7 Tips Dasar Memasak bagi Pemula

tips dasar memasakPintar masak sudah menjadi sebuah tuntutan yang harus dapat dikerjakan seluruh para wanita.

Tetapi seiring perkembangan zaman, beberapa wanita modern saat ini kebanyakan lebih enggan terjun secara langsung melakukan aktivitas masak memasak untuk keluarganya.

Mereka lebih memilih memperkerjakan pembantu rumah tangga untuk melakukan itu semua atau bahkan membeli makanan siap saji dan membawanya pulang ke rumah.

Loading...

Hal ini sangat menyedihkan untuk para pria yang mungkin saja berharap menyantap makanan dari istri mereka tetapi kenyataannya mereka menyantap makanan dari pembantu atau restoran.

Mungkin untuk para wanita karier hal ini masih dapat dimaklumi, tetapi bagaimana dengan para wanita yang hanya menghabiskan waktu di rumah tetapi tidak tahu bagaimana cara memasak?

Nah, untuk itu berikut akan kami bagikan tips dasar memasak bagi pemula, untuk Anda khususnya para wanita yang kurang ahli dalam memasak, silakan membaca artikel di bawah ini.

1. Mulailah dengan Sesuatu yang Sederhana

Jika ini adalah pertama kalinya Anda melakukan kegiatan masak memasak, sebagai langkah awal yang akan kami sarankan untuk Anda adalah: cobalah untuk membuat masakan yang berbahan dasar ringan seperti salad atau telur rebus.

READ:  Tips Sajikan Buah di Hari Natal Anda

Misalnya saja, membuat telur rebus dapat lebih melatih cara Anda memprediksikan waktu yang digunakan selama memasak untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Karena ini adalah langkah awal belajar memasak, jadi jangan ragu untuk mencoba lagi saat Anda mengalami kegagalan.

2. Siapkan Apa yang Anda Butuhkan

Setelah Anda memilih jenis masakan apa yang akan dibuat, pastikan untuk menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Pastikan semua bahan telah dipotong, cincang dan siap untuk dimasak.

Pastikan Anda memotong bahan-bahan dengan hati-hati hingga jari-jari Anda tidak terluka. Untuk perabotan masak, pastikan berada dalam jangkauan Anda hingga tidak terlalu jauh saat Anda butuhkan nantinya.

3. Baca Resep dengan Seksama

Saat peralatan dan bahan telah siap, langkah selanjutnya yaitu pilihlah sebuah resep masakan yang jelas dalam menyebutkan jumlah dari setiap bahan, pengaturan suhu microwave (jika memasak membutuhkan microwave), rincian tentang pengaturan api, dan banyak lagi.

Hal ini sangat penting karena ini merupakan langkah awal Anda dalam memasak.

4. Hati-hati dengan Garam

Jika Anda ingin membuat hidangan menjadi gurih, berhati-hatilah dengan jumlah garam yang dimasukkan.

READ:  Tips Memasak dengan Minyak Zaitun

Ingat bahwa kelebihan garam benar-benar akan merusak masakan yang dibuat. Baca resep untuk lebih membuat Anda yakin dalam penambahan garam.

5. Cicipi Masakan Anda

Ketika Anda membuat sebuah masakan, tidak peduli seberapa yakin tentang keahlian Anda, pastikan bahwa Anda tetap mencicipi masakan untuk mengetahui apakah yang Anda buat telah memiliki rasa yang pas atau tidak.

Dengan begitu, Anda dapat menambah atau mengurangi apa yang sehatusnya pada masakan.

6. Hindari Eksperimentasi

Mungkin untuk yang ahli dalam bidang memasak, eksperimen dapat mereka lakukan karena sudah mengetahui apa saja keuntungan dan rasa dari bahan masakan tersebut. Ttetapi bagaimana dengan Anda yang baru saja ingin belajar memasak?

Sebaiknya hilangkan keinginan bereksperimen dengan berbagai bahan karena akan menghancurkan masakan yang Anda buat. Lebih baik jika Anda hanya berpaduan pada buku resep untuk pertama kalinya.

Kemudian jika telah menguasai resep tersebut, maka Anda dapat mencoba dan bereksperimen dengan rasa.

7. Persiapan Fisik dan Mental

Terlepas dari sesempurna apa resep atau semudah apa hidangan yang dibuat, Anda mungkin akan mendapatkan sedikit masalah pada bagian tubuh seperti jari yang melepuh, teriris,atau tidak jarang masakan yang hangus.

READ:  7 Ide Merayakan Valentine's Day Yang Tidak Akan Membuat Anda Bangkrut

Ingat, ini semua adalah bagian dari sebuah proses belajar memasak sehingga Anda tidak perlu berputus asa. Anda hanya perlu melakukannya berulang-ulang sebagai latihan rutin hingga dapat mengendalikan dan menguasai diri di dapur.

**

Demikian tips dasar untuk memulai masak bagi Anda yang masih pemula. Pilihlah resep yang memiliki bahan dasar lebih sedikit dan mudah didapatkan sebagai langkah awal agar tidak membuat kerepotan saat membuatnya.

Anda juga dapat belajar dari ibu atau saudara perempuan yang lebih ahli jika Anda mengalami kebingungan saat menggunakan resep. Selamat mencoba.