13 Manfaat Mengejutkan Bawang Putih

manfaat bawang putihBawang putih merupakan tanaman herbal yang dikenal sebagai penyedap makanan.

Tapi selama bertahun-tahun, bawang putih telah digunakan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit dan kondisi.

Bawang putih digunakan untuk banyak kondisi yang berhubungan dengan jantung dan sistem darah. Namun ternyata tidak hanya itu saja.

Loading...

Berikut adalah 13 manfaat mengejutkan dari bawang putih, dilansir dari Reader’s Digest:

Bawang putih menumbuhkan rambut indah

Bawang putih bisa mengatasi masalah rambut rontok karena kadar allicin-nya yang tinggi, senyawa mirip belerang dalam bawang, yang ditemukan efektif mengobati rambut rontok.

Gosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala Anda, remas untuk mendapatkan manfaat paling banyak. Anda juga dapat mencampurkan minyak dengan bawang putih dan pijat ke kulit kepala Anda.

Bawang putih membersihkan jerawat

Bawang putih mungkin bukan bahan utama dalam obat jerawat di toko obat langganan Anda, tetapi bawang putih merupakan obat alami yang baik untuk menghilangkan noda yang tak sedap dipandang.

Antioksidannya membunuh bakteri, sehingga menggosok irisan satu siung bawang putih pada jerawat dapat menjadi pengobatan tropikal yang efektif.

Bawang putih mencegah dan mengobati pilek

Dikemas dengan antioksidan, sistem kekebalan tubuh Anda bisa mendapatkan keuntungan jika Anda memberikan dorongan konstan bawang putih yang kuat dalam resep sehari-hari.

READ:  6 Cara Menghilangkan Permen Karet Di Rambut

Jika pilek menyelinap, cobalah seruput teh bawang putih: celupkan bawang putih cincang ke dalam air panas selama beberapa menit, lalu saring dan minum. Anda dapat menambahkan sedikit madu atau jahe untuk menambah rasa.

Atasi psoriasis dengan bawang putih

Karena bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang telah terbukti, ia bisa berguna dalam mengurangi terjangkitnya psoriasis yang tidak nyaman. Coba olesi sedikit minyak bawang putih di daerah yang terkena untuk kulit halus bebas ruam.

Mengontrol berat badan dengan bawang putih

Bawang putih dapat membantu Anda mengendalikan berat badan, demikian menurut ahli gizi Cynthia Sass, yang mengutip sebuah studi yang menunjukkan penurunan berat badan dan penyimpanan lemak pada tikus yang diberi makanan kaya bawang putih.

Cobalah untuk memasak dengan bawang putih setiap hari untuk makanan lezat dan ramah bagi pinggang.

Hilangkan repihan dengan bawang putih

Menempatkan irisan bawang putih dan menutupinya dengan pita perban telah menjadi obat tradisional selama bertahun-tahun.

Mengobati kaki atlet dengan bawang putih

Dengan sifat anti-jamurnya, bawang putih bisa menjadi cara yang baik untuk menyingkirkan gatal akibat kaki atlet. Rendam kaki Anda dalam bak air hangat dan bawang putih yang telah ditumbuk.

READ:  9 Faktor yang Mengacaukan Hormon

Jauhkan nyamuk dengan bawang putih

Para ilmuwan tidak yakin mengapa, tapi nyamuk tampaknya tidak suka pada bawang putih. Satu studi di India menemukan bahwa orang yang menggosok ramuan bawang putih di lengan dan kaki mereka tidak terganggu oleh nyamuk.

Buatlah larutan dari minyak bawang putih, petroleum jelly, dan lilin lebah untuk penolak nyamuk alami atau tempatkan beberapa siung bawang putih di sekitar ruangan.

Mengatasi cold sore dengan bawang putih

Atasi cold sore (lepuhan meradang di atau dekat mulut, yang disebabkan oleh infeksi dengan virus herpes simpleks) dengan obat rumahan menggunakan bawang putih.

Olesi sedikit bawang putih yang telah ditumbuk, sifat anti-inflamasi alaminya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Suplemen bawang putih juga dapat mempercepat proses penyembuhan, menurut Ecosalon.com.

Bawang putih bekerja sebagai perekat alami

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana lengketnya jari Anda setelah memotong bawang putih?

Karena kualitas perekat alami dari bawang putih sehingga beberapa orang menggunakannya untuk memperbaiki retak kecil di kaca. Tumbuk beberapa siung dan gosokkan pada retakan, lalu seka kelebihannya.

READ:  Terapi Endokrin untuk Kanker Payudara

Menghilangkan es di jalan raya dengan bawang putih

Sebuah kota di Iowa menggunakan garam bawang putih yang disumbangkan untuk menghilangkan es dari jalan raya.

Melindungi tanaman dengan bawang putih

Hama tanaman tidak suka bawang putih, jadi gunakan untuk membuat pestisida alami. Gunakan bawang putih, minyak mineral, air, dan sabun cair. Tuang ke dalam botol semprot dan semprotkan ke tanaman Anda untuk mengusir makhluk destruktif.

Menangkap lebih banyak ikan dengan bawang putih

Ikan sangat tertarik dengan aroma bawang putih. Itulah sebabnya Anda dapat membeli umpan dengan baunya, atau buat sendiri dengan menggunakan sisa makanan Anda dan, tentu saja, beberapa siung bawang putih.

(foto: dishbydish.net)