Rahasia Membuat Presentasi Lebih Menarik dan Efektif

PowerPoint-PresentationJika Anda adalah seorang staf di sebuah perusahaan atau mungkin seorang guru, maka pasti Anda sering melakukan presentasi menggunakan Power Point.

Dalam sebuah presentasi, yang paling utama adalah bagaimana membuat orang tertarik dengan apa yang kita sampaikan kepada mereka.

Tidak jarang di seminar-seminar, rapat perusahaan atau pelajaran dalam kelas, peserta presentasi akan mengantuk karena bosan dan tidak tertarik dengan presentasi yang disampaikan.

Loading...

Rahasia membuat presentasi menjadi lebih menarik di antaranya adalah pembuatan slide, penyajian dan penguasaan materi. Bila Anda tidak menguasai materi, bagaimana Anda akan mentransfer ilmu dan mempresentasikannya di hadapan orang lain? Bukannya memahami materi, yang muncul malah kebosanan para peserta.

Berikut ini kami bagikan tips dan cara menyajikan presentasi yang menarik dan efektif menggunakan PowerPoint.

1. Gunakan Font Besar

Tidak masalah jika Anda hanya memuat 2 atau 3 poin di setiap slide, yang penting gunakanlah font huruf yang besar. Pastikan poin-poin tersebut terlihat secara jelas di mata audiens.

Ingatlah agar jangan sampai Anda memuat paragraf panjang dalam slide Anda, tapi cukup poin-poin penting yang singkat.

READ:  7 Rahasia Manajemen Waktu Yang Baik

2. Masukkan Gambar dan Animasi

Anda bahkan disarankan memasukkan gambar ke slide walaupun tidak terlalu diperlukan! Hal ini disebabkan gambar dan animasi akan membuat tampilan presentasi Anda menjadi semakin menarik. Dan hal ini akan membuat para audiens akan “mau” melihat slide Anda.

Pernahkah Anda merasa bosan mengikuti presentasi yang PowerPoint nya hanya menyajikan teks? Hal yang sama pun terjadi pada audiens Anda.

Untuk memasukkan gambar secara mudah, Anda dapat mengklik tombol “Clip Art” yang terdapat di bawah tab Insert di PowerPoint. Anda pun dapat menganimasikan teks Anda menggunakan “Custom Animation” yang terdapat di bawah tab Animation.

3. Gunakan Chart, Table, dan Block 

Gunakan chart, table dan block ketika Anda akan menjelaskan suatu konsep secara detail. Dengan cara ini, Anda akan menarik minat audien untuk mau memperhatikan PowerPoint Anda. Biasanya mereka akan bosan melihat barisan teks panjang ketika Anda menjelaskan suatu konsep.

Anda dapat memasukkan diagram istimewa ke dalam slide Anda dengan mengklik tombol “Smart Art” yang berada di bawah tab Insert. Anda juga dapat memasukkan “Table” yang juga berada di bawah tab Insert.

4. Jangan Hanya Membaca Isi Slide

Ketika Anda menyajikan sebuah presentasi menggunakan PowerPoint, pastikan Anda berbicara ke audien dengan tujuan menjelaskan sesuatu kepada mereka, bukan hanya membaca isi slide.

Gunakan hanya poin penting saja. Maka, Anda harus berlatih sebelumnya, bagaimana menjelaskan tiap poin secara menarik.

READ:  4 Tips Mempersiapkan Materi Presentasi

5. Buat Audiens Terlibat

Cara terbaik membuat presentasi Anda menarik adalah libatkan audiens dalam presentasi Anda. Ketika Anda berbicara, tanyakan beberapa pertanyaan pada audiens Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menyajikan presentasi mengenai desain website, tanyakan pada audiens “Apa website yang sering Anda kunjungi? Apa yang Anda suka dari website tersebut?”.

Audiens akan merasa terlibat dengan presentasi Anda setelah Anda mengajukan pertanyaan tadi. Dan Anda akan lebih leluasa dan nyaman menjelaskan poin-poin selanjutnya.

**

Demikianlah cara menyajikan presentasi yang menarik dan efektif menggunakan PowerPoint. Semoga bermanfaat.

(foto: blog.123print.com)