16 Manfaat Super Ketimun bagi Kesehatan Tubuh

manfaat mentimunPilih beberapa ketimun hijau gelap dan masukkan ke dalam keranjang belanja Anda.

Selamat! Anda baru saja membeli buah yang memiliki manfaat kesehatan melimpah!

Buah ketimun yang juga dikenal dengan nama mentimun, termasuk dalam suku labu-labuan dan merupakan buah yang populer. Ternyata, buah ini merupakan buah super yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

Loading...

Manfaat Kesehatan Mentimun

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari ketimun, dilansir dari Care2.com:

– Membuat Anda tetap terhidrasi. Jika Anda terlalu sibuk untuk minum cukup air, makanlah ketimun dingin, yang tersusun atas 96 persen air. Mengonsumsi ketimun akan mengimbangi kebutuhan air Anda!

– Melawan panas, baik di dalam dan luar. Makanlah ketimun, dan tubuh Anda akan merasa lega dari heartburn (bentuk gangguan pencernaan, dirasakan sebagai sensasi terbakar di dada, disebabkan oleh asam regurgitasi ke kerongkongan). Terapkan mentimun pada kulit, yang akan meringankan peradangan atau kulit yang memerah akibat sengatan matahari.

– Mengeluarkan racun. Kandungan air dalam ketimun bertindak sebagai pembersih virtual, menyapu produk limbah dari sistem anda. Dengan penggunaan reguler, ketimun dikenal dapat melarutkan batu ginjal.

READ:  Buah Mentimun, Murah dan Kaya Manfaat

– Melimpahi Anda dengan vitamin A, B dan C, yang meningkatkan kekebalan tubuh, memberikan energi, dan membuat Anda bersinar. Berikan lebih banyak nutrisi dengan mencampurkan jus mentimun beserta wortel dan bayam.

– Dilengkapi dengan mineral yang baik untuk kulit: magnesium, potasium, silikon. Itu sebabnya banyak perawatan yang berbasis ketimun di tempat-tempat spa.

– Membantu penurunan berat badan. Nikmati ketimun di salad dan sup Anda. Anda bisa membuat cemilan enak dengan ketimun renyah yang dicelup ke dalam krim yogurt rendah lemak.

– Menghidupkan kembali mata Anda. Tempatkan irisan mentimun dingin pada mata untuk mendapatkan kecantikan visual. Mungkin terdengar klise, tapi hal ini benar-benar membantu mengurangi kantong mata dan mata bengkak.

– Mengurangi risiko kanker. Kurangi risiko beberapa jenis kanker dengan memasukkan ketimun dalam makanan Anda. Beberapa studi menunjukkan potensinya untuk melawan kanker.

– Menstabilkan tekanan darah. Pasien tekanan darah, tinggi dan rendah, sering menemukan bahwa makan ketimun dapat membantu meringankan.

– Menyegarkan mulut. Jus mentimun dapat menyegarkan dan menyembuhkan gusi sakit, meninggalkan mulut Anda dalam keadaan wangi.

READ:  Beragam Manfaat Timun untuk Mata

– Membantu pencernaan. Mengunyah ketimun memberikan rahang latihan yang baik, dan serat di dalamnya sangat bagus untuk pencernaan.

– Menghaluskan rambut dan kuku. Silika, mineral ajaib dalam mentimun membuat rambut dan kuku lebih kuat dan bersinar.

– Menenangkan otot dan nyeri sendi. Semua vitamin dan mineral dalam ketimun menjadikan musuh yang kuat bagi nyeri otot dan sendi.

– Menjaga ginjal dalam bentuknya. Ketimun menurunkan kadar asam urat dalam sistem Anda, menjaga ginjal tetap dalam bentuknya.

– Baik untuk penderita diabetes. Pasien diabetes dapat menikmati ketimun sekaligus menuai manfaat kesehatan: ketimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

– Mengurangi kolesterol. Senyawa yang disebut sterol dalam ketimun membantu mengurangi kolesterol jahat.

Nah, jika Anda ingin segera menikmati ketimun, mungkin Anda bisa mencoba resep berikut:

Air Ketimun

Semudah kedengarannya. Hanya dengan mengiris tipis setengah ketimun dan masukkan irisan ke dalam kendi berisi air es, lalu aduk.

Anda bisa menambahkan beberapa daun mint segar atau sedikit jeruk segar, atau nikmati saja apa adanya. Ini adalah cara yang luar biasa untuk mendinginkan dan menghidrasi.

READ:  Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Jus Mentimun

Sup Mint dan Mentimun Dingin

Kupas, keluarkan bijinya dan potong-potong tiga buah ketimun, lalu masukkan ke dalam blender bersama dengan sekitar 2 cangkir yogurt susu, 1/2 sendok teh mustard kering, dan 1/3 cangkir daun mint cincang (boleh juga ditambahkan beberapa daun kemangi).

Tambahkan garam dan merica untuk memberikan rasa dan blender hingga halus. Dinginkan sup semalaman dan kemudian hidangkan dengan beberapa daun mint di atasnya.