Inilah Keuntungan ASI untuk Ibu dan Bayi

Inilah Keuntungan ASI untuk Ibu dan BayiApakah Anda tahu bahwa menyusui rupanya memiliki begitu banyak manfaat kesehatan dalam berbagai bentuk dan cara untuk bayi serta untuk sang ibu.

Ketika seorang ibu menyusui anaknya, dia memberikan banyak manfaat kepada bayinya dan bahkan untuk dirinya sendiri.

Para ahli mengatakan bahwa seorang ibu harus menyusui bayi mereka terutama untuk enam bulan pertama.

Loading...

Susu ibu merupakan sumber gizi yang unik yang tidak dapat secara memadai digantikan oleh makanan lain. Ada beberapa ibu yang khawatir tentang polutan yang dapat terakumulasi dalam ASI, namun akan lebih aman untuk memberi asupan ASI dibanding susu formula kepada bayi.

Bayi baru lahir adalah makhluk yang rapuh dan rentan terhadap semua jenis penyakit. Alasannya adalah bahwa tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang.

Bayi yang baru lahir harus diperlakukan dengan perawatan khusus dan diberi makanan yang memadai, salah satu cara terbaik adalah dengan melalui pemberian ASI. Air susu ibu menyediakan nutrisi yang ideal untuk bayi karena memiliki perpaduan yang sempurna dari vitamin, protein, dan lemak.

Menyusui adalah suatu berkah yang indah bagi Anda dan bayi Anda. Karena ada begitu banyak alasan mengapa menyusui baik untuk Anda dan bayi Anda.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan menyusui Ibu dan si bayi:

Mencegah Infeksi

Karena sifat anti-infeksi yang dikandung dalam Air susu ibu, bayi baru lahir yang diberikan asupan ASI cenderung akan terhindar dari terjadinya infeksi telinga.

Membantu Pencernaan

Menyusui bayi dengan ASI akan membuat si bayi tidak mudah terkena sembelit. Hal ini disebabkan karena air susu ibu lebih mudah untuk dicerna si kecil.

Meningkatkan Kecerdasan

Intelligence Quotient (IQ) seorang anak yang diberikan ASI relatif lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak diberikan ASI.

Mencegah Masalah Gigi

Anak-anak yang diberi ASI sejak lahir, cenderung tidak membutuhkan perawatan ortodonti, seperti kawat gigi. Alasannya adalah bahwa tindakan mengisap saat menyusui sangat membantu si kecil untuk mendapatkan deretan gigi yang rapi.

Menyehatkan

Air susu ibu terdiri dari protein, lemak, vitamin, mineral dan gula yang dibutuhkan untuk si kecil pada berbagai tahap pertumbuhannya.

Menormalkan Bentuk Rahim

Ukuran rahim seorang ibu yang menyusui bayinya akan menyusut lebih cepat ketika ia memberikan ASI bagi si kecil.

Menurunkan Berat Badan

Menyusui adalah salah satu cara dimana Anda dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Ibu yang sedang menyusui membakar banyak kalori dalam tubuh. Dikatakan bahwa dibutuhkan sekitar 20 kalori untuk menghasilkan satu ons susu.

Mengurangi Kemungkinan Kanker

Menyusui bayi Anda merupakan suatu kegiatan yang sangat baik karena dianggap mampu mengurangi kemungkinan Anda terserang kanker serviks dan Osteoporosis.

Meningkatkan Ikatan Ibu dan Anak

Ketika Anda memberikan ASI kepada bayi Anda, ikatan hubungan Anda akan menjadi lebih kuat.

**

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan saat menyusui, sudah sangat jelas bahwa ASI merupakan pilihan terbaik yang harus Anda berikan kepada bayi Anda, terutama saat bayi berumur enam bulan pertama. Jadi jangan ragu untuk memberikan ASI kepada bayi Anda.

(foto: thedailygreen.com)