Tips dan Cara Aman untuk Bersihkan Gigi Balita

Membersihkan Gigi BayiBalita pun tentu saja membutuhkan perawatan lebih untuk kesehatan mulut mereka.

Ketika gigi balita mulai tumbuh satu persatu, orang tua harus mulai memikirkan cara untuk membiasakan anak menyikat gigi sedini mungkin.

Membersihkan gigi balita adalah hal yang sangat penting dimulai sejak dini agar mencegah timbulnya berbagai penyakit mulut di kemudian hari.

Loading...

Balita terkadang sangat sulit untuk diajari menyikat gigi. Hal ini disebabkan karena balita belum mengenal dan tidak terbiasa dengan perawatan gigi tersebut sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Nah, bagi Anda yang masih bingung mencari cara yang tepat untuk membiasakan anak menyikat gigi, simaklah beberapa tips berikut ini:

Menggunakan Kain Basah

Ketika gigi bayi mulai tumbuh, Anda dapat mulai membiasakan anak membersihkan gigi dengan menggunakan kain basah. Saat memandikan bayi Anda, pastikan untuk menyiapkan kain basah yang halus untuk membersihkan gigi.

Bungkus jari telunjuk Anda dengan kain tersebut lalu sapukan secara halus pada gigi bayi Anda. Ini dapat membantu menghilangkan bakteri yang menempel pada lapisan gigi anak.

READ:  Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Anak

Menyikat Gigi

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan gigi balita Anda. Saat gigi anak mulai tumbuh, Anda dapat membeli sikat gigi dan pasta gigi khusus yang aman digunakan untuk balita.

Namun sebelum membeli peralatan tersebut, Anda harus mempertimbangkan usia anak Anda. Sebaiknya gunakan pasta gigi yang tidak memiliki konsentrasi fluoride yang terlalu kuat.

Memilih Warna

Balita suka bermain dengan mainan menarik yang memiliki warna cerah. Warna yang mencolok akan lebih menarik perhatian bayi dibandingkan dengan warna netral seperti hitam dan putih.

Pemilihan warna yang tepat dapat berpengaruh untuk membuat balita Anda lebih bersemangat dalam menyikat gigi. Ini merupakan hal yang terkadang diabaikan oleh para orang tua, padahal sebenarnya memiliki pengaruh.

Jadikan Kebiasaan

Ini adalah salah satu cara termudah untuk membersihkan gigi balita Anda. Sedini mungkin usahakan untuk membiasakan anak Anda membersihkan giginya.

Ala bisa karena biasa, awalnya bayi Anda butuh untuk beradaptasi dengan hal-hal baru yang mereka alami, namun lama-kelamaan bayi Anda akan terbiasa dengan perawatan mulut ini.

READ:  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Minyak Ikan

Air Hangat

Anda juga dapat menggunakan air hangat untuk membersihkan gigi anak. Air hangat dapat membunuh semua bakteri yang menumpuk dalam mulut. Balita pada umumnya tidak mengkonsumsi makanan lengket yang tidak bersahabat dengan gigi, oleh karena itu Anda bisa memulai untuk membersihkan gigi anak dengan air hangat.

Jangan menambahkan garam ke dalam air hangat tersebut karena dapat memberi efek buruk pada tumbuh gigi anak.

**

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan gigi balita Anda. Sedini mungkin, Anda sebagai orang tua harus memberikan perhatian ekstra terhadap kesehatan mulut anak.

Dengan perawatan yang teratur, gigi balita tidak akan mudah rusak dan berlubang. Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa ketika memilih jenis sikat gigi, sebaiknya pilihlah sikat yang sesuai dengan ukuran mulut anak Anda.

(foto: blog.honest.com)