Tips Mengatasi Penyakit Maag

sakit-maagJika Anda mengalami salah satu gejala penyakit maag, maka jangan mengabaikan gejala tersebut. Maag harus diobati sehingga sedapat mungkin tidak kambuh kembali.

Secara umum, mengobati maag bisa dilakukan dengan mencoba gaya hidup sehat dan menghindari makanan yang dapat merangsang produksi asam lambung berlebih. Ada pula tips-tips sederhana yang bisa dilakukan.

Berikut beberapa tips mengatasi sakit maag yang bisa Anda coba di rumah:

Loading...

1. Sarapan pagi dengan air jeruk nipis hangat dan buah

Mungkin sulit mempercayai jeruk nipis justru membantu mengobati luka lambung. Tapi memang demikian adanya.

Peraslah satu buah jeruk nipis dan campurkan dengan air hangat. Minum air jeruk nipis hangat tersebut pada pagi hari, lalu minum jus buah-buahan pure (tanpa gula dan susus). Anda bisa mencoba apel atau kurman sebagai bahan jus. Buah akan membuat tubuh cepat merasa lapar kembali.

Olehnya, Anda harus memakan buah dua atau tiga porsi pada pagi hari. Jeruk nipis akan membuka pembuluh darah, sementara buah akan membuat perut merasa lebih nyaman serta menjadi sumber energi yang mengawali hari Anda.

READ:  Definisi Sirosis

2. Jus Wortel

Jus wortel yang rasa manis membuat lambung menjadi lebih nyaman. Juga menutrisi mata dan otak Anda. Jika kepala terasa sakit atau berat, minum jus wortel mengembalikan kesegaran dan fokus mata.

3. Jus Kubis atau Kol

Kubis atau kol yang dimasak (direbus maupun digoreng) menghasilkan gas yang dapat merangsang produksi asam lambung semakin banyak. Namun, dalam keadaan mentah, kol justru menyembuhkan asam lambung.

Sejumlah penelitian menyebutkan meminum jus kol satu gelas per hari selama 10 hari berturut-turut dapat menyembuhkan maag.

4. Jus Kentang

Hasil penelitian ilmuwan dari Manchester University mengungkapkan kentang mengandung molekul anti-bakteri unik yang dapat mengobati stomach ulcers atau tukak lambung.

Hasil efektif untuk pengobatan maag didapat dengan cara meminum jus kentang. Selain itu, kentang juga lezat dimakan setelah direbus. Tidak disarankan kentang goring, karena hasilnya kurang efektif.

Cobalah minum jus kentang ketika Anda merasa gejala maag menyerang. Hasilnya bisa terlihat seketika: nyeri lambung, mual dan sakit kepala berkurang.

READ:  9 Cara Mencegah Asam Lambung Demi Menghindari Refluks

5. Kunyit

Kunyit memiliki sifat menyembuhkan luka. Suatu studi menyebutkan, 88% penderita maag yang menerima pil kunyit mengalami perbaikan dan satu kasus tersembuhkan. Tentunya, hasil efektif bisa diperoleh dengan kunyit alami.

Sediakan 2 kunyit seukuran jari yang sudah dikupas dan dibersihkan. Parut dan tambahkan air matang. Peras dan saring. Lalu diamkan dan ambil airnya. Minum 2 kali sehari sebelum makan dan malam sebelum tidur.

6. Lidah biaya

Aloenin dan magnesium laktat yang terkandung dalam daun lidah biaya dapat menghambat sekresi asam lambung. Ambil gel segar dari satu lembar daun lidah biaya, lalu minum.

Minum dua kali sehari. Anda bisa menambahkan madu agar lebih enak. Ibu hamil tidak dibolehkan meminum ramuan ini.

4. Kemangi hutan

Kemangi hitam berupa perdu yang bercabang banyak, hidup di hampir seluruh wilayah dataran rendah Indonesia. Dianjurkan kepada para penderita maag untuk mengonsumsi daun segar kemangi sebagai lalapan setiap hari.

5. Kencur

Kencur seukuran jari dicuci bersih dan dikupas. Kunyah dengan garam. Setelah halus di dalam mulut, telan dan minumlah air hangat. Lakukan hal ini tiga kali sehari.

READ:  7 Gerakan Tubuh Yang Mendukung Aktivitas Seharian

***

Itulah tips untuk mengatasi penyakit maag. Semoga bermanfaat untuk membantu Anda agar tetap sehat dan bugar.

Foto: