7 Cara Bijak dan Ampuh Melampiaskan Amarah

melampiaskan amarahSiapa yang sama sekali tak pernah marah? Sebagai seorang manusia, seseorang tentu pernah dibuat kesal dan menjadi marah.

Emosi yang tinggi ini dapat terjadi karena berbagai faktor mulai dari kesehatan yang terganggu, masalah dengan orang lain hingga banyaknya kewajiban yang terkadang tak sanggup dilakukan.

Berbicara tentang marah memang tak ada habisnya. Selain penyebabnya yang dapat terjadi karena banyak hal, amarah juga dapat disebabkan alami oleh watak seseorang.

Loading...

Marah tentu saja lumrah sebagai pelampiasan rasa kesal maupun tidak puas, namun marah menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan.

Marah terbagi dalam dua jenis, yaitu marah yang terpendam dan marah yang terungkap.

  • Sebagian orang memilih diam saat marah dan lebih memilih untuk memendam amarah dari pada menyalurkannya.
  • Sebagian lainnya dengan spontan mudah mengungkapkan rasa amarah dengan berbicara keras hingga melakukan aktivitas fisik yang membahayakan.

Kedua jenis marah ini sama-sama berbahaya. Menurut sebuah penelitian di Amerika, marah dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan kanker hingga penyakit jantung kronis.

READ:  Mengenal Pengobatan Ayurveda

Adakah cara untuk mengendalikan dan melampiaskan rasa amarah melalui hal-hal yang positif? Simak tips dan cara dari kami berikut.

1. Mengatur nafas

Saat emosi anda meluap, cobalah sejenak untuk menarik nafas panjang dan menghembuskannya perlahan. Cara ini dapat membuat pikiran anda lebih tenang dan mengendurkan otot-otot yang tegang.

2. Curhat

Jika sedang dilanda masalah, bicarakan hal tersebut dengan orang  yang anda percaya.

Luapan emosi karena beberapa masalah tertentu mungkin saja dapat dibicarakan dan dilihat dari sisi pandang lain. Komunikasikan dengan baik dengan kerabat, pasangan maupun keluarga anda.

3. Hobi

Anda tentu memiliki aktivitas favorit tertentu. Saat sedang gelisah maupun dirundung amarah, anda dapat meampiaskannya dengan melakukan hobi atau kegemaran anda.

Hal ini dapat menghindari pikiran anda terpusat pada rasa amarah.

4. Menggambar

Jika anda memendam kekesalan maupun amarah yang tak tersalurkan, anda dapat mencoba cara yang satu ini.

Siapkan karton putih dan beberapa pensil warna atau alat tulis lainnya. Coretkan pada kertas karton tersebut berulang ulang sambil memikirkan alasan mengapa anda kesal.

READ:  Benarkah Lebih Baik Teh dibandingkan Kopi?

Terkadang cara ini membuat orang menggambar dengan cepat dan penuh emosi sehingga dapat menyalurkan rasa amarah yang terpendam.

5. Berolahraga

Berolahraga dinilai cukup ampuh untuk mengendalikan amarah. Pilih jenis olahraga yang sesuai kegemaran anda seperti berlari, berenang dan lain sebagainya.

Dengan berolah raga, aliran darah dalam tubuh menjadi lancar dan menimbulkan rasa rileks setelahnya.

6. Memukul bantal

Kesal dengan seseorang? Menggunakan kekuatan fisik untuk melampiaskan kemarahan bukanlah hal yang baik karena dapat menimbulkan masalah baru lainnya yang lebih buruk.

Siapkan bantal dan pukul sepuasnya. Bayangkan dan keluarkan segala uneg-uneg anda pada bantal tersebut. Anda pun dapat merasa lebih rileks setelahnya.

7. Lihat cermin

Letakkan cermin di hadapan anda dan tatap cermin itu dengan membayangkan hal-hal yang membuat anda marah. Anda akan melihat mimik wajah anda ketika marah dan akan menyadari betapa amarah merubah wajah anda yang biasanya terlihat ceria.

Gerakkan wajah anda seperti anak kecil dan anda akan tertawa dengan gerakan wajah lucu yang anda buat.

READ:  Kenali Manfaat dan Resiko Konsumsi Pil Diet

***

Demikianlah 7 tips dan cara melampiaskan amarah secara sehat. Karena amarah memberi pengaruh buruk bagi kesehatan anda, cobalah untuk mengendalikan amarah lebih baik dan tetaplah berpikir positif.

 (foto: beirutnightlife.com)