Manfaat Tersembunyi dari Kemangi si Daun Wangi

manfaat daun kemangiBasil atau daun kemangi biasanya dikenal sebagai tambahan penyajian lalapan. Terkadang disajikan bersama lalapan kol, timun, kacang panjang dan sambel tomat.

Beberapa ibu rumah tangga juga menggunakan daun kemangi ketika memasak sayur atau membuat sambel pedas untuk memberi rasa khas pada masakannya.

Daun yang memiliki aroma khas ini awalnya digunakan di India sebagai salah satu bahan ramuan yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Mengonsumsi daun kemangi segar memberikan nilai gizi lebih daripada kemangi kering atau yang telah diubah dalam bentuk suplemen.

Loading...

Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa makan daun kemangi hanya 2 sendok makan per hari sudah cukup untuk mengurangi resiko penyakit jantung pada orang dewasa yang sehat.

Nah, penasaran dengan manfaat kesehatan dari daun kemangi yang mengeluarkan wangi yang khas ini, berikut kami bagikan informasinya untuk Anda.

1. Mencegah Pilek dan Batuk

Daun kemangi atau basil ternyata memiliki jumlah vitamin C dan kaya akan antioksidan.Kandungan inilah yang akan bermanfaat untuk tubuh karena secara tidak langsung memberikan kekebalan pada tubuh terhadap penyakit seerti flu dan batuk.

READ:  Kacang Hijau, si Kecil dengan Manfaat Besar

Selain itu, daun kemangi juga dapat menghindarkan Anda dari malaria dan demam berdarah. Anda dapat mencampurkan daun kemangi dalam teh panas atau jus hangat yang akan membantu untuk menyingkirkan dahak. Untuk meredakan flu dan batuk, Anda hanya perlu mengunyah kemangi segar dengan cengkeh.

2. Mencegah Gangguan Jantung

Daun kemangi sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang dewasa atau Anda yang memasuki usia lanjut karena dapat menghindarkan Anda dari resiko berbagai jenis gangguan jantung. Setiap 100 gram kemangi segar memiliki 33 gram protein, dimana protein membantu dalam menghilangkan lemak sehingga mencegah resiko gangguan jantung.

Daun kemangi juga menjadi sumber magnesium yang membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu juga dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Baik untuk Mata dan Mulut

Kandungan vitamin A dalam daun kemangi berfungi untuk menyembuhkan infeksi pada mata, konjungtivitis, menenangkan stres mata dan membantu menghindari kebutaan malam dan masalah penglihatan. Daun kemangi juga dikonsumsi sebagai penyegar mulut.

READ:  7 Ide Olahraga Menyenangkan untuk Anak

4. Anti- Inflamasi

Daun kemangi dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang megandung anti- inflamasi sehingga dapat menyembuhkan pembengkakan dan terbukti sangat efektif untuk pasien yang mengalami arthritis (peradangan).

Kandungan kalsium dalam daun kemangi juga bermanfaat untuk memberikan kepadatan pada tulang sehingga untuk Anda yang berusia rentan akan dihindarkan pada osteoporosis.

5. Mengatasi Kecanduan akan Rokok

Untuk manfaat besar lainnya dari daun kemangi yaitu baik untuk para perokok. Beberapa penelitian mengemukakan, daun kemangi dapat digunakan sebagai pengganti rokok untuk Anda setiap kali ingin merokok. Cukup dengan mengunyah daun kemangi maka akan membantu mengurangi keinginan merokok.

Kandungan antioksidan kemangi, disamping baik untuk menangkal penyakit, juga dapat memperbaiki kerusakan yang dibuat oleh nikotin. Konsumsi daun kemangi juga mengurangi stres, diabetes dan bekerja secara efektif terhadap batu ginjal.

**

Demikianlah 5 manfaat daun kemangi untuk menjaga kesehatan tubuh. Terkadang kita mengabaikan keberadaan daun ini, padahal ada banyak manfaat yang diberikannya untuk kesehatan kita. Jadi, biasakan untuk mengonsumsi daun kemangi segar secara rutin ya 🙂

READ:  Hati-Hati, 5 Makanan Ini Tidak Boleh Dimasukkan ke Microwave