tidur dan tubuh tidak makan selama kurang lebih 7 jam maka dibutuhkan sarapan agar tubuh mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Kalau tidak sarapan maka tubuh akan mengalami kondisi yang tidak menguntungkan seperti lemas, pusing dan tidak konsentrasi. Hal itu disebabkan terjadinya efek dari proses katabolik (proses kimia dalam bentuk pemecahan otot menjadi sumber energi). Tubuh yang harusnya mendapat energi dari makanan tapi energi malah dialihkan dan bersumber dari otot tubuh.

Menahan lapar

Menahan lapar, salah satu metode diet instan yang diyakini banyak orang mampu memberikan efek proporsional bagi tubuh.

Memang berat tubuh turun dengan drastis, akan tetapi bukan karena program diet berjalan dengan lancar. Kondisi tubuh akan semakin melemah dan penyakit lainpun dengan mudah mulai menyerang sistem immunitas tubuh.

Faktanya, dalam tubuh terjadi proses metabolisme yaitu proses pengubahan beberapa zat makanan menjadi zat kimia dalam bentuk asupan energi. Jadi diperlukan makanan agar proses pembakaran lemak dalam tubuh bisa berjalan lancar. Jika proses metabolisme terhambat maka pembakaran lemak juga terhambat dan tentunya itu akan menghalangi suksesnya program diet anda.

READ:  Diet Aman dan Sehat Untuk Ibu Menyusui

 Tidak berolahraga

Ibaratnya setelah makan maka tidak lengkap rasanya kalau tidak minum dulu. Nah, olahraga dan diet itupun harus seiring sejalan karena merupakan satu kesatuan yang tidak boleh terpisahkan.

Rutin berolahraga bertujuan agar terjadi pembakaran lemak secara berkala dan metabolisme tubuh menjadi lebih meningkat sehingga untuk mengganti energi yang keluar di saat berolahraga maka diperlukan makanan yang cukup menggantikan energi tersebut. Seperti makan buah dan yang paling bagus dikomsumsi pada saat berolahraga adalah buah pisang.

Olahraga yang teratur bisa menghindarkan tubuh dari penyimpanan kalori yang tidak terpakai dan akan tertimbun menjadi lemak.

Menghindari Makan Malam

Memang pada saat malam hari kondisi kerja lambung akan melambat bahkan lambung pada saat itu akan beristirahat. Hal tersebut terjadi pada saat pukul 20.00.

Para pakar menganjurkan kita makan malam selepas sholat maghrib tepat, berada di bawah jam-jam dimana lambung sedang beristirahat. Jadi makanan masih bisa dicerna sebelum batas istirahat lambung dimulai.

Pada saat kita tidur yang paling diperlukan bantuannya adalah protein karena merupakan bahan baku dalam proses regenerasi sel-sel yang rusak (apoptosis – peristiwa bunuh dirinya sel secara terprogram) pada saat tubuh sedang beristirahat dan tentunya hal itu ditunjang oleh hormon yang mengandalkan protein sebagai bahan baku utamanya.

READ:  Tips Diet Sukses dengan Buah Plume

**

Nah, itulah beberapa paham keliru yang harus ditinggalkan saat menjalankan program diet. Diet bukan berarti tidak makan, diet bukan berarti harus membuat tubuh kehilangan hak-haknya.

Tapi melaksanakan program diet berarti mengatur pola makan lebih sehat dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi sehat untuk menunjang proses metabolisme tubuh, mium air putih cukup dan berolahraga secara teratur.

Semoga bermanfaat ^_^.