Tetap Bugar dan Cantik selama Masa Kehamilan

Tips Tetap Cantik Saat HamilDalam kondisi hamil, banyak wanita mengalami beberapa masalah dalam hal kecantikan.

Hal ini tentunya dipengaruhi oleh berubahnya penampilan hingga suasana hati yang tak menentu akibat masa kehamilan.

Bertambahnya berat badan, wajah kusam, rambut yang bermasalah dan lain sebagainya sering membuat penampilan wanita hamil tak lagi secantik biasanya.

Loading...

Kegiatan merias dan merawat diri pun terkadang harus diabaikan demi menjaga kesehatan si janin dan konsentrasi lebih pada kondisi kehamilan.

Kami memiliki beberapa tips mengatasi masalah kecantikan yang sering timbul pada masa kehamilan, sehingga anda tetap tampil cantik.

1. Mask of pregnancy

Pada masa kehamilan, terkadang warna maupun rona wajah sedikit berbeda. Ada beberapa bagian wajah yang tampak lebih gelap seperti bagian dahi, pipi, leher maupun bagian wajah lainnya.

Tak hanya wajah, terkadang perbedaan rona kulit juga terjadi pada tubuh. Untuk mengatasinya, anda dapat mengoleskan krim tabir surya dengan SPF yang sesuai dengan kegiatan.

Selain itu, anda juga dapat sebisa mungkin menghindari berdiri di bawah terik matahari.

READ:  Mengapa Wanita Sulit Hamil?

Untuk penggunaan krim tabir surya maupun krim lainnya yang dapat mengurangi hingga meratakan warna kulit, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda untuk mengetahui bahan-bahan tertentu suatu produk yang kemungkinan tidak baik digunakan pada masa kehamilan.

2. Strech mark 

Strech mark atau yang dikenal dengan selulit merupakan garis-garis vertikal yang kebanyakan terdapat pada daerah sekitar perut, paha hingga kaki.

Garis-garis tersebut berwarna putih hingga merah dan disebabkan oleh makin membesarnya kulit bagian tubuh tertentu. Untuk menguranginya, anda dapat mengoleskan krim anti strech mark dengan kandungan pelembab yang tinggi sejak awal kehamilan.

3. Luka garukan

Dalam kondisi hamil, perut yang membesar terkadang terasa gatal dan menyebabkan anda ingin menggaruknya. Akibat garukan yang sering, terkadang timbul luka dan jika dibiarkan akan menyebabkan bekas.

Anda dapat mengoleskan krim anti gatalyang aman  maupun yang dapat menyamarkan bekas luka. Jika perlu, potong kuku anda sehingga tidak menimbulkan luka saat menggaruk.

4. Tubuh yang harum

Dalam kondisi berbadan dua, tentunya anda menjadi mudah lelah karena beban berat badan yang bertambah drastis. Wanita hamil juga cenderung lebih mudah dan sering berkeringat. Hal ini dapat menyebabkan bau badan yang kurang sedap akibat keringat berlebih.

READ:  Apa Yang Membuat Orang Senang Bergosip?

Ibu hamil juga dapat tetap memiliki tubuh yang harum. Selain parfum, anda dapat menggunakan lotion yang memiliki bau harum yang tahan lama.

Cek kembali kandungan yang terdapat pada kosmetik yang anda gunakan, karena ada beberapa zat yang tidak baik digunakan saat kehamilan karena dapat mempengaruhi kesehatan janin.

5. Rambut berketombe

Hormon progesteron yang muncul pada masa kehamilan menyebabkan produksi minyak yang lebih banyak dari biasanya. Produksi minyak berlebih tersebut dapat menyebabkan rambut mudah berketombe.

Anda dapat menggunakan produk-produk khusus anti ketombe maupun lebih sering mencuci rambut.

6. Varises

Varises sering muncul pada masa hamil karena  meningkatnya aliran darah. Varises biasanya muncul pada bagian belakang betis dan berbentuk seperti urat timbul yang berwarna kebiru-biruan.

Selain bentuknya yang tidak indah, varises juga dapat menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu. Anda dapat mencegahnya dengan berjalan kaki dengan teratur, tidak duduk maupun berdiri terlalu lama dan untuk menyamarkannya, anda dapat memakai stoking.

***

Cantik selama hamil tentu dapat dilakukan dengan mengatasi beberapa masalah di atas dan tetap merawat kecantikan wajah maupun tubuh seperti biasannya. Waspadalah terhadap penggunaan kosmetik selama masa hamil, dan tetaplah ceria menyambut kedatangan si buah hati.

READ:  Jumlah Dan Fungsi Dari Vitamin Prenatal

Stay pretty ladies!

(foto: thedailygreen.com)