Cara Memanfaatkan si Putih Manis Marshmallow

MarshmallowKenalkah anda dengan si manis Marshmallow? Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis tentu digemari banyak orang.

Marshmallow yang sebagian besar berwarna putih ini merupakan jenis permen atau gulali yang berbentuk seperti kapas dan teksturnya kenyal.

Bentuk asli marshmallow adalah bentuk silinder dan saat ini banyak kita jumpai bentuk-bentuk lain dengan warna yang bervariasi.

Loading...

Sejarah marshmallow sebenarnya berasal dari ekstrak tumbuhan althea officialis yang memiliki kandungan getah yang amat tinggi, sehingga terdapat indikasi bahwa orang-orang Mesir dan Romawi kuno membuat rasa manis pada permen dengan campuran ekstrak tanaman tersebut dengan madu.

Produksi marshmallow  sendiri dimulai pada abad ke-19. Saat ini, marshmallow jarang diproduksi dengan menggunakan ekstrak tanaman aslinya. Sebagai gantinya, digunakanlah gelatin.

Di Amerika Serikat, banyak orang menikmati marshmallow  dengan cara dicelupkan pada kopi, maupun dipanggang ujungnya atau yang disebut dengan toast marshmallow. 

Toast marshmallow menciptakan sensasi unik karena hasil panggangan sisi luar permen lembut tersebut mencair hingga menjadi seperti karamel dengan tekturnya yang sedikit crunchy. Hmmm!

Selain untuk dinikmati langsung, marshmallow ternyata dapat dimanfaatkan secara unik untuk beberapa situasi sehari-hari.

READ:  8 Cara Alami Mengatasi Sakit Selama Perjalanan

1. Meredakan radang tenggorokan

Selain mengkonsumsi permen anti radang yang berbentuk tablet dan keras, marshmallow ternyata juga dapat membantu meredakan tenggorokan yang sakit.

Tekstur marshmallow yang lembut dan halus, tidak seperti tekstur permen kebanyakan yang keras, serta kandungan gula yang tak sebanyak permen biasa dapat meredakan radang tenggorokan.

Makanlah 2 hingga 3 marshmallow dengan dikunyah dulu dan telan secara perlahan.

2. Mengurangi bengkak ringan pada kulit maupun gusi

Jika kulit maupun gusi anda sedikit bengkak, anda dapat memanfaatkan marshmallow dengan cara ditekan pada bagian bengkak tersebut selama beberapa menit.

Kandungan gula pada marshmallow dapat mengundang bakteri untuk keluar sehingga mengurangi radang maupun bengkak ringan. Hal ini hanya berlaku untuk bengkak atau lebam ringan, tidak untuk urusan medis yang lebih serius.

3. Membantu pedicure

Saat anda ingin melakukan perawatan pada kuku kaki dan kehabisan kapan maupun alat lain untuk diletakkan di sela-sela jari kaki, anda dapat menggunakan marshmallow.

Marshmallow bertekstur kering dan tidak lengket seperti kebanyakan jenis permen lainnya, sehingga terasa benar-benar seperti kapas.

READ:  Aneka Peluang Usaha Mudah Untuk Para Wanita

4. Melancarkan sumbatan gula dalam wadahnya

Jika anda menyimpan gula dalam wadah dengan ujung runcing yang biasanya digunakan secara praktis dalam kopi maupun minuman panas lainnya, terkadang ujung wadah tersebut buntu karena gula yang mengeras maupun menumpuk.

Untuk mengatasinya, anda dapat memasukkan 2 marshmallow ke dalam wadah gula bersamaan dengan gula di dalamnya.

Dengan marshmallow yang ada dalam wadah tersebut, kelembaban wadah berkurang karena diserap oleh marshmallow tersebut dan ujung keluar wadah gula pun tidak mudah tersumbat.

5. Hiasan Kue

Marshmallow dapat digunakan untuk mendekorasi kue. Bentuknya yang lucu dan warnanya yang bervariasi, menghias kuepun jauh lebih mudah.

Hiasan kue dengan marshmallow cocok untuk kue ulang tahun anak maupun jenis kue tart lainnya.

***

Nah, sudah punya ide menggunakan marshmallowUntuk anda yang tak tahan godaan lezatnya, memakan marshmallow langsung memang cara yang paling enak!

(foto: igglesblog.com)