6 Cara Cerdas Memanfaatkan Buah Pisang

makan pisangBuah yang satu ini menjadi kegemaran semua orang : ya, pisang!

Buah dengan nama latin Musa paradisiaca ini sangat populer karena mudah didapat, harganya terjangkau dan tentu saja rasanya yang lezat.

Pisang merupakan buah dalam bentuk sisir-sisir yang setiap sisirnya terdiri dari sekitar 15 buah.

Loading...

Jenis dan rasanya pun sangat bervariasi. Dengan teksturnya yang sebagian besar lembut dan nyaris tak berbiji, pisang merupakan buah dengan sumber gizi yang nyaris sempurna.

Pisang memiliki kandungan 6 nutrisi yaitu air, gula, protein, lemak, vitamin dan mineral. Oleh sebab itu, pisang juga menjadi makanan pokok dari banyak orang.

Selain dikonsumsi secara langsung yaitu dimakan atau diminum, pisang juga memiliki manfaat untuk lainnnya untuk persoalan sehari-hari.

Simak informasi dari kami berikut ini tentang tips dan cara cerdas memanfaatkan buah pisang.

1. Memoles sepatu hingga perhiasan perak

Jangan buru-buru membuang kulit pisang. Kulit pisang juga dapat diimanfaatkan untuk membuat sepatu kulit anda nampak bersinar.

Caranya sangat mudah, anda hanya menggosok perlahan bagian dalam kulit pisang pada sepatu kulit anda. Setelah itu, gosok dengan lap kering.

READ:  Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah Cantik dan Kulit Sehat

Cara ini juga dapat anda gunakan pada barang-barang berbahan perak lainnya. Pilihlah pisang dalam kondisi bagus dan tidak terlalu tua untuk mendapatkan kulitnya yang belum busuk atau berwarna terlalu coklat.

2. Merawat tanaman dalam rumah

Jika anda memiliki tanaman yang terletak di dalam rumah, sering kali daunnya mudah berdebu meskipun tanaman tersebut masih sehat.

Untuk menciptakan tampilan daun yang bersih dan sehat, anda dapat menggosok daun tersebut dengan bagian dalam kulit pisang. Ulangi untuk daun-daun yang lain dan lihat hasilnya. Daun tampak bersinar dan lebih terawat.

3. Mengempeskan bisul

Bisul maupun kutil ringan dapat diredakan dengan cua putih maupun krim tertentu. Namun dalam kondisi darurat dan anda tidak memiliki kedua benda tersebut, anda dapat menggunakan pisang.

Haluskan buah pisang dan tempelkan pada bisul maupun kutil ringan tersebut. Kandungan potasium yang tinggi pada pisang dapat berangsur-angsur meredakan bisul maupun kutil ringan.

4. Masker terbaik untuk wajah

Untuk hasil kulit wajah yang bersinar dan jauh dari kering, anda dapat menggunakan pisang sebagai bahan alami perawatan wajah anda.

READ:  6 Tips dan Ide Snacking yang Menyehatkan

Pisang dapat melembabkan dan juga menenangkan kulit wajah, menjadikannya lembut dan bersih.

Berikut langkah-langkah pembuatannya yang dapat anda coba.

Bahan-bahan :

  • dua sendok makan minyak almond
  • satu buah pisang
  • satu kuning telur

Caranya :

  • lembutkan pisang dalam mangkuk menggunakan garpu. Pastikan pisang benar-benar lembut dan tidak terdapat biji maupun tekstur yang padat dan kasar.
  • campurkan dengan kuning telur dan almond oil dan aduk rata
  • cuci wajah anda hingga bersih dan keringkan
  • aplikasikan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 20 menit
  • bilas dan keringkan

5. Memutihkan gigi

Gosok bagian dalam kulit pisang pada gigi anda selama 2-3 menit dan ulangi 2 hingga 3 kali seminggu. Setelah beberapa minggu, gigi anda akan nampak lebih putih dan bersinar!

6. Mengatasi lalat dan serangga buah

Kesal dengan lalat maupun serangga buah yang sering mengganggu hindangan anda? Anda dapat memanfaatkan pisang dengan memotongnya kecil-kecil dan memasukkannya pada gelas plastik maupun kaca dan menutupnya dengan plastik yang diberi beberapa  lubang kecil.

READ:  Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Pisang akan menarik lalat maupun serangga buah dan ketika sudah masuk ke dalam gelas, serangga-serangga ini kan sulit untuk keluar lagi.

***

Manfaatkan pisang secara maksimal karena kegunaannya yang tak pernah habis!

(foto: dailydelights.sheknows.com)