Solusi dan Cara Mengatasi Konflik dengan Pasangan

cara mengatasi konflik dengan pasanganMenjalin suatu hubungan, tentunya bukan hal yang mudah.

Jika Anda masih dalam tahap berpacaran, begitu banyak perbedaan yang harus disatukan.

Bahkan sekalipun Anda sudah menikah, masih ada saja perbedaan yang harus diatasi. Terlebih lagi dalam berkeluarga, banyak perbedaan yang bisa timbul dalam mengelola keuangan, mengurus anak, mengatur keluarga dan sebagainya.

Loading...

Tidak ada pasangan yang bebas dari konflik, bahkan pertengkaran, meskipun kita selalu berkomitmen ingin menciptakan keluarga harmonis.

Ada-ada saja masalah yang menghadang yang membuat kita tidak akur dengan pasangan. Ini bukan sebuah tragedi, semua pasangan mengalaminya. Yang paling penting adalah cara mengatasinya.

Berikut 7 cara mengatasi konflik dengan pasangan:

1. Ambil Nafas Panjang

Ketika suasana sedang memanas, atau saat pasangan sudah mulai berbicara dengan nada tinggi, Anda tak perlu ikut-ikutan.

Jika Anda tidak mampu mengimbanginya dengan suara datar, turunkan emosi dengan mengambil nafas panjang sebanyak tiga kali.

2. Berpikir Jernih dan Logis

Cobalah usut dari mana awalnya konflik berpangkal. Dengan demikian, solusi lebih mungkin ditemukan. Karena bisa jadi, sebab terjadinya konflik hanya karena perbedaan memaknai sesuatu atau salah paham, bukan hal-hal prinsipil.

READ:  Bagaimana Cara Melakukan Cek Payudara?

Kemudian, dua pihak sama-sama ingin menjadi kebenaran satu-satunya. Mungkin Anda juga perlu berpikir dari sisi pasangan Anda.

3. Hindari Menggeneralisir

Jika berbicara dengan pasangan, apalagi saat situasi sedang panas, jangan sekali-sekali mengeneralisir keadaan. Hindari menggunakan kata ‘selalu’ dan ‘tidak pernah’, misalnya: ‘kamu selalu sibuk dengan dirimu sendiri’ atau ‘kamu tidak pernah membantu pekerjaanku’.

Sadarilah, mengumumkan sesuatu adalah tidak benar. Sesedikit apapun, pasti pasangan Anda pernah melakukan sesuatu buat Anda. Jika menggeneralisir, konflik akan menjadi semakin runcing karena pasangan memiliki persepsi yang berbeda dengan Anda.

4. Jangan Mengultimatum saat sedang Marah

Jangan sekali-kali membuat keputusan saat Anda sedang bertengkar, misalnya: ‘kita berpisah saja.’ atau ‘tidak usah pedulikan aku lagi’. Karena keputusan yang dibuat saat sedang marah hanyalah emosi sesaat yang akan disesali pada akhirnya.

5. Berani Meminta Maaf

Ini hal yang sulit, terlebih lagi jika kita memiliki gengsi tinggi. Mintalah maaf jika benar Anda melakukan kesalahan.

Anda tak perlu meminta maaf untuk segala hal, tapi untuk kesalahan yang Anda lakukan. Dalam suatu pertengkaran, dua pihak bisa sama-sama melakukan kesalahan.

READ:  4 Hal yang Anda Perlu Ketahui tentang Bertengkar Sehat Dengan Pasangan

6. Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Ketika bermasalah dengan orang lain, bukan berarti hidup kita hanya berputar-putar di situ saja, sekalipun kita bermasalah dengan pasangan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan pikiran dari masalah dengan pasangan.

Jika Anda adalah pria, Anda bisa fokus pada pekerjaan di kantor. Jika Anda wanita, Anda bisa fokus bekerja, mencoba resep baru dan sebagainya. Tekuni profesi Anda dengan sebaik-baiknya.

7. Perbaiki Kembali

Konflik hadir karena perbedaan yang tidak bisa diselesaikan. Untuk memperbaikinya, dua pihak harus berkompromi yang berarti mencari jalan di mana keinginan kedua belah pihak dilaksanakan.

Setiap orang tak bisa memenuhi segala keinginannya sendiri secara sepenuhnya. Seringkali hanya sebagian keinginan yang terpenuhi dan mengakomodir keinginan yang lainnya.

****

Demikianlah tips cara mengatasi konflik dengan pasangan. Semoga dapat membantu masalah Anda dengan pasangan.

(foto: ciricara.com)