Inilah 7 Bahan Alami Penghilang Jerawat

mengatasi jerawatSetiap orang tentunya berharap mempunyai wajah yang mulus, sehingga ketika dipandang terasa enak dan nyaman.

Namun tidak bisa dipungkiri, seringkali jerawat muncul pada wajah kita. Hal ini membuat sebagian orang merasa minder dengan wajahnya.

Pada kalangan muda, jerawat adalah hal yang paling dihindari. Sebab jika jerawat muncul pada wajah, maka hal itu akan mengurangi kepercayaan dirinya untuk tampil di hadapan yang lain.

Loading...

Terkadang hanya muncul satu jerawat yang tampak manis menghiasi wajah. Tapi dengan perawatan kulit wajah yang salah ditambah dengan kebiasaan kita yang suka memegang wajah di saat tangan sedang kotor, perlahan jerawat akan menumpuk dan kulit wajah akan meradang.

Banyak orang yang berpikir, untuk menghilangkan jerawat membutuhkan uang yang banyak. Ternyata tidak seperti itu juga, karena alam telah menyediakan bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai obat, termasuk untuk mengobati atau menghilangkan jerawat.

Keuntungan menggunakan bahan alami dalam mengatasi masalah jerawta pada wajah adalah meminimalisir penggunaan produk perawatan kulit berbahan kimia yang mungkin saja berbahaya dan tidak cocok untuk kulit Anda.

READ:  7 Ide Membuat Isi Tas Simpel dan Rapi

Berikut adalah 7 bahan-bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat.

1. Lidah Buaya

Dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya mempunyai khasiat yang bagus dalam menghilangkan jerawat.

Penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan memotong beberapa bagian lidah buaya dan membuang kulit luarnya, lalu mengoleskan cairan lidah buaya pada bagian wajah yang berjerawat setiap pagi dan sore.

2. Teh hijau

Teh hijau mengandung anti-inflamasi yang disebut katekin, kandungan tersebut dipercaya bisa mencegah kita dari bahaya radikal bebas dan tentunya bisa membantu mengurangi jerawat yang ada pada wajah kita.

3. Tomat

Tomat juga menjadi salah satu buah yang bisa mengurangi jerawat. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan membelah tomat menjadi 2 bagian, lalu tempelkan tomat pada bagian wajah yang berjerawat secara merata, diamkan selama kurang lebih satu jam. Lakukan hal ini secara rutin setiap pagi dan sebelum tidur.

4. Madu

Madu memanglah bahan alami yang mempunyai banyak khasiat, ternyata madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat.

READ:  7 Pelajaran Penting dari Hubungan yang Kandas

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengoleskan madu pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 10 sampai 20 menit, lalu dicuci. Lakukan secara rutin setiap pagi dan sebelum tidur.

5. Jahe

Jahe? Yah, jahe juga bisa loh. Kandungan nutrisi tanaman jahe dipercaya mampu mengatasi kulit wajah yang sedang berjerawta.

Untuk menghilangkan jerawat, kita bisa menggunakan jahe dengan cara memarutnya, lalu diusapkan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih dan lihat efeknya selama beberapa hari.

6. Jeruk nipis

Jeruk nipis yang mengandung citric acid ini juga dipercaya bisa memindahkan sel-sel kulit mati yang akan menyebabkan jerawat.

Caranya juga mudah, yaitu dengan mencampurkan jus atau perasan jeruk nipis dengan air mawar, kemudian dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat.

7. Mentimun

Mentimun adalah buah yang memiliki kadar air yang banyak dan dipercayai oleh banyak orang mampu membantu mengurangi jerawat.

READ:  Cara Menghilangkan Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya dengan Madu

Mentimun bisa membuang racun yang menutupi pori-pori, mengonsumsi mentimun minimal satu dalam sehari bisa membantu mengurangi jerawat.

(foto: dermacaregainesville.com)