9 Bahan Alami untuk Merawat Kesehatan Kuku

Merawat Kesehatan KukuDalam perawatan kecantikan, perawatan kuku tangan maupun kaki sering terlupakan.

Padahal, dengan kuku-kuku yang sehat dan terawat, penampilan cantik anda pun semakin sempurna.

Dalam aktivitas sehari-hari yang sibuk, banyak dari anda melakukan perawatan kuku tangan dan kaki di salon-salon untuk hasil yang singkat dan tampilan yang menawan.

Loading...

Namun sering kali tanpa diimbangi dengan perawatan yang berkelanjutan, kuku anda pun menjadi bermasalah. Terutama bagi anda yang suka memakai cat kuku, kuku dapat menjadi kering, mudah patah hingga warnanya yang kusam.

Untuk cara mudah merawat kesehatan kuku anda, cobalah dengan cara alami dengan bahan-bahan natural berikut ini.

1. Jeruk nipis dan lemon

Jeruk nipis dan lemon cukup dikenal dalam urusan kecantikan. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi selain bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh, juga berguna untuk perawatan kulit.

Jeruk nipis maupun lemon dapat digunakan untuk perawatan mengurangi noda pada wajah. Namun tidak hanya pada wajah, anda juga dapat memanfaatkannya untuk perawatan kuku.

Setelah memotong kuku, rendam kuku anda dalam air hangat yang sudah dicampur dengan potongan jeruk nipis maupun lemon dan sarinya. Hal ini akan membuat kuku anda terlihat bersih dan bercahaya.

READ:  5 Tips Menghangatkan Kembali Hubungan Asmara

2. Minyak Zaitun

Bahan alami yang satu ini dapat dikatakan baik digunakan untuk segala jenis perawatan wajah dan tubuh. Begitu pula untuk perawatan kuku.

Anda dapat menghangatkan minyak zaitun yang kemudian digosok maupun digunakan untuk memijat tangan dan kaki anda. Kandungan pelembabnya yang tinggi akan membuat kuku anda tidak kering dan bercahaya.

3. Garam dapur

Garam dapur dapat digunakan sebagai scrub dengan mencampurnya dengan minyak zaitun. Dengan menggosok tangan maupun kaki, aliran darah menjadi lebih lancar dan dapat menyehatkan pertumbuhan kuku-kuku anda.

4. Bawang putih

Bawang putih dapat menguatkan maupun mencegah kuku rapuh. Caranya cukup mudah, potong bawang putih dan gosokkan pada kuku-kuku anda.

5. Lidah buaya

Tidak hanya bagus untuk perawatan rambut dan kulit, lidah buaya juga baik untuk merawat kuku. Oleskan bagian dalam lidah buaya pada kuku anda secara rutin untuk hasil kuku yang bening dan bersih.

6. Susu kedelai

Susu kedelai mengandung banyak protein baik yang dapat mencegah kuku rapuh. Minumlah susu kedelai secara rutin agar kuku anda senantiasa kuat.

READ:  Yuk, Buat Sendiri Toner Wajah Anda!

7. Air putih

Tanpa kita sadari, kekurangan mineral dan cairan dalam tubuh dapat juga mempengaruhi kesehatan kuku. Dehidrasi yang sering dapat menyebabkan kuku tampak kusam, kering dan rapuh.

Untuk menghindarinya, minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kelembaban tubuh anda dengan baik.

8. Getah pepaya

Getah pepaya dapat dioleskan pada kuku dan dibiarkan beberapa menit sebelum dibilas. Penggunaan getah pepaya secara rutin dapat membuat kuku tidak mudah rapuh.

9. Belimbing wuluh

Penggunaan rutin belimbing wuluh pada kuku dapat menjaga warna kuku tetap bersih dan juga bening. Selain itu, cairan dalam belimbing wuluh juga dapat membersihkan sisa-sisa kotoran yang terdapat pada sela-sela kuku.

Secara umum, manfaat belimbing wuluh pada kuku sama dengan jeruk nipis dan lemon.

***

Bahan-bahan alami tersebut dapat dengan mudahnya kita dapatkan. Tapa perlu sering-sering ke salon untuk perawatan kuku yang mahal, anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan hasil yang alami dan lebih tahan lama.

(foto: sheknows.com)