Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Maag

Penyebab Sakit MaagMaag atau gastritis merupakan gangguan lambung akibat dari gesekan dan produksi asam lambung yang berlebihan.

Lambung bergerak meremas makanan. Jika tidak ada makanan yang masuk dalam waktu yang lama, maka lambung akan meremas hingga melukai dirinya sendiri.

Jika Anda adalah penderita maag atau gastritis, Anda harus menjaga diri dengan tidak sembarangan mengonsumsi makanan. Orang yang tidak pernah terkena maag juga bisa saja menderita penyakit ini jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang memicu produksi asam lambung yang tinggi.

Loading...

Berikut jenis-jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan penyakit maag:

1. Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi (soda) merupakan salah minuman yang dapat mengganggu lambung. Minuman ini bersifat asam (pH), meskipun rasanya manis.

Efek karbonasinya juga membuat perut terasa kembung sehingga perut menjadi tidak nyaman. Selain itu, kandungan gulanya yang sangat tinggi dapat memicu penyakit diabetes dan lainnya.

2. Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang dapat menstimulasi asam lambung karena mengandung kafein, kakao, theobromine dan lain-lain. Kandungan lemak di dalam cokelat juga mempengaruhi asam lambung.

READ:  Inilah 12 Makanan Menakjubkan Untuk Meningkatkan Tinggi Badan

3. Alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman yang bersifat asam dan dapat menstimulus naiknya asam lambung.

Selain itu, alkohol melemaskan saluran di bagian bawah esophagus sehingga meningkatkan kadar asam lambung. Alkohol juga memberatkan kerja organ hati (liver).

4. Gorengan

Gorengan tidak hanya makanan berkolesterol tinggi, tetapi juga makanan yang memicu produksi asam lambung karena kadar lemaknya tinggi. Hobi makan gorengan juga menyebabkan timbulnya gangguan berupa rasa nyeri di ulu hati, kegemuka, kolesterol hingga penyakit jantung.

5. Daging Berlemak

Daging tidak hanya mengandung banyak lemak, tetapi juga dapat bertahan lama di dalam perut sehingga memicu asam lambung menjadi lebih banyak.

Terlebih lagi jika Anda makan daging goring, kandungan lemaknya menjadi semakin tinggi. Daging sapi, kambing ataupun domba sebaiknya tidak dikonsum sering. Beralihlah ke pilihan protein lain yang lebih sehat, misalnya telur.

6. Produk Olah Susu Tinggi Lemak

Produk olah susu, seperti keju, mentega dan yoghurt bersifat asam dan mengandung lemak. Penderita maag sebaiknya berhenti mengonsumsi makanan yang terbuat dari susu karena dapat semakin memperparah penyakit maagnya.

READ:  Ini Dampak Buruk di Balik Wi-Fi

7. Kafein

Kopi mengandung kafein kadar tinggi yang memicu produksi asam lambung menjadi lebih banyak. Sebaiknya konsumsi kopi dikurangi, beralihlah ke teh. Atau jika Anda ingin minum kopi, jangan dicampur susu atau gula.

8. Minuman dan Makanan Manis Setelah Makan Besar

Mengonsumi minuman dan makanan yang manis-manis setelah makan nasi dan lauk pauk dapat menghasilkan efek fermentasi di dalam lambung yang memicu peningkatan keasaman lambung.

Sebaiknya, jangan minum atau makan yang manis-manis setelah makan besar (nasi dan lauk). Buah-buahan sebaiknya dimakan sebelum makan besar.

***

Itulah jenis-jenis makanan yang dapat menimbulkan sakit maag. Bagi penderita maag dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

(foto: meetdoctor.com)