Menyibak Manfaat di Balik Nikmatnya Buah Kiwi

manfaat buah kiwiHmmm! buah yang satu ini terkenal akan kelezatannya yang menyegarkan.

Warnanya yang hijau cantik dan bentuknya yang unik menjadi buah favorit banyak orang.

Selain bentuk dan rasanya yang menarik, kiwi juga mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan lemaknya yang rendah juga membuat kiwi dapat dikonsumsi pada orang yang menjalani diet rendah kalori.

Loading...

Masih adakah ulasan menarik lainnya tentang manfaat kesehatan buah kiwi? Berikut kami rangkum untuk anda.

1. Kiwi memiliki nutrisi paling tinggi

Kandungan nutrisi pada kiwi diketahui lebih lengkap dibandingkan dengan buah lainnya. Itu artinya, dengan mengkonsumsi kiwi, anda sudah mendapatkan lebih banyak vitamin dan mineral.

2. Kiwi memiliki kandungan vitamin C tinggi

Saat kita mengenal jeruk sebagai buah yang mengandung vitamin C, kiwi pun juga mengandung vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh ini. Faktanya, kandungan vitamin C pada kiwi  justru lebih banyak ditemukan daripada jeruk.

3. Mengandung vitamin lain lebih banyak dibanding buah lainnya

Kiwi juga diketahui memiliki kandungan beberapa jenis vitamin yang kurang bahkan tidak terdapat pada buah lainnya, seperti :

  • Vitamin E
READ:  Bagaimana Memilih Makanan Tepat Saat Hamil

Tidak banyak buah maupun makanan yang menjadi sumber baik vitamin E. Namun tidak pada buah kiwi, karena kiwi mengandung banyak vitamin E yang sudah dikenal baik untuk jantung dan juga antioksidan.

  • Asam Folat

Ibu yang sedang mengandung sebaiknya rajin mengkonsumsi kiwi karena kandungan asam folatnya yang alami.

Asam folat sendiri dikenal untuk mencegah gangguan pada janin dan juga baik bagi perkembangan otak si bayi dalam masa kandungan.

  • Potasium

Buah kiwi memiliki kandungan potasium yang setara dengan buah pisang, namun hanya setengah kalori dari buah tersebut.

Hal ini membuat kiwi menjadi buah yang sempurna untuk kesehatan jantung dan menjaga keseimbangan tekanan darah.

4. Sumber antioksidan terbaik

Dengan rajin memakan buah kiwi, anda akan terhindar dari pengaruh radikal bebas dan stress. Selain itu, dengan menggunakan kiwi sebagai bahan alami perawatan wajah, anda akan memiliki kulit yang bercahaya dan awet muda.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah kiwi yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral baik dikonsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Kiwi juga dapat dikonsumsi pada masa sakit untuk mempercepat proses penyembuhan.

READ:  Manfaat Kesehatan Buah Kiwi

6. Mengurangi stress

Kandungan sehat dalam buah kiwi dikenal dapat membantu mengurani stress.

7. Memiliki kadar magnesium tertinggi

Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa dari 27 jenis buah yang sering dikonsumsi warganya, buah kiwilah yang memiliki kadar magnesium tertinggi.

Kekurangan magnesium berlebih dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung, infark miokard dan hipertensi.

***

Buah kiwi paling mudah dimakan langsung dengan cara membelahnya menjadi dua dan menggunakan sendok untuk mengambil buahnya. Di beberapa negara, orang malah mengonsumsi buah kiwi bersama dengan kulitnya yang juga kaya akan kandungan baik untuk kesehatan.

Bagi anda yang ingin menikmati kiwi dengan cara yang kreatif, anda dapat menjadikannya sebagai jus, selai, menambahkannya di dalam sajian puding, es krim hingga salad.

Kiwi juga sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak sebagai pelengkap nutrisi mereka. Jadi, pastikan kiwi ada dalam menu sehat anda setiap hari.

(foto: pjtv.co.id)