Manfaat Kesehatan si Garnish Daun Ketumbar

daun ketumbarCilantro atau yang lebih dikenal dengan nama daun ketumbar di indonesia bukan hanya sekedar bahan garnishing, tetapi memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh.

Cilantro atau daun ketumbar banyak ditemukan di Asia barat daya dan Afrika Utara.

Daun ketumbar sendiri dijadikan sebagai tambahan dalam setiap masakan seperti di Meksiko, Spanyol dan India karena memiliki rasa yang unik dan menghasilkan aroma yang menggoda.

Loading...

Tidak banyak yang tahu bahwa ketumbar dapat dijadikan sebagai ramuan yang berguna untuk menyembuhkan penyakit dalam karena mengandung banyak unsur gizi.

Daun ketumbar mengandung senyawa antibakteri dan juga merupakan salah satu sumber terbesar dari mineral yang memiliki manfaat untuk memerangi penyakit sehingga membuat Anda tetap fit.

Nah, berikut akan kami bagikan manfaat apa yang diberikan daun satu ini untuk kesehatan Anda.

1. Menghindarkan dari Gangguan Kulit

Daun ketumbar memiliki senyawa anti jamur, antiseptik, detoksifikasi dan disinfektan yang dapat mengobati gangguan kulit dan melakukan penyembuhan secara menyeluruh.

Jadi jika Anda menderita gatal-gatal atau ruam, minum segelas jus daun ketumbar. Anda juga dapat membuatnya dalam bentuk pasta lalu oleskan pada daerah yang ruam atau gatal.

READ:  Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Berkat minyak esensial dan aroma yang ditemukan dalam daun ketumbar, akan menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan. Cilantro atau daun ketumbar saat disajikan pada hidangan penutup maka akan membantu mengeluarkan sisa makanan atau dengan kata lain mencuci perut Anda.

Hal ini dikarenakan kandungan enzim yang terdapat dalam daun ini sehingga merangsang sistem pencernaan dan membuat Anda tetap sehat.

3. Mengontrol Gula Darah dan Kolesterol

Cilantro atau daun ketumbar segar mengandung banyak jumlah vitamin C yang cukup efektif dalam menurunkan tingkat kolesterol dalam darah Anda.

Selain itu, menekan averts pembentukan kolesterol di dalam lapisan arteri dan vena, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Daun ketumbar juga sangat membantu dalam mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ketumbar sangat bermanfaat bagi pasien diabetes, karena merangsang sekresi insulin, sehingga menurunkan kadar gula darah.

4. Melawan Salmonella

Daun ketumbar memiliki kemampuan alami untuk melawan salmonella yang dikenal sebagai salah satu bakteri yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

READ:  7 Manfaat Kesehatan Mengurangi Pemakaian BRA

Anti-bakteri dan senyawa dodecenal di daun ketumbar adalah salah satu senyawa yang paling penting karena dapat memerangi bakteri tersebut sehingga Anda akan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Menyembuhkan Sariawan

Minyak dari daun ketumbar mengandung sifat antiseptic, karena itu sangat efektif dalam mengobati beberapa penyakit seperti sariawan. Anda dapat mengunyah daun ketumbar untuk menghilangkan sariawan pada mulut Anda.

6. Kaya akan Vitamin

Seikat daun ketumbar dapat memberikan lebih banyak vitamin dan mineral dibandingkan dengan buah-buahan atau sayuran. Tanaman ini mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, K dan C, dan mineral seperti besi, kalsium dan magnesium.

Vitamin ini sangat berguna untuk tubuh karena membantu membuat Anda terhindar dari penyakit serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh tetap fit.

7. Menyembuhkan Banyak Penyakit

Jus daun ketumbar dapat dikategorikan sebagai salah satu minuman sehat karena dapat menyembuhkan banyak penyakit.

Daun ketumbar sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang menderita penyakit alzheimer, parkinson, arthritis, diabetes, infeksi virus dan bakteri, hepatitis, kolitis, gangguan obsesif-kompulsif, autisme, sindrom tourette, infertilitas, dan cerebral bel.

READ:  Mengenal Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Selain itu, juga sangat bermanfaat bagi penderita gangguan autoimun, fibromyalgia, Addison penyakit, sindrom Guillain-Barre, IBS, kelelahan multiple sclerosis, dan sindrom kronis.

8. Mengurangi Kram saat Menstruasi

Wanita yang menghadapi masa menstruasi pasti akan merasakan kram. Untuk menghilangkan atau meredakan rasa kram tersebut Anda dapat membuat daun ketumbar dalam bentuk jus.

Selain mengurangi rasa kram, jus daun ketumbar juga dapat menyeimbangkan hormon Anda selama fase pra dan pasca-menstruasi.

**

Demikian manfaat kesehatan dari daun ketumbar. Jika Anda belum atau jarang menggunakan daun ketumbar segar dalam masakan sehari-hari Anda, pastikan untuk mencobanya karena akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Selamat mencoba.