8 Manfaat Unik Shampo yang Wajib Anda Coba

manfaat shampoShampo tentu saja dikenal sebagai cairan untuk mencuci rambut.

Penggunaan shampo pun dapat dikatakan hanya berkutat pada urusan rambut saja.

Shampo sendiri merupakan cairan yang dapat meningkatkan tegangan pada permukaan kulit kepala yang dapat membersihkan kotoran dan mengangkat minyak berlebih, sehingga membuat kulit kepala segar dan rambut bersih.

Loading...

Secara ilmiah, cairan pembersih rambut ini memiliki kandungan surfaktan dalam bentuk yang cocok untuk menghilangkan kotoran dan lemak.

Di balik kegunaannya untuk membuat rambut kita terawat dan indah, shampo juga memiliki manfaat unik yang mengejutkan.

Mau tahu? simak manfaat unik shampoo dari kami berikut ini:

1. Pembersih make-up

Tahukan anda jika shampo juga dapat digunakan untuk membersihkan riasan membandel pada wajah? Hal ini tentunya dapat membantu jika anda sedang kehabisan pembersih riasan mata maupun riasa lainnya pada wajah.

Caranya cukup mudah. Basahi kapas dengan air dan tuangkan sedikit shampo hingga kapas menjadi sedikit berbusa.

Gosokkan perlahan pada riasan dan dengan mudah riasan anda akan bersih. Bilas wajah anda dengan air dan cuci dengan sabun wajah favorit untuk menghilangkan sisa shampo.

READ:  5 Tips Mudik Asyik Bersama si Kecil

2. Pembersih kuku kotor

Kuku yang kotor tentu sangat mengganggu penampilan. Terkadang tanpa kita sadari, kuku kita kotor di bagian dalamnya dan terlihat tak cantik. Anda dapat menuangkan sedikit shampo pada ujung jari dan kemudian gosok jari-jari anda hingga shampo berbusa.

Cairan pada shampo akan dengan cepat membersihkan kotorang yang terdapat pada dalam maupun sela-sela kuku. Hasilnya, kuku anda tampat bercahaya dan bersih.

3. Krim pencukur yang lembut

Saat ingin mencukur bulu di tubuh anda, tidak hanya krim saja yang dapat digunakan. Shampo maupun kondisionernya sangat membantu anda mencukur dengan hasil yang lembut dan tidak menyakitkan.

Anda dapat menggunakan shampo saja maupun mencampurnya dengan kondisioner. Busakan dan oleskan pada kaki misalnya dan cukur bulu-bulu tersebut. Cara ini cukup ampuh menghindari proses mencukur yang kasar dan sakit.

4. Pelumas resleting

Resleting anda tiba-tiba macet? Anda dapat mengaplikasikan shampo ada resleting tersebut dan membiarkanya sesaat, kemudian cobalah lagi menggunakan resleting.

Jika perlu, anda dapat juga menggunakan kondisioner. Niscaya resleting tidak akan macet lagi.

READ:  5 Tips dan Cara Menangani Anak Penderita Sindrom Autisme

5. Cairan pencuci mobil

Anda dapat menggunakan shampo bayi untuk mencuci mobil. Shampo bayi akan dengan mudah membersihkan kotoran yang menempel tanpa merusak cat mobil anda.

Hal ini juga berlaku untuk kendaraan bermotor lainnya.

6. Pencuci pakaian berbahan istimewa

Beberapa pakaian dengan bahan spesial seperti wol berkualitas tinggi dapat rusak jika dicuci dengan deterjen biasa. Untuk menghindari kerusakan pada kain, anda dapat mencucinya dengan menggunakan shampo bayi.

Dalam proses pencucian, hindari mengucek pakaian dengan kasar. Gosok dengan lembut dan bilas tanpa diperas.

7. Menciptakan mandi busa

Mandi busa atau disebut dengan bubble bath tidak harus menggunakan sabun khusus pembuat busa.

Cara praktisnya, anda dapat menggunakan shampo dengan menuangkannya dalam bathub dan nikmati sensai mandi busa! Hal ini sangat menyenangkan untuk anak-anak yang ingin mandi busa.

8. Mengatasi toilet macet

Jika toilet anda tersumbat, anda dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan shampo.

Tuangkan shampo secukupnya ke dalam toilet dan tunggu beberapa saat. Siram toilet dan cara ini dipercaya cukup ampuh untuk digunakan pada toilet yang tersumbat.

READ:  Tips dan Cara Membuat Shampo Sendiri

 (foto: surviving-hairloss.com)