Tak Tertipu saat Beli Semangka? Begini Caranya!

tips memilih semangka manisMungkin banyak diantara kita yang gagal dalam memilih buah semangka.

Saat dibeli ternyata rasa semangka tidak manis seperti yang diharapkan.

Bahkan, meskipun sang penjual meyakinkan kita bahwa buah yang dijual itu manis, belum tentu pula bisa dijadikan jaminan. Lalu, bagaimana agar kita tidak salah dalam memilih buah semangka ?

Loading...

Simak tips dan cara memilih semangka manis berikut.

1.Perhatikan ciri luarnya

Buah semangka yang matang sempurna memiliki ciri warna yang terang. Garis-garis hijaunya memiliki warna hijau yang lebih tua.

Semakin tua garis hijaunya maka akan semakin bagus. Garis hijaunya pun memiliki jarak yang sama dengan garis hijau yang lain.

2. Tepuk bagian buah

Coba tepuk bagian buah semangka yang ingin anda beli. Buah semangka yang manis, saat ditepuk bunyinya seperti drum dan tidak terlalu nyaring.

Anda bisa bandingkan suaranya dengan buah semangka yang lain. Jangan hanya menepuk di satu bagian saja, tapi tepuklah di beberapa bagian, karena terkadang ada beberapa semangka yang tidak matang merata.

READ:  Manfaat Semangka untuk Perawatan Kulit Kering

3. Jangan memilih buah semangka yang ada warna putih

Kulit semangka yang ada warna putihnya, menunjukkan semangka kurang cahaya matahari. Hal itu bisa menjadi indikasi bahwa buah semangka tersebut masih muda dan dagingnya kurang berwarna merah atau kurang manis.

Pilihlah buah semangka yang bagian bawahnya berwarna kuning, karena itu berarti semangka memang sudah matang. Semakin lebar warna kuningnya, maka buah semangka tersebut semakin matang.

4.  Beli semangka yang berat

Semangka yang lebih berat menandakan bahwa banyak kandungan air di dalamnya. Oleh karena itu, jika anda ingin mendapatkan semangka yang juicy dan manis, pilihlah buah semangka yang berat.

5. Belilah semangka lokal

Akan lebih baik jika anda membeli semangka lokal daripada semangka impor. Dengan membeli semangka lokal, maka anda akan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan semangka yang matang di pohon.

6.  Pastikan kembali pilihan anda

Setelah anda melakukan tips-tips di atas dan anda sudah cukup yakin dengan buah semangka yang anda pilih, mintalah kepada penjual, potongan kecil daging buah semangka tersebut. Biasanya, penjual memperbolehkan pembeli untuk mencicipi sedikit buah semangka yang ingin dibeli.

READ:  Ini Dia, 5 Kegiatan Sehat dan Cantik di Hari Sabtu!

**

Dengan melakukan tips-tips tersebut, maka anda tak perlu ragu dan khawatir lagi dalam memilih buah semangka yang manis. Selamat mencoba.

(foto: apartmenttherapy.com)