Ini dia 6 Manfaat Sehat dari Tahu

manfaat tahuSalah satu bahan makanan yang dapat dikatakan sebagai ciri khas dari masakan Asia Tenggara dan masakan Asia Timur ini dikenal dengan nama tofu atau tahu ini, ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tofu atau tahu juga diketahui sebagai salah satu bahan dasar dari pembuatan susu kedelai. Tahu dapat dijadikan sebagai cemilan ataupun pelengkap makan siang Anda.

Di samping rasanya yang enak, tahu ternyata menyimpan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Mau tahu manfaat apa saja yang akan Anda peroleh dari tahu?

Loading...

Berikut kami bagikan informasi mengenai manfaat tahu untuk Anda.

1. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Jika Anda mencari bahan makanan diet sehat, maka tahu dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Di samping membantu mengendalikana berat badan, tahu juga efektif menurunkan kolesterol jahat dan menggantinya dengan memberikan tubuh energi dan nutrisi penting.

Tidak hanya itu, tahu juga melindungi pembuluh darah terhadap efek berbahaya dari kolesterol dengan mengurangi tingkat oksidasi LDL-kolesterol.

2. Baik untuk Wanita yang Mengalami Menopause

Kandungan kedelai yang merupakan bahan utama pembuatan tahu terdapat isoflavon yang dapat meniru estrogen sehingga akan sangat membantu selama tahap pra-menopause di mana tubuh cenderung mengalami ketidakseimbangan hormon estrogen.

READ:  Manfaat Tahu dan Variasi Penyajiannya

Isoflavon juga membantu para wanita untuk merasakan hot flashes selama menopause. Selain itu, berkat kandungan kalsium yang tinggi dalam tahu,secara tidak langsung bantu dalam meminimalkan risiko risiko kerapuhan tulang selama masa menopouse.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Tofu atau tahu dikenal memiliki kandungan isoflavon dari kedelai yang juga membantu dalam mengurangi risiko kanker prostat dan kanker lainnya seperti payudara.

Selain itu, adanya selenium pada tahu dapat dijadikan sebagai suplai mineral untuk tubuh yang menjamin fungsi ideal dari sistem tubuh sebagai antioksidan dan melindungi Anda dari kanker usus besar.

4. Baik untuk Kulit

Tahu membantu menjaga elastisitas kulit sehingga akan membantu dalam menunda proses penuaan. Selain itu manfaat lain tahu untuk kulit yaitu dapat mengencangkan otot-otot Anda yang kendur karena usia. Kandungan mineral, vitamin, dan protein pada tahu menjadi bagian besar untuk nutrisi kulit.

Kulit Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari masker tahu yang dapat dibuat dengan cara menghancurkan tahu hingga menjadi pasta dan menerapkannya pada wajah Anda.

READ:  Inilah Buah Terbaik Penurun Berat Badan

5. Membuat Darah Anda Sehat

Karena tahu kaya akan zat besi dan kadar tembaga, itulah mengapa tahu dapat membantu dalam membuat darah Anda menjadi lebih sehat. Sedangkan besi merupakan bagian utama dari hemoglobin yang membantu dalam produksi energi dan pelepasan oksigen di dalam tubuh.

Namun, hemoglobin tidak dapat dibuat tanpa tembaga dan karena tahu memiliki kandungan yang kaya zat besi dan tembaga, sehingga dapat membantu dalam mendistribusi oksigen dalam tubuh dan membuat Anda merasa lebih energik dan sehat.

6. Membantu Pertumbuhan Rambut

Keratin adalah jenis protein yang diperlukan oleh rambut Anda. Karena tahu sangat kaya akan protein, hal ini yang membuatnya sangat membantu dalam pertumbuhan rambut sehingga membuatnya menjadi lebih sehat.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang dengan menggunakan produk rambut atau ke salon untuk pertumbuhan dan pemeliharaan. Anda hanya perlu mengkonsumsi tahu untuk mendapatkan rambut yang sehat.

**

Demikianlah 6 manfaat kesehatan dari mengkonsumsi tahu secara rutin. Ada banyak macam olahan tahu yang dapat Anda coba. Kombinasikan tahu dengan jenis makanan lainnya untuk mendapatkan nutrisi tubuh yang lengkap. Semoga bermanfaat.

READ:  6 Makanan Paling Berisiko Terkontaminasi Bakteri

(foto: taste.com.au)