Pembersih Alami untuk Dapur yang Cemerlang

dapur bersihKetika berbicara tentang kebersihan, dapur adalah salah satu bagian dari rumah yang paling selalu berantakan dan kotor.

Berbagai noda minyak, dan lain sebagainya akan dengan mudah menempel di dinding dapur Anda. Belum lagi seringnya muncul bau dari makanan yang telah basi.

Entah itu microwave ataupun rak piring, Anda perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk membersihkan dapur dibandingkan dengan bagian rumah lainnya.

Loading...

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan dapur setiap hari. Berbagai macam peralatan seperti kompor, microwave, kulkas, dan lain sebagainya merupakan alat-alat yang harus Anda bersihkan setiap hari.

Untuk membersihkan dapur, Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan berbahaya yang mengandung bahan kimia. Karena Anda bisa dengan mudah mendapatkan bahan alami di pasar.

Untuk menjaga agar dapur Anda tetap bersih dan bebas bau, Anda perlu mengikuti beberapa trik pembersihan yang cerdas dengan menggunakan beberapa bahan pembersih alami buatan sendiri yang efektif dalam membersihkan dapur.

Berikut ini adalah beberapa trik cerdas membersihkan dapur dengan bahan alami yang dapat Anda coba di dapur Anda:

READ:  5 Tips Perawatan Kulit Untuk Ibu Hamil

Cuka Putih

Menghilangkan minyak pada piring dan peralatan dapur lainnya merupakan salah satu masalah umum yang dialami para wanita.

Namun ada cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan noda berminyak, yaitu dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda telur dan bawang putih dari piring Anda.

Cairan Lemon

Lemon sangat efektif untuk menghapus noda berminyak dari lempengan dapur di rumah Anda.

Anda bisa menyemprotkan beberapa tetes cairan lemon pada tempat yang memiliki noda. Lemon juga dapat Anda digunakan untuk mencuci pot teh dan peralatan yang berbau.

Baking Soda

Untuk menghilangkan bau wastafel dapur, Anda dapat memberikan taburan baking soda guna menghilangkan bau tersebut.

Air Panas

Untuk membersihkan pipa dapur yang tersumbat, siramlah air panas langsung ke wastafel. Anda juga dapat menaburi baking powder dan diamkan semalaman. Sebaiknya siramkan air panas setiap pagi untuk membersihkan pipa dapur Anda.

Garam

Untuk menghilangkan karat dari peralatan aluminium Anda, gosok peralatan tersebut dengan menggunakan garam dan cuka putih.

READ:  2 Cara Menghilangkan Noda Gosong Pada Peralatan Dapur

Cotton Bud

Cotton bud atau yang biasa digunakan untuk membersihkan telinga rupanya juga bisa digunakan untuk membersihkan sudut-sudut kompor di dapur Anda. Bersihkan bagian kecil yang sulit Anda jangkau dengan cotton bud basah.

Jeruk Bali

Buah jeruk bali dapat digunakan untuk membersihkan banyak hal dalam dapur Anda. Segala peralatan berminyak bahkan lantai bernoda dapat dibersihkan dengan jeruk ini.

Kulit Lemon

Anda dapat menyimpan kulit lemon yang telah mengering untuk menghilangkan kelembaban dan bau basah pada dapur Anda. Kulit lemon juga dapat digunakan untuk membersihkan talenan.

Kulit Telur

Kecoa biasanya ditemukan di setiap lemari dapur. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menyimpan kulit telur untuk menyingkirkan mereka. Bau kulit telur akan membuat kecoak tidak betah.

Tissu Basah

Bahan lain yang dapat digunakan untuk membersihkan dapur adalah tissu basah. Bahan ini dapat digunakan untuk membersihkan bagian dapur dan kompor yang kotor.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel ini dapat dicampur dengan air untuk membersihkan kulkas agar tetap bersih dan terhindar dari bau tak menyenangkan.

READ:  5 Tips Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Dapur

Rendamlah sebuah tissu, kapas atau handuk pada cuka ini kemudian sapukan pada noda berminyak di dinding dan jendela dapur Anda.

Asam Jawa

Peralatan aluminium akan menghitam jika terkena uap air atau panas. Anda dapat membersihkan peralatan tersebut dengan campuran asam dan garam.

Kentang

Untuk membersihkan kaca, Anda dapat menggunakan irisan kentang mentah. Ini mampu untuk menghilangkan bau kuat seperti bawang merah, bawang putih, telur, susu dan alkohol.

**

Dengan mengetahui berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan dapur Anda, tidak ada alasan lagi untuk tidak memiliki dapur yang bersih dan bebas bau.

(foto: babble.com)